Kamis, 25 Juli 2024

Lima Rutinitas Pagi yang Bikin Bahagia dan Lebih Sehat

Berita Terkait

ILUSTRASI. Pilihlah olahraga yang tidak berat, seperti jogging, yoga atau jalan pagi di udara segar. (JawaPos.com)

batampos – Lima rutinitas pagi ini bisa bikin kamu menjalani hari lebih bahagia dan lebih sehat. Tentu mengawali pagi dengan rutinitas yang positif dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan.

Apa saja rutinitas pagi yang dapat memberikan manfaat dalam kegiatan sehari-hari? Berikut simak tipsnya.

Baca Juga:Tips Kelola Keuangan Agar Stabil dan Tidak Terjerat Utang

1. Bangun Lebih Awal

Bangun lebih pagi memiliki banyak manfaat yang membuat tubuh akan terasa lebih segar dan berenergi. Rutinitas ini dapat membantu mengurangi risiko stres atau masalah mental lainnya.

Selain itu, bangun lebih awal juga membuat anda bisa memiliki banyak waktu luang untuk melakukan aktifitas positif tanpa harus terburu-buru, seperti olahraga, yoga, meditasi. Tapi ingat, bangun pagi harus diimbangi dengan tidur yang cukup ya.

2. Minum Air Putih

Minum air di pagi hari adalah kebiasaan sehat yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Saat kita tidur tubuh akan kehilangan cairan melalui metabolisme dan proses biologis lainya.

Saat bangun di pagi hari tubuh biasanya dalam keadaan kekurangan cairan, sehingga minum segelas air di pagi hari dapat menggantikan cairan yang hilang dan mencegah terjadinya dehidrasi tubuh.

3. Konsumsi Sarapan Sehat

Sarapan yang sehat sangat penting agar tubuh kita membutuhkan energi dan nutrisi di pagi hari. Pastikan memilih makanan yang memiliki pola makan yang seimbang, seperti mengandung protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat dan serat.
Ingatlah juga untuk memperhatikan ukuran porsi makan dan kurangi gula tambahan dan jika tidak mempunyai cukup waktu untuk menyiapkan sarapan sehat, anda bisa mencoba membuat menu sarapan ini hanya dalam waktu 5 menit saja, seperti salad atau gado-gado, roti isi, smoothies dan ubi jalar panggang.

4. Olahraga atau Stretching

Olahraga atau stretching dapat meningatkan energi dan memperbaiki suasana hati.
Pilihlah olahraga yang tidak berat, seperti jogging, yoga atau jalan pagi di udara segar. Saat berolahraga di pagi hari, tubuh jadi lebih siap dan termotivasi untuk menyelasaikan tugas.

5. Bersyukur

Bersyukur adalah sikap atau tindakan menghargai dan berterima kasih atas apa yang kita miliki atau alami dalam hidup. Sikap beryuskur dapat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental dan emosional.

Memikirikan hal-hal yang dapat disyukuri di pagi hari dapat memperkuat pikiran positif dan mengurangi stress. Cobalah menuliksan beberapa hal yang anda syukuri setiap pagi.(*)

Reporter: jpgroup

Update

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Rossa Akui Dekat dengan Afgan