Sabtu, 20 Juli 2024

Menurut Dokter Jalan Kaki setelah Makan Malam Baik untuk Kesehatan

Berita Terkait

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Ilustrasi jalan kaki setelah makan malam mempunyai manfaat dalam sistem pencernaan Anda. (healthsite)

batampos – Jalan kaki setelah makan malam menurut dokter baik untuk kesehatan tubuh.

Bahkan di India kegiatan jalan-jalan malam ini sudah menjadi kebiasaan. Ini diperngaruhi oleh prinsip kesehatan Ayurveda.

Dilansir Alodokter, Ayurveda merupakan salah satu metode pengobatan tertua di dunia dan dipraktikkan di India. Tujuan dari pengobatan tersebut adalah keseimbangan antara tubuh, pikiran dan jiwa manusia.

Baca juga: Jalan Kaki 10 Ribu Langkah per Hari, Efektif Cegah Diabetes pada Perempuan

Seorang Dokter Konsultan Senior dan Diabetologi di Rumah Sakit Yashoda Hyderabad, yakni Dr. K. Sonmath Gupta mempunyai pandangan tentang kegiatan jalan kaki setelah makan malam.

Kegiatan tersebut mempunyai manfaat dalam sistem pencernaan karena pergerakan makanan lebih lancar dan mencegah kembung.

Dilansir Indian Express, jalan-jalan setelah makan malam juga dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah. Bagi penderita diabetes, kegiatan tersebut membantu mencegah meningkatnya hormon insulin.

Berdasarkan informasi dari Alodokter, hormon tersebut merupakan hormon yang berasal dari pankreas dan mengubah glukosa menjadi energi.

Jika kalian merasa kurang pulas dalam tidur, kegiatan jalan kaki setelah makan bisa membantu untuk meningkatkan kualitas dalam hal tersebut. Selain itu, melakukan olahraga ringan juga dapat membuat tubuh kalian menjadi rileks dan mengurangi stres saat akan tidur malam.

Baca juga: Jalan Kaki 2 Menit Setelah Makan, Turunkan Risiko Diabetes

Dr. Gupta juga mengungkap fakta lain tentang manfaat kegiatan tersebut. Aktivitas jalan kaki setelah makan malam juga berguna untuk membakar kalori, membantu pengelolaan berat badan dan mencegah penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Saat melakukan jalan kaki setelah makan malam, juga berhubungan dengan prinsip Ayurveda. Prinsip yang mengutamakan aktivitas menenangkan dan melancarkan pencernaan setelah makan.

Dilansir Indian Express, melalui prinsip pengobatan tradisional tersebut, jalan kaki dipercaya dapat menyerap nutrisi dari apa yang kita makan.

Selain mendapatkan manfaat kesehatan, Dr Gupta juga meyakini kegiatan ini dapat memperkuat aspek sosial.

Jika kalian melakukan aktivitas jalan kaki bersama keluarga atau teman-teman perkumpulan, pastinya akan menumbuhkan ikatan sosial dan membuat peningkatan kesehatan mental.

Jika kalian tidak terbiasa untuk jalan kaki setelah makan malam, kalian bisa mencoba untuk melakukannya pada pagi hari. Manfaat lain yang bisa didapat dari kegiatan tersebut adalah melancarkan metabolisme.

Dilakukan pagi hari pastinya akan terkena paparan sinar matahari, yang dapat meningkatkan kadar serotonin untuk meningkatkan suasana hati.

Baca juga: Bad Mood Bisa Jadi Salah Satu Sinyal Tubuh Kurang Gerak

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan aktivitas jalan kaki malam atau pagi. Pastikan untuk melakukannya saat 15 hingga 30 menit setelah makan berat, agar bisa menjalankannya dengan nyaman tanpa adanya gangguan pencernaan.

Tidak perlu melakukan aktivitas jalan kaki dengan intensitas yang terlalu berlebihan. Jika dilakukan dengan intensitas yang terlalu tinggi akan menyebabkan kram dan membuat kalian menjalani aktivitasnya menjadi tidak nyaman.

Perlu diperhatikan faktor seperti usia, kondisi kesehatan dan tingkat kebugaran tiap individu yang berbeda-beda.

Dr. Gupta dilansir dari Indian Express memastikan kalian juga tidak memiliki riwayat Gerd. Jika mempunyai hal tersebut pastikan untuk dikonsultasikan dengan dokter sebelum memulai aktivitas jalan kaki.

Kalau kalian merasa jalan kaki setelah makan malam dianggap tidak terlalu nyaman, kalian bisa memilih antara pagi atau sore. (*)

Sumber: Jpgroup

Update

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Rossa Akui Dekat dengan Afgan