Senin, 3 Oktober 2022

Rokok Tanpa Minum Kopi Kurang Nikmat

Berita Terkait

ilustrasi: kopi

batampos –Biasanya, seorang perokok, akan lebih menikmati suasana jika ada kopi. Ternyata itu bukan merupakan sekadar kebiasaan, tetapi bisa dijelaskan secara ilmiah.

Penelitian terbaru mengungkapkan mengapa orang menikmati secangkir kopi saat merokok. Rokok adalah teman sejati secangkir kopi.

Sebuah tim dari University of Florida mengidentifikasi dua senyawa kimia dalam biji kopi yang memengaruhi reseptor nikotin otak. Hal itu membuat otak menjadi sangat sensitif.

“Banyak orang mencari kopi di pagi hari karena butuh kafein. Kami ingin tahu apakah ada hal lain dalam kopi yang memengaruhi reseptor nikotin otak,” kata Profesor Farmakologi Roger L Papke seperti dilansir dari diabetes.co.uk, Minggu (11/9).

BACA JUGA: Ropi, Oleh-Oleh Roti Kopi Hadir 7 Rasa di Batam

Peneliti menemukan bahwa orang yang merokok mungkin mendapatkan jenis dorongan yang berbeda saat menyeruput kopi di pagi hari. Ini ada hubungannya antara kafein dan merokok dan bagaimana hal itu memengaruhi reseptor nikotin otak.

“Banyak orang menyukai kafein di pagi hari, tetapi ada molekul lain dalam kopi yang dapat menjelaskan mengapa perokok menginginkan kopi,” jelasnya.

Tim menemukan bahwa senyawa organik dalam kopi dapat meningkatkan disfungsi reseptor nikotin yang menyebabkan ketagihan nikotin. Studi ini telah dipublikasikan di Neuropharmacology. (*)

reporter: jpgroup

Update