Selasa, 25 Juni 2024

Cara Ampuh Menumbuhkan Pikiran Positif saat Stres

Berita Terkait

Ilustrasi cara ampuh menumbuhkan pikiran positif saat sedang merasa stres dan depresi. (Pexels/Andrea Piacquadio)

batampos – Menumbuhkan pikiran positif tentu tidak semudah membalik telapak tangan bagi beberapa orang. Apalagi bagi kamu yang sedang merasa stres dan depresi akibat tekanan dari berbagai sisi kehidupan.

Namun, menumbuhkan pikiran positif juga tidak sesusah dan sesulit yang dipikirkan sebagian besar orang. Anda bisa belajar bagaimana mengembangkan pola pikir positif dengan cara-cara yang sederhana.

Dilansir JawaPos.com dari Health Shot, Minggu (15/10), beberapa pakar dan ahli telah merangkumkan berbagai cara sederhana untuk menumbuhkan pikiran positif.

Alih-alih termakan hari buruk yang membodohi pikir, sebaiknya melatih diri untuk terus memiliki pola pikir dan sikap positif guna membawa kemajuan besar dalam setiap aspek kehidupan.

Seperti yang disampaikan dr Jyoti Kapoor, Pendiri sekaligus Direktur dan Psikiater Senior, Manasthali, telah membagikan cara untuk memahami diri dalam membangun dan berpikir positif.

Bagaimana cara mengembangkan pola pikir positif? Berikut 4 cara sederhana menumbuhkan pikiran positif yang disampaikan dr Jyoti Kapoor.

Baca Juga:Resep Sambal Ijo Padang

1. Menempatkan Rasa Syukur di Atas Segalanya

Syukur adalah salah satu obat kebahagiaan yang paling ampuh.
Jadikanlah upaya sadar untuk mempraktikkan rasa syukur setiap hari.

Tuliskan setidaknya tiga hal yang patut Anda syukuri, dan Anda akan mendapati diri Anda pada kehabisan yang benar-benar membuat Anda bahagia.

Bersyukur atas apa yang Anda miliki, membuat Anda tetap tenang dan puas sekaligus memberikan lebih banyak energi positif untuk berbuat lebih baik.

“Ini dapat membantu mengalihkan fokus Anda dari aspek negatif ke aspek positif dalam hidup Anda,” kata sang pakar.

2. Berada di Antara Orang-orang Optimis

Lingkungan Anda sangat berarti dalam menentukan jalan hidup Anda.

Kelilingi diri Anda dengan orang-orang positif dan suportif cukup efektif menyemangati dan menginspirasi Anda.

“Batasi paparan Anda terhadap pengaruh negatif seperti berita negatif atau individu toxic,” saran sang ahli.

Menurut para ahli, rata-rata pikiran manusia memikirkan antara 60.000 hingga 80.000 pikiran dalam sehari.

Jadi, bayangkan jika Anda memilih untuk berpikir negatif , seberapa besar pengaruh setiap pikiran negatif terhadap Anda.

Ingatlah bahwa kita tidak pernah menjadi pikiran kita sendiri.Hal-hal tersebut adalah produk dari pikiran egois kita.

Pahami pusat kesadaran Anda, tentang semua pola keyakinan negatif Anda, dan lakukan hal-hal yang diperlukan untuk menjaga pola pikir Anda tetap sehat.

3. Merawat Diri

“Jaga kesehatan fisik, emosional, dan mental Anda. Lakukan aktivitas yang memberi Anda kegembiraan dan relaksasi seperti berolahraga, menekuni hobi, atau menghabiskan waktu di alam. Jadikan perawatan diri sebagai prioritas untuk mempertahankan pola pikir positif dan tangguh,” saran sang pakar.

4. Tetapkan tujuan yang realistis

Tetapkan tujuan yang dapat dicapai untuk diri Anda sendiri dan upayakan untuk mencapainya.

Rayakan kesuksesan Anda selama ini, betapapun sepelenya hal itu, karena hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda dan memperkuat pola pikir positif.(*)

Reporter: jp group

Update