Sabtu, 20 Juli 2024

Tips Pulihkan Tubuh Akibat ‘Low Battery’ Setelah Berolahraga

Berita Terkait

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Tips Sehat dan Bahagia di Usia Senja

Tips Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Ilustrasi berolahraga dapat menyebabkan low battery. Namun, kini ada solusinya. (Helmig’s)

batampos – Penurunan energi atau ‘low battery’ akibat berolahraga sering terjadi. Kendati olahraga membuat tubuh bugar, tak jarang olahraga juga bisa membuat penurunan energi.

Kondisi ‘low battery’ usai berolahraga biasanya disebabkan intensitas olahraga yang terlalu berlebih dan tidak seimbang. Kondisi ini memicu peningkatan kadar asam laktat yang membuat tubuh terasa lelah, bahkan muncul nyeri.

Meski ‘low battery’ dapat pulih dengan sendirinya, namun rasa yang ditimbulkan dapat membuat Anda kurang nyaman melanjutkan rutinitas harian.

Baca juga: Menurut Dokter Jalan Kaki setelah Makan Malam Baik untuk Kesehatan

Berikut tips-nya untuk mempercepat pemulihan:

Tidur berkualitas
Ketika tidur, tubuh akan menghasilkan growth hormone yang berperan dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Tidur berkualitas juga dibutuhkan tubuh untuk mengisi kembali energi Anda.

Penuhi asupan nutrisi
Aktivitas olahraga yang berlebih menyebabkan energi Anda terkuras total. Jadi, penting buat Anda mengisi nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan protein dan karbohidrat kompleks. Idealnya, Anda bisa makan dengan jarak 1 jam setelah olahraga.

Baca juga: Air Kelapa Kaya Akan Nutrisi, Kandungan Kaliumnya Jaga Kesehatan Jantung

Isi cairan tubuh
Low battery juga seringkali terjadi karena tubuh dehidrasi. Ketika menjalani aktivitas berat, tubuh Anda jadi lebih banyak mengeluarkan keringat. Minum yang cukup bisa bantu cegah risiko tersebut dan dukung fungsi organ secara lebih optimal.

Nah, selain isi cairan untuk cegah dehidrasi, Anda juga bisa mengonsumsi minuman sehat yang mengandung antioksidan dan antiinflamasi, seperti curcumin. Curcumin punya potensi bantu kembalikan kesegaran tubuh, jaga imunitas, percepat pemulihan otot, dan tingkatkan semangat harian. (*)

Sumber: Jpgroup

Update

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Rossa Akui Dekat dengan Afgan