Selasa, 28 Mei 2024

Cara Tingkatkan Hormon Bahagia Secara Alami

Berita Terkait

Agar Terhindar dari Toxic Relationship

Berenang Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental

Ilustrasi Cara meningkatkan hormon bahagia secara alami. (Health Shots)

batampos – Ada cara untuk meningkatkan hormon bahagia secara alami.

Mengapa hormon bahagia harus ditingkatkan? Karena serotonin adalah salah satu hormon bahagia yang penting banget untuk tubuh.

Dikutip dari Health Shots, Kamis (2/5), di dalam tubuh, serotonin memiliki fungsi penting dalam mengatur suasana hati, nafsu makan, pencernaan, tidur, memori, dan hasrat
seksual yang memfasilitasi komunikasi antara sel-sel saraf, mempengaruhi fungsi otot, pembuluh darah, serta organ.

Tingkat serotonin yang rendah dikaitkan dengan gangguan mood seperti depresi, kecemasan, dan insomnia, serta kondisi seperti sindrom iritasi usus besar dan migrain.

Baca juga: Lima Rutinitas Pagi yang Bikin Bahagia dan Lebih Sehat

Demi mencapai tingkat hormon serotonin yang tinggi, orang-orang mulai mengonsumsi obat-obatan.

Padahal ada banyak cara untuk meningkatkan hormon serotonin secara alami di dalam tubuh, diantaranya:

1. Paparan sinar matahari
Sinar matahari berdampak langsung pada mood dan kadar serotonin dalam tubuh, jadi, kadar serotonin cenderung berkurang saat musim dingin dan meningkat di musim
panas.

Paparan sinar matahari merangsang produksi serotonin di otak, usahakan untuk mendapatkan paparan sinar matahari selama 15-30 menit setiap hari, terutama di pagi hari.

2. Olah raga teratur
Latihan fisik meningkatkan kadar serotonin dengan menginduksi pelepasan triptofan ke dalam darah Anda, lebih banyak produksi triptofan berarti pengurangan jumlah asam
amino.

Baca juga: 10 Makanan Sehat Ini Membantu Membakar Lemak

Latihan aerobik seperti berenang, bersepeda, jalan cepat, dan jogging dapat meningkatkan detak jantung sehingga meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh, upayakan untuk
melakukan olahraga intensitas sedang setidaknya 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu.

3. Pola makan sehat
Cobalah kalkun, ayam, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, salmon, dan produk susu dalam makanan, usahakan setidaknya mengonsumsinya dikarenakan kaya triptofan
dengan 25 hingga 30 gram karbohidrat.

Baca juga: 7 Rekomendasi Kegiatan untuk Resolusi Tahun 2024, Bikin Kamu Lebih Produktif

4. Manajemen stres
Praktik seperti meditasi kesadaran, latihan pernapasan dalam, yoga, dan menghabiskan waktu di alam dapat mengurangi stres dan meningkatkan produksi serotonin.

5. Tidur berkualitas
Tidur yang optimal sangat penting untuk menjaga kadar serotonin yang optimal, usahakan untuk selama 7-9 jam setiap malam dengan menetapkan jadwal yang teratur, agar
hasilnya juga optimal. Selamat mencoba. (*)

Sumber: Jpgroup

Update