Kamis, 25 April 2024

Adzan Sudah Diizinkan Berkumandang, Berikut Daftar Masjid yang Berada di Jepang

Berita Terkait

Masjid Camii Tokyo. (fun-japan.jp)

batampos – Baru-baru ini, warga muslim di Jepang mendapatkan kabar baik karena masjid di sana sudah mendapatkan izin untuk mengumandangkan adzan. Pemerintahan setempat telah mengambil keputusan signifikan untuk memenuhi kebutuhan umat muslim di sana.

Hal tersebut dikarenakan jumlah umat muslim di Jepang telah meningkat pada beberapa tahun terakhir.

Diketahui masjid yang telah mendapatkan izin mengumandangkan adzan adalah Masjid Istiqlal yang berada di kota Osaka. Adzan tersebut menggunakan toa luar, sehingga bisa di dengar di seluruh kota.

Meskipun baru mendapatkan izin mengumandangkan adzan di satu tempat saja, namun Jepang telah memiliki beberapa tempat ibadah yang dapat dikunjungi umat muslim saat berkunjung ke sana.

Dikutip dari laman Havehalaltraveller.com pada Sabtu (22/7), berikut beberapa daftar masjid yang berada di Jepang:

Masjid Camii Tokyo 260
Masjid ini telah didirikan pada tahun 1938 dan menjadi pusat budaya Turki. Masjid Camii Tokyo merupakan masjid terbesar di Jepang.

Masjid Kobe 480
Masjid Kobe ini merupakan masjid tertua yang ada di Jepang. Telah didirikan pada tahun 1935 oleh arsitek jan Jover Svarg dan memiliki gaya khas Turki mewah dengan dua menara di bagian depan. Masjid ini memiliki ruangan bawah tanah sehingga menambah kesan unik.

Masjid Asakusa
Masjid Asakusa dikelola oleh Japan Mosque Foundation yang berada di bawah naungan lembaga Islamic Circle of Japan. Dibangun pada tahun 1998, Masjid Asakusa juga memiliki perpustakaan dan aktivitas pendidikan Alquran untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Masjid Indonesia Tokyo
Masjid ini memiliki wilayah yang sama dengan kompleks Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT). Memiliki luas sebesar 200 meter persegi, masjid ini memiliki tiga lantai yang juga terdapat basement untuk wudhu, basement untuk perpustakaan dan pusat kebudayaan Indonesia.

Masjid Fukuoka
Didirikan pada tahun 2009, Masjid Fukuoka ini biasa dikenal dengan nama Al Nour Islamic Culture Center dan merupakan masjid pertama di Pulau Kyushu. Memiliki kapasitas sebanyak 300 jamaah, masjid ini sering mengadakan berbagai aktivitas, mulai dari kelas memasak halal, bahasa Arab, hingga festival Islam.

Nagoya Mosque
Masjid Nagoya merupakan salah satu masjid yang biasanya menjadi pusat aktivitas umat muslim setempat. Meski pembangunannya telah rampung pada tahun 1998, masjid ini sempat direnovasi kembali menggunakan dana donasi dari umat muslim setempat.

Kamata Masjid
Masjid Kamata telah berdiri sejak tahun 2001 daa menjadi satu-satunya masjid yang berada di kawasan tersebut. Lokasi masjid Katana terletak di dekat Stasiun JR Kamata. Terdiri dari dua lantai yang memiliki ruangan khusus untuk jamaah laki-laki dan perempuan.

Masjid Gifu
Memiliki warna serba putih, masjid in terlihat sangat cantik bila memasuki musim dingin dan berbaur dengan salju. Masjid Gifu memiliki luas 351 meter persegi dan dilengkapi dengan pusat kebudayaan serta sekolah Islam.

Masjid Hira Gyotoku
Bermulai dari sebuah bar, kini bangunan tersebut telah diubah menjadi tempat peribadatan umat muslim. Didirikan pada tahun 1997, masjid tersebut mampu menampung hingga 200 jemaah.

Masjid Yokohama
Berdiri pada tahun 2006, Masjid ini merupakan satu-satunya yang berada di kota Yokohama. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Yokohama juga kerap mengadakan acara khusus, pendidikan Islam untuk anak-anak, hingga berbagai aktivitas untuk Muslimah setempat.

Fujikawaguchiko Masjid
Masjid ini berada di Danau Kawaguchi dan memiliki wilayah yang sangat dekat dengan Gunung Fuji. Awalnya, masjid ini merupakan sebuah hotel kapsul yang kemudian direnovasi oleh Japan Halal Certificate Promotion Organization (JHCPO) dengan bantuan sukarelawan Indonesia, khususnya para kader organisasi Nahdlatul Ulama (NU).

Masjid NU At Taqwa Koga
Sesuai dengan namanya, masjid ini berdiri atas inisiatif dari organisasi islam asal Indonesia, Nahdlatul Ulama. Masjid di Jepang ini diresmikan pada 20 Juli 2021 tepatnya pada momen idul adha. Pembangunan masjid ini berasal dari para donatur Jepang hingga Indonesia.(*)

Reporter: jpgroup

Update