Selasa, 21 Mei 2024

5 Rekomendasi Destinasi Wisata Sekaligus Belajar untuk Isi Libur Sekolah

Berita Terkait

Ilustrasi liburan dengan keluarga (ANTARA/freepik.com)

batampos – Destinasi wisata dalam negeri cocok dikunjungi saat liburan sekolah seperti ini.

Anda bisa meluangkan waktu sejenak bersama keluarga untuk mengisi waktu liburan. Tak perlu mahal, mengunjungi tempat-tempat wisata bersama keluarga akan meningkatkan kembali ikatan keluarga.

Konsep ‘Smart Holiday Destination’ dengan menentukan destinasi wisata edukasi yang sesuai dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.

Baca juga: 9 Destinasi Wisata Eksotis di Lombok yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Berikut rekomendasi 5 destinasi yang cocok Anda kunjungi bersama anak untuk mengisi libur sekolah:.

1. Banyuwangi, Edutrip Emvitrust dan Desa Adat Osing Kemiren

Banyuwangi memiliki potensi wisata yang menarik, seperti Kawah Ijen dan Pantai Pulau Merah. Emvitrust, sebuah LSM yang fokus pada pelestarian lingkungan, menyelenggarakan tour wisata edukasi yang melibatkan pengelolaan sampah dan perjalanan ke Pantai Wedi Ireng.

Di Desa Adat Osing Kemiren, terdapat atraksi wisata edukasi budaya seperti pertunjukan tarian, kerajinan tangan, dan pembatikan.

2. Malang, Jatim Park 2 Kota Batu dan Museum Angkut
Di Malang, terdapat Jatim Park 2 di Kota Batu yang merupakan smart holiday destination. Di sana, anak-anak dapat bertemu dengan berbagai jenis burung dan belajar mengenai mereka.

Baca juga: Bali sebagai Destinasi Populer Kedua di Dunia

Selain itu, terdapat Museum Angkut yang menampilkan sejarah transportasi dan dapat membuka wawasan anak-anak.

3. Bali Safari & Marine Park dan Wisata Pulau Penyu Tanjung Benoa, Bali

Bali, destinasi favorit di Indonesia, menawarkan tempat wisata keluarga yang memberikan pengalaman belajar bagi anak-anak. Bali Safari dan Marine Park berfokus pada pelestarian satwa langka dan budaya Bali.

Wisata Pulau Penyu di Tanjung Benoa menawarkan pengalaman edukatif dan interaktif, seperti melihat proses penetasan dan pelepasan anak penyu ke laut serta berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian penyu.

4. Jendela Alam dan Padepokan Dayang Sumbi, Bandung

Bandung menawarkan tempat wisata menarik yang meliputi Jendela Alam dengan aktivitas berkebun, bercocok tanam, beternak, dan memanen hasil kebun untuk pengalaman belajar anak-anak.

Padepokan Dayang Sumbi menyediakan edukasi pembuatan kain sutra melalui ulat sutra yang dijelaskan oleh pemandu wisata. Terdapat pula rekreasi menarik lainnya seperti memberi makan hewan satwa dan taman bermain.

Baca juga: 8 Alasan Kota Jogja Selalu Mendapat Tempat di Hati Wisatawan

5. Taman Belajar dan Sindu Kusuma Edupark, Yogyakarta
Tidak hanya banyaknya pusat pendidikan, terdapat beberapa wisata edukasi seperti Taman Belajar yang cukup terkenal bagi wisatawan lokal dan luar kota.

Taman Belajar Yogyakarta menyediakan teknologi interaktif secara digital serta pemutaran video yang akan memicu imajinasi anak melalui ketertarikan anak terhadap teknologi. Ada juga Sindu Kusuma Edupark yang wisata edukasi serupa dengan melakukan aktivitas outbound untuk meningkatkan family bonding dan terdapat kelas membatik bersama keluarga Anda. (*)

Reporter: Antara

Update