Selasa, 23 April 2024

Latihan Motorik Halus dan Kasar Anak Sejak Dini Sangat Penting

Berita Terkait

Ilustrasi: Latihan motorik anak perlu dilakukan sejak usia dini (Istimewa)

batampos – Latihan motorik halus dan kasar anak sejak dini sangat penting dalam perkembangan anak.

Perkembangan anak di usia dini wajib menjadi perhatian orang tua. Hal ini dikarenakan otak anak akan berkembang paling optimal dan pesat di lima tahun pertama usianya. Pada masa-masa krusial ini, otak anak berfungsi seperti layaknya spons yang bisa cepat menyerap informasi baru.

Salah satu yang terpenting dalam perkembangan anak adalah aspek motorik. Perkembangan syaraf motorik sangat dipengaruhi oleh organ otak. Selanjutnya otak memberikan pengaruh pada setiap gerakan tubuh. Ketika otak anak berkembang semakin optimal, sistem syarafnya juga akan semakin matang dalam mengatur dan mengkoordinasikan otot-otot tubuh untuk bergerak.

Motorik ini dibagi menjadi dua, yaitu motorik halus dan motorik kasar.

Baca juga:Gunakan Frozen Embrio 5 Tahun Lalu, Bella Shofie Lahirkan Anak Kedua

Motorik halus merupakan kemampuan untuk melakukan gerakan dan tugas sehari-hari menggunakan otot-otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu untuk bereksplorasi dan mengekspresikan diri. Contohnya adalah menggunakan pensil untuk menggambar, menulis dan mencorat-coret, melempar dan menangkap bola.

Sebaliknya motorik kasar adalah kemampuan bergerak, berkoordinasi, dan menyeimbangkan diri menggunakan otot-otot besar atau seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi oleh kematangan fisik anak itu sendiri. Contoh motorik kasar diantaranya jalan, berlari, melompat, hingga menendang.

“Pentingnya motorik dalam perkembangan anak ini menjadi perhatian kami,” ujar Marketing Developer KIDSMoov, Linta Hayatunisa dalam keterangan resmi yang diterima.

Hadir sebagai tempat pembelajaran dari Singapura yang akan segera membuka cabangnya di Indonesia, Linta menjelaskan, pihaknya meyakini bahwa masa depan dunia bergantung pada anak-anak saat ini dan perkembangan mereka dimulai sejak usia dini.

“Kami memiliki berbagai program yang menyenangkan dan menarik untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan hidup penting seperti kerjasama tim, kepemimpinan, dan kepercayaan diri. Tujuannya adalah untuk membantu anak-anak menemukan bakat dan minat mereka dan mendorong mereka untuk mengejar mereka,” katanya lagi.

Linta menambahkan, program unggulan yang disediakan oleh pihaknya adalah pendekatannya terhadap olahraga dan aktivitas fisik. “Program ini menggabungkan senam, keterampilan motorik, dan gerakan olahraga untuk menciptakan kesenangan yang lebih holistik dan interaktif bagi anak-anak,” katanya.

“Fokus pembelajaran kami adalah membantu anak-anak mengembangkan cinta untuk olahraga dan gerakan serta membudayakan keterampilan mereka melalui program yang menyenangkan dan menarik. Kami juga memberikan lingkungan yang mendukung dan mendorong anak-anak untuk mengambil risiko dan mencoba hal baru tanpa takut gagal. Pendekatan ini membantu anak-anak meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri mereka dan mendorong mereka untuk mengambil tantangan baru,” pungkasnya.

(*)

Reporter: jp group

 

 

Update