Sabtu, 20 Juli 2024

Tips Sehat dan Bahagia di Usia Senja

Berita Terkait

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Tips Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Ilustrasi sehat dan bahagia di usia senja (freepik/Lifestylememory)

batampos – Selalu sehat dan bahagia di usia senja bisa Anda wujudkan bersama pasangan. Salah satu caranya adalah memupuk kebiasaan baik sejak usia muda.

Ini bukan sukses soal keuangan saja, tapi yang terpenting adalah sukses mempertahankan tubuh tetap bugar dan sehat serta produktif meski usia terus bertambah.

Kebiasaan baik yang akan Anda panen saat usia senja dikutip dari Ideapod diantaranya:

Baca juga: Bergabung dengan Komunitas Saat Masa Pensiun Agar Tetap Sibuk

Olahraga teratur

Orang sukses dengan harta yang melimpah tak berarti apa-apa bila tubuh akhirnya cepat renta seiring bertambahnya usia. Maka olahraga penting untuk mempertahankan kebugaran

Bagi mereka yang sukses di usia tua, olahraga bukanlah tugas atau solusi cepat untuk menurunkan berat badan, olahraga adalah bagian rutin dari rutinitas harian mereka.

Aktivitas fisik tidak hanya menjaga kebugaran tubuh. Aktivitas fisik juga meningkatkan kesehatan mental, mempertajam daya ingat, dan bahkan memperbaiki suasana hati.

Baik itu jalan cepat di taman, sesi yoga, atau angkat beban di pusat kebugaran, mereka memastikan untuk bergerak setiap hari.

Dan Anda tidak harus menjadi seorang fanatik kebugaran untuk mendapatkan manfaat ini. Bahkan aktivitas sedang pun dapat membuat perbedaan yang signifikan.

Jadi, jika Anda ingin meniru kebiasaan orang-orang yang tumbuh subur di tahun-tahun terakhirnya, memasukkan olahraga teratur ke dalam rutinitas harian Anda adalah tempat yang baik untuk memulai.

Baca juga: Orang yang Hobi Berkebun Ternyata Menyimpan Kepribadian Unik

Pembelajar seumur hidup

Saat seseorang berhenti belajar, maka saat itu juga dunianya berhenti. Hidupnya akan berhenti di satu momen itu saja meski dunia terus berubah tiap detiknya.

Orang yang sukses di usia tua menyadari itu. Makanya mereka komitmen untuk belajar seumur hidup.

Keingintahuannya dan haus akan pengetahuan membuatnya tajam, terlibat, dan selalu penuh dengan cerita menarik.

Belajar adalah perjalanan seumur hidup yang membuat kita tangkas secara mental dan berpikiran terbuka.

Jadi, entah itu mempelajari bahasa baru, menguasai alat musik, atau mengikuti perkembangan terkini, jagalah rasa ingin tahu tetap menyala. Itu adalah salah satu kunci untuk berkembang di segala usia.

Menjaga pola makan yang sehat

Mereka yang sukses di usia tua tahu bahwa Anda adalah apa yang Anda makan. Pola makan seimbang yang kaya buah-buahan, sayuran, protein rendah lemak, dan biji-bijian utuh tidak hanya baik untuk tubuh tetapi juga merupakan bahan bakar bagi pikiran.

Baca juga: Sarat Nutrisi, Kurma Cocok Dikonsumsi Setiap Hari

Menariknya, diet Mediterania yang terkenal di seluruh dunia karena manfaatnya bagi kesehatan, dikaitkan dengan tingkat penurunan kognitif, depresi, dan penyakit Alzheimer yang lebih rendah. Diet ini menekankan buah-buahan, sayuran, ikan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun sambil membatasi makanan olahan dan gula.

Jadi, jika Anda ingin menerapkan kebiasaan yang meningkatkan umur panjang dan vitalitas di usia lanjut, jangan abaikan manfaat dari sepiring makanan sehat. Tubuh dan otak Anda akan berterima kasih.

Memprioritaskan kualitas tidur

Dalam dunia yang serba cepat yang sering kali mengagungkan kesibukan, mereka yang sukses di usia tua memahami pentingnya istirahat yang berkualitas.

Tidur bukan hanya tentang mengisi ulang baterai Anda. Tidur adalah waktu ketika tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri dan otak Anda mengonsolidasikan ingatan.

Tanpa tidur yang cukup, Anda dapat mengalami penurunan fungsi kognitif, perubahan suasana hati, dan bahkan peningkatan risiko penyakit kronis.

Jadi, entah itu menjaga jadwal tidur yang teratur, menciptakan lingkungan tidur yang tenang, atau membangun rutinitas sebelum tidur yang menenangkan, memastikan Anda cukup tidur adalah kebiasaan yang layak untuk diterapkan. Ini bukan hanya tentang kuantitas jam tidur, tetapi juga kualitas istirahat Anda.

Baca juga: Tanda-tanda Karakter Abusive, Kenali Lebih Dini Bisa Cegah KDRT

Membina hubungan

Dalam perjalanan hidup, kita semua adalah penumpang di kapal yang sama, bukan? Jadi, kita harus saling menjaga.

Mereka yang sukses di usia tua tahu pentingnya menjaga hubungan baik. Mereka menginvestasikan waktu dalam memelihara hubungan dengan keluarga dan teman, memahami bahwa ikatan ini bukan hanya sumber kegembiraan, tetapi juga komponen penting bagi kesejahteraan mereka.

Ada sesuatu yang sangat mengharukan tentang tawa yang dibagikan dengan teman lama, kumpul keluarga, atau bahkan percakapan yang penuh makna dengan orang yang dicintai. Momen-momen ini, tidak peduli seberapa kecilnya, memiliki kekuatan untuk membangkitkan semangat kita dan mengingatkan kita tentang apa yang benar-benar penting.

Pada akhirnya, ini bukan hanya tentang berkembang secara fisik atau mental, ini tentang menjalani hidup yang penuh dengan cinta dan hubungan. Jadi, hargai hubungan Anda. Hubungan membuat kita tetap hidup dan bahagia hingga usia tua. (*)

Sumber: Jpgroup

Update

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Rossa Akui Dekat dengan Afgan