Senin, 8 Agustus 2022

Sebaiknya Dihindari, 6 Gaya Hidup Ini Bisa Membuat Anda Jerawatan

Berita Terkait

Glossy dan Tahan Lama

Tawaran Gaji Rp 1,1 M untuk Pencicip Permen

ILUSTRASI. Makanan dan minum manis bergula bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawatan. Hindari gaya hidup ini untuk kulit yang lebih sehat.
(foto: CNA/iStock)

batampos – Ada 6 gaya hidup yang ternyata bisa membuat kulit wajah kita jerawatan. Salah satunya suka ngemil makanan manis hingga hal sepele jarang mengganti sarung bantal.

Saat Anda dilanda jerawat yang parah, tak jarang malah menyembunyikan di balik masker. Selain karena menerapkan protokol kesehatan Covid-19, masker juga untuk menyemunyikan jerawat. Inagt, ini bisa memperburuk jerawat.

Dilansir dari CNA Lifestyle Selasa, ahli kulit dan pendiri kecantikan memberikan penjelasan tentang gaya hidup salah yang bisa menyebabkan jerawatan:

1. Malas mengganti masker sekali pakai atau malas mencuci masker yang bisa dipakai berulang.

Demi kulit Anda, jangan malas. ”Ada banyak penumpukan bakteri dari masker saat kita memakainya sepanjang hari. Bakteri dapat menyebabkan jerawat di sekitar daerah perioral wajah kita,” kata Dr Leow Hong Foo, pemilik Bespoke Aesthetics.

2. Tidur di sarung bantal yang kotor.

Kamar tidur Anda mungkin merupakan surga pribadi Anda, tetapi jika Anda tidak hati-hati, bantal nyaman yang Anda usapkan ke wajah Anda saat tidur mungkin saja menjadi penyebab masalah jerawat Anda.

”Saat tidur di atas bantal, sel kulit mati, minyak, dan bakteri dapat menumpuk di permukaan bantal, yang mengakibatkan timbulnya jerawat karena kulit bersentuhan dengan minyak dan bakteri ini yang dapat menyumbat dan menyebabkan iritasi kulit,” kata Dr Leow. .

Untuk mengatasinya, ganti sarung bantal Anda setidaknya seminggu sekali – atau lebih sering jika bisa. Pastikan juga membersihkan kulit Anda secara menyeluruh sebelum tidur.

”Membiarkan riasan pada kulit Anda atau tidak membersihkan wajah dengan benar menyebabkan pori-pori tersumbat dan penumpukan sebum yang pada gilirannya mengganggu kemampuan alami kulit untuk terkelupas dan memperbaiki dirinya sendiri. Ini berpotensi menyebabkan lebih banyak jerawat,” kata Dr Karen Soh, direktur medis Klinik Prive.

Apa yang harus dilakukan sebagai gantinya? Cuci muka dua kali sehari – ketika Anda bangun dan sebelum tidur.

Pembersihan ganda di malam hari dengan pembersih yang lembut, terutama jika Anda memakai tabir surya sepanjang hari untuk memastikan semua bekas produk wajah terhapus.

Baca juga : Agar Tidur Nyenyak saat Menstruasi

3. Sering menyentuh jerawat pada wajah.

Sebagian besar dari kita tidak menyadarinya tetapi kita cenderung menyentuh wajah kita tanpa menyadarinya. Sayangnya, meski seringkali merupakan isyarat yang tidak disadari, kebiasaan buruk ini bisa mendatangkan malapetaka pada kulit seseorang.

”Menyentuh menyebarkan peradangan penyebab jerawat yang ada dan papula jerawat karena tangan kita menampung banyak bakteri,” kata Dr Soh.

Demikian juga, jangan memencet bintik-bintik Anda atau mencoba membuat jerawat “sembuh” lebih cepat dengan memencetnya karena ini dapat memperburuk situasi. “Mencoba mengeluarkan benjolan keras, meradang, atau nyeri yang bersarang jauh di dalam kulit akan memakan waktu lebih lama untuk sembuh dan bahkan dapat menyebabkan pembekuan darah, infeksi kulit, dan jaringan parut,” kata Dr Soh.

4. Keramas jadi rutinitas terakhir saat mandi.

Rutinitas mandi dengan keramas di akhir urutan mandi, ternyata bisa menjadi penyebab masalah kulit Anda.

Chia Su-Mae, pendiri merek perawatan kulit BSKIN yang berbasis di Singapura, menjelaskan, produk rambut, terutama kondisioner dan serum, sering kali mengandung minyak dan silikon untuk membantu memberikan kilau berkilau pada rambut. Tapi residu dari produk rambut bisa berakhir di wajah dan punggung saat mandi dan bisa menempel di kulit. Mereka mungkin menyumbat pori-pori, menyebabkan jerawat wajah dan punggung.

Untuk mencegahnya, cuci dan kondisikan rambut Anda terlebih dahulu saat Anda mandi. Ikuti ini dengan tubuh Anda dan akhirnya wajah Anda untuk menyingkirkan sisa penumpukan yang berpotensi menyebabkan jerawat.

5. Ngemil Makanan manis bergula.

Dr Soh menunjukkan bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan jerawat karena gula meningkatkan kadar insulin yang pada gilirannya memicu hormon penyebab jerawat.

Sebagai gantinya, dia menyarankan untuk mengemil makanan utuh seperti beri, stik sayuran, cokelat hitam, atau kacang-kacangan. Atau Anda dapat meningkatkan diet Anda dengan suplemen kaya kolagen seperti Nuceuticals Skinergy Collagen Shot, yang mengandung vitamin C dan antioksidan untuk mengurangi jaringan parut dan peradangan sekaligus mempercepat perbaikan kulit.

6. Memakai satu handuk saja saat di gym.

Di banyak gym, Anda wajib menggunakan handuk dan mengelap peralatan setelah set Anda untuk tujuan kebersihan. Tetapi jika Anda menggunakan handuk yang sama untuk menyeka wajah Anda, Anda bisa secara tidak sengaja memindahkan banyak bakteri ke kulit Anda sendiri.

”Gym adalah tempat yang terkenal kotor karena jumlah keringat yang terkumpul pada peralatan. Tidak menggunakan dua handuk – satu untuk menyeka peralatan dan satu lagi untuk membersihkan wajah Anda – berpotensi menyebabkan jerawat parah atau infeksi jamur,” kata Chia.

Demikian juga, yang terbaik adalah menghindari menyentuh wajah, leher, atau bagian tubuh lainnya dengan tangan kosong setelah menangani berbagai peralatan olahraga. Karena Anda dapat memasukkan bakteri penyebab jerawat ke kulit Anda.
”Praktik terbaik adalah mencuci muka, atau lebih baik lagi, mandi cepat, tepat setelah berolahraga untuk menghindari akumulasi bakteri pada kulit Anda,” sarannya. (*)

Reporter : umy

Update