Kamis, 8 Desember 2022

Begini Cara Mencegah & Mengobati Jerawat

Berita Terkait

Ini Tips Menghindari Lowongan Kerja Palsu

Tips Liburan Akhir Tahun

ILUSTRASI: Membersihkan kulit harus dilakukan secara lembut, khususnya ketika sedang mengalami peradangan karena jerawat. (foto: CNA/iStock)

batampos – Dr Leow Hong Foo, pemilik Bespoke Aesthetics membagikan tips terbaiknya tentang cara mencegah dan mengobati jerawat jika Anda memiliki kulit yang rentan jerawatan.

Dikutip dari CNA Lifestyle berikut tips dari Dr Leow:

1. Bersihkan wajah setiap hari. Gunakan scrub pengelupasan yang lembut dengan bahan aktif AHA sekali atau dua kali seminggu.

“Terkadang, butiran yang lebih besar dan kasar dapat merobek dan melukai kulit yang meradang dan menyebabkan bakteri jerawat menyebar ke seluruh wajah. Pengelupasan AHA melakukan pekerjaan mengelupas sel-sel kulit mati secara merata dan membersihkan pori-pori juga,” terangnya.

Baca juga : Sebaiknya Dihindari, 6 Gaya Hidup Ini Bisa Membuat Anda Jerawatan

2. Hidrasi adalah kuncinya.
Minumlah setidaknya dua liter air setiap hari untuk memungkinkan kulit mengeluarkan racun secara alami dan menjaga kesehatan kulit yang optimal. Masker yang menghidrasi juga dapat membantu memberikan kelembapan ke permukaan kulit.

3. Tidur yang cukup.
Kurang tidur juga menyebabkan stres dalam tubuh, yang meningkatkan kadar kortisol. Lonjakan kortisol dapat menyebabkan peradangan dan produksi sebum, yang mengakibatkan pori-pori tersumbat dan berjerawat, kata Dr Leow.

Lakukan yang terbaik untuk tidur tujuh hingga delapan jam setiap hari untuk bangun dengan wajah yang cerah dan bercahaya.

4. Bila diperlukan, lakukan spa medis untuk mengatasi jerawat.
Mereka yang mungkin membutuhkan lebih banyak bantuan untuk mengatasi masalah jerawat dapat mempertimbangkan perawatan wajah spa medis yang berfokus pada pembersihan pori-pori dan meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Dr Leow juga merekomendasikan kepada pasiennya perawatan laser seperti laser CuRAS, untuk mengobati jerawat aktif dan meringankan bintik-bintik coklat yang disebabkan oleh jerawat – atau pengobatan oral pada kasus yang lebih parah. (*)

Reporter : umy

Update