Sabtu, 13 April 2024

9 Destinasi Wisata Eksotis di Lombok yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Berita Terkait

Pantai Semeti di Lombok Tengah (istimewa)

batampos – Destinasi wisata eksotis di Lombok masih banyak yang tersembunyi alias jarang diketahui. Jika Anda mencari tempat-tempat wisata seperti itu di Lombok, Anda berada di tempat yang tepat.

Ada sekitar 9 destinasi wisata alam tersembunyi di Lombok yang menawarkan pesona luar biasa dan belum banyak tersentuh oleh turis.

Anda bisa menikmati keindahan pantai, air terjun, gua, dan pegunungan di tempat-tempat ini tanpa harus berdesak-desakan dengan pengunjung lain. Jangan lupa untuk pesan tiket pesawat Lombok di Traveloka karena praktis, aman, dan ada banyak promo menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Berikut adalah 9 tempat wisata alam tersembunyi di Lombok yang wajib Anda kunjungi:

1. Pantai Semeti
Pantai ini terletak di Lombok Tengah, bersebelahan dengan Pantai Mawi yang dikenal sebagai salah satu destinasi para peselancar. Pantai Semeti memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih.

Di sini, Anda bisa melihat formasi batu karang yang unik dan eksotis, seperti batu berbentuk piramida, batu berlubang, dan batu berbentuk kura-kura. Anda juga bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang romantis di pantai ini.

Baca juga: Yoga dapat Melatih Fisik dan Kesehatan Jiwa

2. Air Terjun Mangku Sakti
Air terjun ini terletak di Desa Sajang, Lombok Utara, sekitar 2 jam berkendara dari Kota Mataram. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan debit air yang cukup deras.

Hal menarik dari air terjun ini adalah warna airnya yang putih susu karena mengandung belerang. Air terjun ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi lumut hijau, sehingga menciptakan suasana yang sejuk dan segar.

3. Gua Bangkang
Gua ini merupakan salah satu gua tertua di Lombok yang berusia ratusan tahun. Gua ini terletak di Desa Prabu, Lombok Tengah, dekat dengan jalan raya Jalan Mawun.

Gua ini menjadi rumah bagi ribuan kelelawar, dan waktu terbaik untuk berkunjung adalah sebelum matahari terbenam. Hal ini agar Anda bisa menyaksikan peristiwa spektakuler, yakni ribuan kelelawar yang terbang meninggalkan sarang mereka. Gua ini juga memiliki celah yang membuat sinar matahari menyelinap masuk dengan indahnya, seperti cahaya surga.

4. Taman Wisata Pusuk Sembalun
Taman wisata ini berada di kawasan dataran tinggi, yakni sekitar 1.250 meter di atas permukaan laut. Taman wisata ini menawarkan pemandangan pegunungan yang menakjubkan, termasuk Gunung Rinjani yang megah di antara kabut dan awan.

Di sini, Anda bisa beristirahat dan menikmati pemandangan indah dari gazebo atau gardu pandang. Anda juga bisa melihat hutan, perbukitan, sawah, dan kebun stroberi di sepanjang jalan menuju taman wisata ini.

5. Tanjung Poki
Tanjung Poki adalah sebuah tebing karang yang menjorok ke laut di Desa Sekotong Barat, Lombok Barat. Daya tarik dari Tanjung Poki adalah gelombang ombaknya yang dahsyat, meski begitu, Tanjung Poki masih terlihat begitu inda.

Saking ganasnya, ombak tersebut bisa menciptakan efek blowhole, yaitu semburan air laut yang tinggi akibat tekanan udara di dalam lubang karang.

6. Pantai Tebing
Pantai Tebing adalah pantai yang terletak di Desa Sekotong Barat, Kabupaten Lombok Barat. Pantai ini memiliki keunikan berupa tebing-tebing karang yang menjulang tinggi di sepanjang bibir pantai.

Tebing-tebing ini membentuk gua-gua alami yang bisa dijelajahi dengan perahu atau berenang. Di bawah tebing-tebing ini terdapat hamparan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pantai Tebing juga merupakan tempat yang cocok untuk menyaksikan matahari terbenam dengan latar belakang Gunung Agung di Bali.

7. Bukit Pergasingan
Bukit Pergasingan adalah bukit yang terletak di Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut dan menawarkan pemandangan yang spektakuler.

Dari atas bukit ini, Anda bisa melihat panorama lembah Sembalun yang hijau dengan ladang-ladang bawang merah dan kubis, serta Gunung Rinjani yang megah di kejauhan. Bukit Pergasingan juga merupakan tempat yang populer untuk camping dan bermalam di bawah langit berbintang.

Desa Adat Sade (istimewa)

8. Desa Adat Sade
Desa Adat Sade adalah desa tradisional yang terletak di Desa Rembitan, Kabupaten Lombok Tengah. Desa ini merupakan salah satu desa adat tertua di Lombok yang masih mempertahankan kearifan lokal dan budaya Sasak.

Di desa ini, Anda bisa melihat rumah-rumah adat yang berdinding anyaman bambu dan beratap jerami, serta lantai yang dibuat dari campuran tanah liat dan kotoran kerbau.

Anda juga bisa menyaksikan kehidupan sehari-hari penduduk desa yang masih menjalankan tradisi seperti menenun kain ikat, membuat kerajinan tangan dari bambu, dan menari tarian tradisional.

9. Pulau Gili Kondo
Pulau Gili Kondo adalah pulau kecil yang terletak di Selat Alas, antara Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Pulau ini merupakan salah satu pulau gili atau pulau pasir di Lombok yang masih alami dan sepi pengunjung.

Pulau ini memiliki pantai berpasir putih yang halus dan air laut yang biru bening. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati wisata bawah air berupa terumbu karang yang indah dan kaya akan biota laut.

Anda bisa melakukan snorkeling atau diving untuk menikmati keindahan bawah laut pulau ini. Anda juga bisa camping di pulau ini untuk merasakan sensasi bermalam di tengah laut.

Lombok menawarkan sejuta keindahan yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Segera pesan tiket pesawat melalui Traveloka untuk perjalanan wisata ke Lombok. Selamat liburan! (*)

Update