Selasa, 16 April 2024

Tips Olahraga Lari, Cari Rute yang Jauh dari Kendaraan Bermotor

Berita Terkait

Tips Mengatasi Anak yang Mengalami Tantrum

Peradangan Gusi Bisa Diobati di Rumah

Nia Ramadhani. (Instagram @ramadhaniabakrie)

batampos – Punya hobi olahraga lari. Simak tips olahraga lari berikut ini. Salah satunya cari rute berlari yang jauh dari kendaraan bermotor. Waktu terbaik untuk olahraga ini tentu saja saat pagi hari. Hal tersebut disampaikan Coach HOKA Running Club Indonesia Andy Sugiyanto.

Olahraga lari semakin digandrungi oleh orang-orang pasca-pandemi Covid-19. Kegiatan untuk menyehatkan tubuh, terutama jantung dan paru-paru itu seyogyanya memang dapat memberikan asupan yang baik untuk tubuh. Namun begitu, bagaimana jadinya jika udara di daerah tertentu seperti Jakarta justru malah buruk dan bisa menyebabkan penyakit jika dihirup?

Andy Sugiyanto memberikan beberapa tips untuk warga di kota metropolitan agar tetap dapat berolahraga lari dengan tanpa kehilangan esensi kesehatannya. Hal paling mendasar untuk menghindari udara yang kotor, ia menyebut bahwa olahraga lari mesti dilakukan di pagi hari.

Baca Juga:Fuji Ogah CLBK dengan Thariq, Ingin Pasangan Seperti Bibi

“Memang mesti dimulai agak pagi ya. kalau agak siang pasti activity orang ngantor segala macam banyak,” ujarnya kepada wartawan dalam konfrensi pers BFI Run 2023, Rabu (7/6).

“Kalau pagi saya rasa oksigennya masih okelah, masih bisa ditolerir dalam tubuh kita,” imbuhnya.

Tips kedua, Andy menyarankan agar para pelari memang mesti mencari tempat yang lebih sepi. Selain itu, mesti mencari rute lari yang jauh dari kendaraan bermotor.

“Jadi kalau mau sehat ya pinter-pinter aja. jangan lari di sekitar pabrik, cari yang sekiranya udaranya fresh, bagus. Jadi kita dapaet sehatnya, dapet fresh-nya,” tegasnya.

Pemilihan lokasi untuk lari memang penting untuk terhindar dari paparan polusi. Hal itu juga yang selalu dipikirkan oleh para penyelenggara lomba balap lari. Event BFI Run 2023 yang berlokasi di ICE BSD City Kabupaten Tangerang pada 27 Juni mendatang misalnya.

Direktur Keuangan BFI Finance Sudjono menyatakan bahwa pihaknya sengaja memilih lokasi yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Salah satunya adalah demi kesehatan dan keselamatan para peserta.

“Terkait dengan race kita juga itu dipertimbangkan kita memilih tempat di sekitar BSD jadi di pagi hari jam 5.15 WIB Kita udah start, udara bersih kendaraan steril,” ungkapnya.

“Jadi saat pelari itu melintasi jalur yang ditempatkan itu mereka tidak terganggu dengan kendaraan yang banyak seperti yang terjadi kalau kita lari misal di Jakarta dan kota kota lain yang macet lalinnya,” pungkas Sudjono.(*)

Reporter: jpgroup

 

Update