Selasa, 23 April 2024

Wajib Tahu Telepon Layanan Darurat Saat Lakukan Solo Traveling

Berita Terkait

Ilustrasi Traveling. (jawapos)

batampos – Solo traveling makin diminati kaum muda. Bepergian sendirian baik di dalam dan di luar negeri menjadi tren tersendiri.

Untuk melakukan perjalanan wisata seorang diri, tetap harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Sebab masalah keamanan, penipuan, pencurian hingga kejahatan lainnya dapat terjadi dimana saja dan kapan saja.

Disarikan dari Worldpackers, ada sejumlah tips yang bisa Anda lakukan saat bepergian wisata:

1. Ketahui nomor telepon untuk layanan darurat
Sebelum melakukan traveling apalagi seorang diri, pastikan Anda sudah mengantongi telepon layanan darurat bahkan sebelum sampai tujuan.
Untuk traveling ke luar negeri, mencari nomor kedutaan terdekat sangat membantu. Jangan lupa catat di ponsel untuk keperluan darurat.

Baca juga: Lima Pilihan Tempat Wisata Dingin dan Udara Sejuk

2. Jangan memakai perhiasan mencolok
Mengenakan perhiasan mahal dan mencolok adalah salah satu cara untuk menjadikan diri kita target perampokan yang sangat jelas. Jadi tinggalkan saja perhiasan di rumah.

3. Jika ingin minum alkohol jangan terlalu mabuk
Ini menjadi salah satu tips keselamatan terpenting bagi wisatawan karena banyak orang menikmati menjelajahi kehidupan malam saat bepergian.

Namun perlu diingat bahwa penting untuk minum alkohol dengan secukupnya atau tidak perlu minum sama sekali.

Baca juga: 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Sekaligus Belajar untuk Isi Libur Sekolah

Karena jika kalian mabuk dan berakhir di lingkungan yang berbahaya, membuatmu menjadi sasaran empuk penipuan, perampokan, atau yang lebih buruk lagi.

4. Jadilah pintar tentang uang Anda
Bawa uang tunai dengan jumlah besar bukanlah ide yang baik. Kalian bisa membuka rekening di bank internasional atau perusahaan kartu kredit agar dapat mengambil ATM di wilayah atau negara tersebut.

Saat menggunakan ATM, coba gunakan hanya ATM yang berada di dalam bank karena kecil kemungkinannya untuk dirusak oleh penipu.

Jangan pernah menyimpan semua uangmu di satu tempat dan simpan uang tunai serta kartu kredit di dua atau tiga tempat berbeda sehingga jika salah satu simpanan kamu dicuri, tidak semua hilang.

5. Waspadai penipuan populer
Teliti tempat yang kamu kunjungi untuk bertanya dan melihat apa yang dilakukan oleh penipu lokal. Kamu bisa tidak tertipu oleh penipuan jika pernah mendengar sebelumnya.

6. Gunakan tas yang tepat
Tas selempang lebih aman daripada tas bahu atau tas tangan karena dapat mencegah orang mengambilnya. Ada banyak sekali tas yang dibuat khusus untuk pelancong dengan fitur-fitur seperti tali tahan tebasan, pemblokir RFID, dan ritsleting pengunci.

7. Bawa travel lock dan gunakan
Siapkan kunci untuk mengamankan tas dan barang berhargamu. Meskipun sedang tidak tinggal di hostel, dengan memiliki travel lock dapat mengamankan tasmu dan membantu menjaga barang berharga agar aman dari pencurian.

8. Simpan salinan digital dari dokumen penting
Saat bepergian, paspor Anda mungkin adalah barang yang paling berharga. Jika paspor dicuri, memiliki salinan digital akan membantu mempermudah proses mendapatkan pengganti. (*)

Reporter: JPGroup

Update