Kamis, 18 April 2024

Dampak Buruk dari Seringnya Mengkonsumsi Minuman Boba bagi Kesehatan, Salah Satunya Jadi Penyebab Jerawat Muncul

Berita Terkait

Resep Nasi Uduk Ala Singapore Mudah dan Praktis

Resep Seblak Kwetiau Pedas Gurih

Minuman boba/sumber: freepik

batampos – Di tengah teriknya musim panas, minuman manis kerap menjadi solusi yang menyegarkan untuk dikonsumsi dari segala usia.

Hampir semua orang akan menyukai minuman manis, apalagi jika ditambahkan topping boba yang chewy, akan semakin menambah sensasi kesegaran pada minuman.

Namun, tahukah Anda dibalik kenikmatan dari minuman boba, ada dampak buruk bagi kesehatan yang didapat jika dikonsumsi secara berlebihan?

Dirangkum dari laman The List, berikut ada enam dampak buruk dari mengkonsumsi minuman boba secara berlebihan bagi kesehatan:

1. Mengganggu proses pencernaan

Boba yang terbuat dari bahan dasar tapioka, dapat menyebabkan sumbatan pada usus apabila tidak dikunyah dengan baik, dan berakibat pada proses pencernaan yang terganggu.

2. Diabetes

Minuman manis cenderung tinggi akan kandungan gula dan kalorinya. Begitu juga dengan boba, minuman ini mengandung kurang lebih sebanyak 50 gram gula. Sehingga dapat mengakibatkan diabetes.

3. Kerusakan pada gigi

Boba berpotensi menyebabkan kerusakan pada gigi, karena memiliki kandungan gula yang sangat tinggi.

4. Obesitas

Salah satu dampak dari sering mengkonsumsi boba adalah obesitas. Pasalnya, minuman ini disajikan dengan tambahan susu, krimer, sirup, pemanis buatan, serta bentuk lain dari gula dengan tambahan boba kenyal yang manis.

Dalam satu gelas minuman boba dengan ukuran 500 ml, diduga mengandung hingga 600 kalori.

5. Penyakit jantung

Menurut penelitian di Universitas Harvard, seseorang yang minum dua atau lebih minuman manis lebih mungkin meninggal karena penyakit jantung atau stroke, dibandingkan dengan orang yang jarang atau tidak pernah minum minuman manis.

6. Penyebab jerawat

Pola makan tinggi gula dan karbohidrat adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat. Terlebih lagi susu, jadi minuman boba mungkin berperan dalam timbulnya jerawat pada wajah.

Mengkonsumsi minuman boba memang tidak ada salahnya. Namun, alangkah baiknya jika tidak dikonsumsi secara berlebihan atau setiap hari demi menjaga kesehatan tubuh. (*)

Reporter: JP Group

Update