Rabu, 17 April 2024

Cara Melakukan Meditasi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Berita Terkait

Tips Mengatasi Anak yang Mengalami Tantrum

Peradangan Gusi Bisa Diobati di Rumah

Ilustrasi seorang perempuan bermeditasi sambil duduk di tempat tidurnya (health.ucdavis.edu)

batampos – Melakukan meditasi banyak manfaatnya dari sisi kesehatan, utamanya ketenangan pikiran dan mengatasi stres. Yang akhirnya akan berpengaruh pasa kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sebenarnya praktik meditasi telah dilakukan selama kurun waktu ribuan tahun oleh komunitas Hindu, Buddha, Zen/Chan, dan Tao.

Dikutip dari forbes.com dan health.ucdavis.edu meditasi adalah praktik pikiran-tubuh di mana perhatian terfokus pada kesadaran akan masa kini, pernapasan, dan pikiran Anda.

Teknik ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, menumbuhkan kesejahteraan, dan mengurangi stres dan kecemasan.

Meditasi bervariasi jenisnya, mencakup meditasi berbasis pernapasan, praktik kesadaran, visualisasi berbasis alam, mantra, dan meditasi spiritual.

Praktik meditasi dapat dilakukan sendiri, dalam kelompok, atau dengan pelatih atau terapis.

Baca juga: Bantu Program Diet, 8 Minuman yang Bantu Turunkan Berat Badan Secara Alami

Beberapa orang mengungkapkan bahwa latihan meditasi teratur membantu mereka bersikap baik terhadap diri sendiri dan lebih peduli terhadap orang lain.

Berikut panduan melakukan meditasi yang bisa dilakukan di rumah atau di tempat kerja:

1. Duduk atau berdiri di tempat yang tenang dan hening dengan mata tertutup atau menunduk.

2. Tetapkan batas waktu, terutama jika Anda baru memulai. Bisa lima atau 10 menit saja.

3. Rasakan tubuh Anda. Pastikan Anda stabil dan dalam posisi yang nyaman sepanjang waktu.

4. Fokuskan perhatian Anda pada pernapasan. Ini dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, Anda dapat mengamati tubuh Anda mengembang dan berkontraksi. Kedua rasakan sensasi napas di dalam lubang hidung setiap kali Anda menarik dan membuang napas.

Ketika fokus pernapasan Anda stabil, Anda dapat beralih ke memperhatikan pikiran, emosi, sensasi, dan suara yang muncul dan larut dalam pikiran Anda.

Perhatikan ketika pikiran Anda mengembara, apa yang akan terjadi. Jangan terlalu keras pada diri sendiri ketika pikiran Anda pergi ke tempat lain. Catat saja ke mana pikiran Anda melayang dan kemudian dengan lembut kembalikan perhatian Anda ke napas Anda.

Tutup sesi meditasi dengan mengingat keberadaan kita sebagai manusia biasa seperti yang lainnya. Pikirkanlah, “Semoga saya dan semua makhluk hidup dalam keadaan baik, aman, ternutrisi, dan sehat.”

Jika sudah terbiasa melakukan meditasi, banyak manfaat yang bisa dipetik dari meditasi, diantaranya:

1. Mengurangi stres
Meditasi dipercaya dapat memperbaiki gejala kondisi yang berhubungan dengan stres, termasuk sindrom iritasi usus besar (IBS), gangguan stres pasca-trauma (PTSD), dan fibromyalgia.

Baca juga: Cara Ampuh Menumbuhkan Pikiran Positif saat Stres

2. Peningkatan daya ingat
Fokus yang lebih baik melalui meditasi teratur dapat meningkatkan daya ingat dan kejernihan mental. Manfaat ini dapat membantu Anda melawan kehilangan ingatan seiring bertambahnya usia dan demensia.

3. Peningkatan perhatian
Meditasi memungkinkan Anda untuk dapat tetap fokus dalam jangka waktu yang lebih lama.

4. Peningkatan kemauan
Meditasi mengembangkan disiplin mental yang diperlukan untuk menghindari kebiasaan yang tidak membantu.

5. Tidur lebih berkualitas
Meditasi dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan meningkatkan kualitas tidur.

6. Mengurangi rasa sakit
Meditasi dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan regulasi emosi. Bersama dengan perawatan medis, hal ini dapat membantu mengobati nyeri kronis.

7. Menurunkan tekanan darah
Tekanan darah akan menurun selama meditasi dan terus menurun seiring berjalannya waktu pada orang yang bermeditasi secara teratur. Hal ini dapat mengurangi ketegangan pada jantung dan pembuluh darah serta membantu mencegah penyakit jantung.

Baca juga: Hipertensi, Diabetes, dan Faktor Risiko Masalah Pembuluh Darah Bisa Sebabkan Alzheimer

8. Mengurangi kecemasan
Meditasi teratur membantu mengurangi kecemasan seperti kecemasan sosial, ketakutan, dan perilaku obsesif-kompulsif.

9. Mengurangi depresi
Meditasi dapat membantu mengurangi terjadinya depresi, dan kesehatan mental lainnya. Dengan catatan, Anda dapat fokus dan rutin melakukannya. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan psikolog.

10. Mencintai diri sendiri lebih baik
Meditasi dapat membantu Anda lebih memahami diri sendiri, menemukan diri Anda yang terbaik, dan meningkatkan perasaan dan tindakan positif terhadap orang lain. (*)

Reporter: Jpgroup

 

Update