Sabtu, 13 April 2024

Merawat Rambut Berwarna Agar Berkilau Secara Hemat

Berita Terkait

Panduan Pilates Bagi Pemula

Saatnya Handuk Harus Diganti

Tips perawatan rambut berwarna. (pexels/Ike louie Natividad)

batampos – Merawat rambut berwarna agar berkilau bisa dilakukan dengan cara hemat. Ada beberapa tips pewarnaan rambut yang dapat membantu menjaga tampilan rambut yang indah tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Ketika mewarnai rambut, bahan kimia akan meresap ke dalam rambut, membuatnya rentan terhadap kekeringan dan kerusakan. Rambut yang diwarnai juga dapat dengan cepat kehilangan kilau dan vitalitasnya tanpa perawatan yang tepat.

Baca juga: Dara Arafah Buka Donasi untuk Palestina, Kurang dari 24 Jam Terkumpul Rp 300 Juta

Tetapi dengan komitmen, pemilihan produk pewarna yang sesuai, dan perawatan yang benar, mempertahankan rambut berwarna dengan baik bukanlah urusan yang sulit.

Berikut beberapa tips cara merawat rambut berwarna di rumah, dikutip dari Stylecraze, Sabtu (4/11).

1. Menunggu Selama 3 Hari Sebelum Mencuci Rambut yang Baru Diwarnai
Hindari mencuci rambut setidaknya selama 72 jam setelah mewarnainya, karena mencuci rambut terlalu dini bisa menyebabkan warna mudah pudar atau luntur.

Saat melakukan proses pewarnaan rambut, kutikula rambut terbuka dan menjadi rentan terhadap kerusakan. Produk pewarna rambut mengubah struktur rambut, membuatnya lebih rapuh dan rentan terhadap kerusakan.

2. Menggunakan Shampo Khusus untuk Rambut Berwarna
Pilihan shampo yang digunakan memiliki peranan penting dalam menjaga kecerahan warna rambut. Saat mencuci rambut, gunakan shampo yang dirancang khusus untuk rambut yang telah diwarnai.

Hal ini akan melindungi rambut dan menjaga keseimbangan pH alaminya. Shampo yang ramah terhadap warna membantu mempertahankan warna rambut dan mencegahnya memudar terlalu cepat.

Mereka juga mengandung bahan-bahan yang memberikan kelembapan dan nutrisi, yang membantu memperbaiki dan merawat rambut. Penting untuk menghindari shampo yang mengandung bahan keras seperti sulfat dan alkohol, karena bahan-bahan tersebut dapat merusak warna dan kesehatan rambut.

3. Jangan Terlalu Sering Keramas
Mencuci rambut yang telah diwarnai secara berlebihan dapat mengakibatkan warna memudar dan luntur. Proses sering keramas juga menghilangkan minyak alami pada rambut, yang membuatnya menjadi kering, kusam, dan kehilangan vitalitas.

Untuk menghindari masalah ini, disarankan untuk mengurangi frekuensi keramas. Dengan melakukan hal tersebut, dapat mempertahankan warna rambut yang tetap cerah dan berkilau.

4. Selalu Gunakan Kondisioner Setelah Keramas
Setiap kali mencuci rambut yang telah diwarnai, penting untuk mengaplikasikan kondisioner. Pastikan kondisioner yang digunakan aman untuk rambut berwarna.

Kondisioner membentuk lapisan perlindungan pada setiap helai rambut, yang berfungsi untuk mengunci kutikula dan menjaga kelembapan rambut, memberikan kilau, volume, serta kesehatan pada rambut. Akibatnya, rambut akan terasa lembut, sehat, dan berkilau.

5. Hindari Suhu Tinggi
Sebaiknya pilih air dingin atau hangat daripada air panas saat mandi, karena air panas bisa merusak dan memudarkan warna rambut yang telah diwarnai.

Hal yang sama berlaku untuk peralatan penata rambut yang menggunakan panas, seperti catokan, pelurus rambut, dan pengering rambut. Paparan panas dapat membuka kutikula dan merusak lapisan pelindung luar rambut, yang membuat pewarna rambut mudah luntur.

Disarankan untuk menggunakan serum atau semprotan pelindung panas setiap kali Anda melakukan styling rambut.

6. Mempertahankan Pola Makan Sehat Agar Rambut Tetap Terlihat Sehat dan Berkilau
Penting untuk diingat bahwa apa yang kita konsumsi memiliki dampak pada kesehatan dan penampilan rambut. Nutrisi dari makanan sehat memberikan energi yang mendukung pertumbuhan dan keindahan rambut.

Makanan yang mengandung zat besi dan protein memberikan nutrisi yang mendukung kulit kepala dan rambut dengan membangun produksi keratin, protein yang memperkuat rambut, memperbaiki tekstur, dan merangsang pertumbuhan.

Pilihlah makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, keju rendah lemak, putih telur, sayuran hijau, dan kedelai untuk menjaga tampilan terbaik rambut berwarna. Camilan sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian juga dapat menjadi pilihan yang baik di antara waktu makan.

7. Mengonsumsi Suplemen Meningkatkan Kesehatan Rambut yang Diwarnai
Mengonsumsi vitamin merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan dan kilau rambut yang diwarnai. Salah satunya yaitu vitamin C, vitamin C mendukung kesehatan pembuluh darah kulit kepala dan juga meningkatkan penyerapan zat besi dari sumber nabati.

Sementara itu, biotin, suatu vitamin B berperan dalam memperkuat rambut yang rapuh dan memperbaiki teksturnya. Meskipun ada keterbatasan dalam penelitian, biotin dapat ditemukan dalam makanan seperti salmon, wortel, kuning telur, dan sarden.

8. Hindari Klorin pada Rambut Berwarna
Klorin di kolam renang dapat merusak dan mengubah warna rambut (terutama warna terang).

Oleh karena itu, langkah-langkah pencegahan penting sebelum berenang termasuk mengenakan topi renang, menggunakan kondisioner tanpa bilas, atau minyak kelapa sebagai penghalang terhadap klorin, dan menyiram rambut dengan air serta menggunakan kondisioner tanpa bilas sebelum masuk ke kolam.

Hal tersebut akan membantu mencegah akumulasi klorin yang dapat mengakibatkan perubahan warna yang tidak diinginkan pada rambut.

Perlu diketahui, bahwa sebelum mewarnai rambut, pastikan kondisi rambut dalam kondisi yang baik. Kulit kepala harus dalam keadaan lembab dan menjaga minyak alami di dalamnya tetap utuh.(*)

Reporter: jp group

Update