Rabu, 17 April 2024

4 Jenis Makanan Ini Bikin Kulit Makin Berminyak

Berita Terkait

Panduan Pilates Bagi Pemula

Saatnya Handuk Harus Diganti

Ilustrasi Kulit berminyak. (Freepik)

batampos – Beberapa jenis makanan ditengarai akan membuat kulit makin berminyak. Untuk Anda yang secara genetika memiliki jenis kulit berminyak wajib menghindari makanan ini.

Selain makanan yang harus dihindari, penggunaan skincare pada pemilik kulit berminyak juga harus tepat, supaya kulit tidak makin mengilat.

Kulit berminyak pada dasarnya bukan menjadi suatu masalah. Sebum (minyak alami pada kulit) dibutuhkan oleh semua orang untuk melindungi lapisan luar kulit agar tidak kehilangan terlalu banyak air.

Sebum tersebut terdiri dari asam lemak, ceramides, gula, ester lilin, dan senyawa kimia lainnya yang memberikan antioksidan pada kulit.

Masalah akan muncul saat terjadi produksi sebum yang berlebihan, sehingga menyebabkan penyumbatan pori-pori dan akhirnya menyebabkan jerawat.

Baca juga: Dampak Buruk dari Seringnya Mengkonsumsi Minuman Boba bagi Kesehatan, Salah Satunya Jadi Penyebab Jerawat Muncul

Ketidakseimbangan yang terlihat pada kulit, seperti kulit yang terlalu berminyak.

Dilansir dari laman Mind Body Green, ada 4 jenis makanan yang dapat menyebabkan kulit makin berminyak.

1. Minyak nabati yang tidak sehat
Minyak sayur yang tidak sehat, terutama yang tinggi asam lemak omega-6, dapat berpengaruh pada proses pro-inflamasi dalam tubuh dan perkembangan jerawat inflamasi.

Namun bukan berarti minyak tinggi omega-6, seperti kebanyakan minyak nabati itu tidak sehat. Hanya saja kebanyakan orang Amerika mendapatkan terlalu banyak lemak jenis ini dan tidak cukup omega-3 dari makanan seperti ikan berlemak.

2. Makanan mengandung indeks glikemik tinggi
Makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti makanan manis, merupakan peran utama dari pola makan Barat dan merupakan faktor utama dalam perkembangan atau keparahan jerawat.

Mengonsumsi berlebihan makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah, merangsang pelepasan insulin dan faktor pertumbuhan insulin-like-1 (IGF-1), yang dapat memicu produksi sebum yang lebih tinggi pada kulit dan akhirnya menyebabkan jerawat.

Baca juga: Susu Menyebabkan Berat Badan Bertambah Hanya Mitos, Begini Faktanya

3. Produk susu
Produk susu telah lama dipermasalahkan karena bisa berakibat pada jerawat dan kulit buruk. Asam amino dalam susu dapat merangsang pelepasan insulin dan IGF-1, yang berkorelasi dengan keparahan jerawat.

Meskipun ada hubungan antara produk susu dengan masalah kulit, penting diingat bahwa sebagian besar bersifat anekdotal dan tidak berlaku untuk semua orang. Beberapa orang mungkin memiliki alergi atau intoleransi terhadap susu.

Jadi, tidak semua orang perlu menghindari susu, terutama jika susu sudah menjadi bagian dari program diet seseorang dan tidak menyebabkan jerawat parah.

4. Makanan berminyak
Makanan berlemak atau berminyak tidak secara langsung memengaruhi produksi minyak pada kulit.

Menyentuh wajah saat makan makanan berminyak atau berada dalam lingkungan berminyak akan dapat menyumbat pori-pori yang mengakibatkan minyak berlebih pada kulit. (*)

Reporter: Jpgroup

Update