Minggu, 2 Oktober 2022

Jalan Kaki 2 Menit Setelah Makan, Turunkan Risiko Diabetes

Berita Terkait

Ilustrasi berjalan kaki 2 -5 menit setelah makan baik untuk menstabilkan gula darah. (dok jawapos.com)

batampos – Jalan kaki 2 menit setelah makan dapat menurunkan risiko diabetes. Karena berjalan kaki setelah makan membuat gula darah stabil.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Sports Medicine mengungkapkan hal ini. Dalam makalah baru menyimpulkan beberapa menit olahraga dapat menurunkan kadar gula darah yang cukup untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Studi ini juga mencatat berdiri dapat membantu menyehatkan pencernaan. Dia mengklaim bahwa berjalan dengan intensitas ringan jauh lebih baik untuk gula darah jika dibandingkan dengan duduk.

”Berdiri memang memiliki manfaat kecil,” kata mahasiswa pascasarjana di University of Limerick di Irlandia dan rekan penulis makalah Aidan Buffey kepada The New York Times seperti dilansir dari The Beet, Kamis (11/8).

Baja juga : Teh Kayu Manis Mampu Kendalikan Gula Darah

Metode Penelitian

Untuk melakukan penelitian ini, para peneliti memeriksa hasil dari 7 penelitian yang membandingkan bagaimana duduk diukur dengan berjalan mengenai kesehatan jantung, insulin dan kadar gula darah. Para peserta penelitian diminta untuk berdiri atau berjalan antara 2-5 menit dengan peningkatan 30 menit sepanjang hari. Selama penelitian, gerakan minimal berkorelasi dengan kadar gula darah yang lebih rendah.

”Bergerak bermanfaat untuk kesehatan Anda,” seorang ahli jantung di Universitas Stanford Euan Ashley,
yang tidak terafiliasi dengan penelitian ini, mengatakan kepada New York Times.

Selain Gerak, Konsumsi Sayur dan Buah

Olahraga akan membantu pencernaan dan menurunkan kadar gula darah. Namun harus didukung dengan makanan yang sehat. April ini, satu studi menemukan bahwa makan makanan nabati yang sehat dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Penelitian telah menunjukkan bahwa biji-bijian, kedelai, lentil, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan dapat membantu tetap sehat. Hal ini meningkatkan manajemen berat badan, dan menawarkan nutrisi lebih. (*)

Reporter : JPGroup

Update