Kamis, 11 Agustus 2022

Kiat Khusus Simpan Makanan di Wadah Plastik Agar Awet dan Tetap Segar

Berita Terkait

Menyimpan makanan di dalam wadah plastik (Instagram Moorlife)

batampos – Kiat khusus menyimpan makanan di wadah plastik perlu Anda ketahui agar makanan awet dan tetap segar. Salah satunya wajib menutup rapat wadah plastik.

Tren menyimpan bahan makanan di dalam wadah plastik yang terdiri dari toples, tempat makan, atau tumbler, kini semakin banyak dimanfaatkan para ibu rumah tangga. Tujuannya untuk membuat bahan lebih awet, tahan lama, dan segar.

Penyimpanan makanan kering akan terjaga kerenyahannya karena tutupnya yang ketat udara, penyimpanan bahan makanan dalam kulkas untuk fridge dan freezer, wadah di lemari dapur (kitchen organizer).

Berbagai bahan makanan mentah atau matang umumnya tak langsung habis saat dimasak atau diolah. Maka wadah dari plastik bermanfaat untuk menyimpan makanan dan bahan makanan agar tak terbuang sia-sia.

Baca juga:Bertemu saat Diperiksa di Polda, Uya Kuya Ucapkan Sehat Selalu pada Medina Zein

Akan tetapi syarat menyimpan bahan makanan di wadah plastik juga harus memilih bahan yang berkualitas. Salah satunya harus BPA Free. Apa itu?

“Harus free BPA atau Bisphenol A atau yang biasa disingkat dengan BPA,” kata Nurlaila Hidayaty dari Moorlife Indonesia CMN (Creative Mega Network) dalam Menebar Kebaikan Lokal Bersama Moorlife kepada wartawan baru-baru ini.

Untuk menyimpan makanan di dalam wadah plastik, ada kiat khususnya. Apa saja?

1. Bahan Harus Lebih Tebal

Pilihlah wadah plastik yang berkualitas dengan bahan yang lebih tebal. Sehingga kerenyahan dan kesegarannya tetap terjaga.

“Kenapa harus lebih tebal? Yang namanya material plastik, plastik itu berpori beda dengan kaca. Semakin tebal semakin tahan lama utk jaga kerenyahannya. Kualitasnya akan lebih baik,” kata Nurlaila.

2. Harus Tertutup Rapat

Jika penyimpanan ingin tetap renyah, maka jangan lupa agar tutup wadah dengan posisi yang rapat. Seringkali karena terburu-buru, usai membuka wadah maka masih terbuka.

“Tutup wadah yang rapat ya. Udaranya keluarkan dulu sedikit. Kadang masih ada yg kebuka aja di sisinya. Pastikan tutup yang benar,” katanya.

3. Beda Fungsi Beda Wadah

Untuk wadah plastik yang akan disimpan di kulkas ternyata terdiri dari 2 wadah yang berbeda. Wadah plastik untuk disimpan di freezer sebaiknya menggunakan bahan yang lebih lentur. Dan wadah plastik di kulkas bagian bawah harus lebih tebal.

“Bahan untuk di atas atau freezer harus lebih lentur bahannya karena lebih membeku dan akan mengembang. Sehingga saat dikeluarkan akan lebih mudah,” jelasnya.
(*)

Reporter: jpgroup

Update