Kamis, 18 April 2024

Sarat Nutrisi, Kurma Cocok Dikonsumsi Setiap Hari

Berita Terkait

Ilustrasi Kurma memiliki manfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak nutrisi di dalamnya. (Freepik)

batampos – Kurma, sarat nutrisi. Buah kecil manis ini banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Kurma mengandung serat, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan sehingga jadi pilihan yang cocok untuk sehari-hari.

Dilansir dari Klikdokter, kurma memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Berikut 15 manfaat rutin konsumsi kurma untuk kesehatan:

1. Mencukupi Kebutuhan Kalori
Kurma mirip dengan kismis dan buah ara, memiliki kadar kalori tinggi karena sering dikeringkan. Tubuh membutuhkan kalori untuk berfungsi dengan baik, jika kekurangan energi bisa mengganggu sel-sel tubuh.

2. Membantu Mencukupi Kebutuhan Gizi
Kurma kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin A, B kompleks, C, E, dan K, serta zat besi, kalsium, magnesium, dan kalium. Mikronutrien ini penting untuk kesehatan meskipun dibutuhkan dalam jumlah kecil oleh tubuh.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Kulit di Tengah Cuaca Ekstrem

3. Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit
Agar mata dan kulit tetap sehat, konsumsi kurma bersama dengan buah lain. Nutrisi dalam kurma dapat mengurangi risiko gangguan mata dan menjaga elastisitas serta kulit jadi halus berkat kandungan asam pantotenat, membuat kulit terlihat segar dan glowing.

4. Mencegah Konstipasi
Kurma membantu melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi, sehingga mencegah konstipasi dan menjaga keteraturan gerakan usus besar serta pembentukan feses.

Mengonsumsi kurma dan buah-buahan lainnya dapat membantu buang air besar menjadi lebih lancar.

5. Menangkal Radikal Bebas
Kurma mengandung antioksidan yang dibutuhkan tubuh, membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit serius seperti stroke dan penyakit jantung.

6. Melancarkan Proses Persalinan Normal
Konsumsi kurma rutin dapat memberikan manfaat bagi ibu hamil, termasuk membantu memperlancar persalinan normal jika dikonsumsi setiap hari dalam beberapa minggu menjelang kelahiran.

Efeknya, pembukaan leher rahim yang memungkinkan persalinan alami. Konsumsi kurma setiap hari sebelum melahirkan bahkan dapat mempersingkat durasi persalinan.

Baca juga: Mengolah Kayu Manis untuk Penderita Diabetes

7. Menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula yang Lebih Sehat
Kurma, dengan rasa manis alaminya, dapat berfungsi sebagai alternatif gula putih, sambil memberikan nutrisi, serat, dan antioksidan yang melimpah.

8. Mencegah Diabetes
Meski memiliki rasa manis, kurma memiliki dampak yang rendah terhadap peningkatan gula darah, sehingga masih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dalam batas yang wajar.

9. Memelihara Kesehatan Jantung
Mineral dalam kurma memberikan manfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Untuk menjaga kesehatan jantung secara optimal, konsumsi kurma secara teratur serta lengkapi dengan olahraga rutin dan pola makan sehat.

10. Baik untuk Tulang
Kurma memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang karena mengandung mineral penting. Mengonsumsi kurma diyakini dapat mengurangi risiko osteoporosis.

11. Menu Tambahan dalam Diet
Kurma bisa langsung disantap atau dicampur dengan makanan sehat lainnya seperti kacang almond, keju, smoothies, oatmeal, atau dalam adonan biskuit.

Sebaiknya, tidak menambahkan terlalu banyak karena kandungan kalorinya yang tinggi, yang bisa berpotensi meningkatkan berat badan jika berlebihan.

12. Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang
Kurma memiliki kadar kalium yang tinggi, yaitu salah satu unsur elektrolit penting bagi tubuh, yang tidak hanya memperkuat tubuh tetapi juga membangun otot-otot.

Baca juga: Pempek 158, Menu Legend Rasa Otentik Wajib Coba di Batam

13. Melindungi Tubuh dari Peradangan
Untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis peradangan, diperlukan asupan antioksidan yang memadai, termasuk polifenol. Kurma memiliki kandungan polifenol yang melimpah dibandingkan dengan buah lainnya.

14. Meningkatkan Kesuburan
Kurma bermanfaat dalam meningkatkan karena mengandung asam amino dan seng. Di Timur Tengah, serbuk sari kurma digunakan sebagai pengobatan untuk infertilitas, terutama pada pria. Biji dan serbuk sarinya pun memiliki senyawa yang mirip dengan hormon reproduksi wanita dan pria.

15. Menghalau Anemia
Dengan rutin mengonsumsi kurma, dapat mengurangi risiko kelelahan dan anemia karena kandungan zat besi dalam buah ini membantu meningkatkan produksi sel darah merah. (*)

Sumber: Jpgroup

Update