Senin, 27 Juni 2022

Agar Tidur Nyenyak saat Menstruasi

Berita Terkait

Tips Mulai Bisnis Dari Conten Creator

Tips Hindari Pinjol Ilegal

Ilustrasi tidur nyenyak ( Dok. BruceMars/Unsplash)

batampos – Agar tidur nyenyak saat menstruasi, sebaiknya ikuti saran ahli. Salah satunya coba makan dengan porsi kecil tapi sering. Itu lebih baik dari pada makan dengan porsi besar.

Selama menstruasi tubuh wanita akan mengalami beberapa perubahan, termasuk hormon yang serasa seperti rollercoaster. Secara tidak langsung siklus mentruasi juga mempengaruhi waktu tidurmu loh.

Dilansir tabloidnyata.com, biasanya saat datang bulan wanita cenderung kesulitan tidur karena merasa tidak nyaman. Akibatnya kualitas tidur kian menurun.

Baca juga:Syuting di Belanda, Al Ghazali Tertantang Saat Akad Nikah dengan Jessica Mila

Menurut dr. Gareth Nye, dosen di Chester Medical School itu mengatakan bahwa terganggunya pola tidur itu disebabkan oleh hormon esterogen dan progesteron.

“Progesteron menyebabkan kenaikan suhu tubuh normal ke tingkat paling tinggi. Meski tidak terasa, tetapi ini bisa mengganggu pola tidur,” jelas dr. Gareth dilansir dari The Sun.

Suhu tubuh wanita akan melonjak naik waktu ovulasi. Oleh karena itu kamu bisa memperkirakan kapan waktu ovulasi datang sebelum memasuki periode menstruasi berikutnya.

Selain itu, menstruasi bisa saja mempengaruhi tidurmu karena terganggu oleh kram dan seringnya BAB. Bila darah keluar terlalu banyak mungkin akan timbul rasa cemas atas kebocoran dan ingin buru-buru mengganti pembalut. Lalu apa yang harus dilakukan?

dr. Elisabeth Philipps, seorang ahli syaraf mengatakan bahwa istirahat siang bisa membantu tidur malammu menjadi lebih nyenyak. Kemudian memakai obat-obatan herbal bisa membantumu mengatasi gejala menstruasi.

“Menggunakan obat herbal dapat menyeimbangkan kadar progesteron secara alami, seperti asghwagandha atau minyak primrose,” ungkap dr. Philipps.

Kemudian coba untuk menghindari minuman alkohol dan merokok. Penilitian menunjukan bahwa merokok meningkatkan resiko masalah tidur dan alkohol meski membantumu mengantuk tetapi itu merusak kualitas tidur.

Lalu coba makan dengan porsi kecil tetapi lebih sering daripada satu kali makan dalam porsi besar. Berolahraga secara teratur juga bisa mengurangi stres.

Membuat suhu kamar menjadi lebih sejuk. Bila suhu tubuh anda naik saat menstruasi maka mendapatkan kamar yang dingin dan nyaman itu bisa menolong tidurmu menjadi lebih nyenyak. Para ilmuwan mengatakan sebaiknya suhu kamar sekitar 16-18⁰C.(*)

Reporter: jpgroup

Update