Kamis, 30 Mei 2024

Lima Pilihan Tempat Wisata Dingin dan Udara Sejuk

Berita Terkait

Dusun Bambu seperti floating market, wisata di Lembang Bandung ini adalah tempat yang cocok untuk berwisata kuliner dengan suasana  alam dan pegunungan yang indah di Lembang, Jawa Barat. (Instagram Dusun Bambu)

batampos – Lima pilihan tempat wisata dingin dan udara sejuk ini bisa dipertimbangkan bagi anda yang akan berwisata. Terlebih saat cuaca panas ekstrem cenderung mendorong masyarakat pergi ke tempat wisata dingin di Indonesia.

Hal ini sejalan dengan data internal Tokopedia yang menunjukkan ada peningkatan penjualan tiket pesawat ke berbagai wilayah di Indonesia dengan tempat wisata dingin pada semester satu 2023 dibandingkan semester satu 2022, seperti Malang, Bandung dan wilayah lain, dengan rata-rata peningkatan sebesar hampir 1,5 kali lipat.

Baca Juga:Film The 33, Kisah Nyata 33 Orang Penambang Terjebak di Bawah Tanah Dua Bulan Lebih

Tempat wisata dingin di Indonesia bisa jadi incaran di tengah cuaca panas. Berikut beberapa opsi destinasi wisata yang tawarkan suasana sejuk untuk sedikit refreshing dari cuaca panas ekstrem yang sedang melanda.

1. Toba dan Samosir di Sumatera Utara

Toba dan Samosir adalah tujuan wisata bagi masyarakat pecinta suhu dingin. Wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas outdoor sambil menikmati keindahan alam danau terbesar di Indonesia, Danau Toba. Suhu rata-rata Toba dan Samosir berkisar antara 17-29 derajat celcius.

Untuk mencapai wilayah ini, masyarakat bisa mendarat di Bandara Silangit dan melanjutkan perjalanan darat untuk menuju ke Toba atau menyeberang dengan kapal atau jembatan untuk ke Pulau Samosir.

2. Lembang dan Ciwidey di Jawa Barat

Lembang dan Ciwidey, yang terletak tidak jauh dari pusat kota Bandung, adalah contoh lain tempat wisata bercuaca dingin favorit masyarakat. Di wilayah ini, masyarakat bisa berwisata di perkebunan stroberi dan teh, hingga pemandian air panas.

Kedua destinasi ini memiliki suhu rata-rata berkisar antara 13 – 28 derajat celcius. Untuk mencapai wilayah ini, masyarakat bisa mendarat di Bandara Husein Sastranegara atau turun di stasiun kereta Bandung, lalu melanjutkan perjalanan darat.

3. Tawangmangu dan Dieng di Jawa Tengah

Tawangmangu dan Dieng adalah gudang wisata alam, seperti air terjun dan telaga. Untuk menuju Tawangmangu, masyarakat bisa mendarat di Bandara Adi Soemarmo atau turun di stasiun kereta di Solo, lalu melanjutkan perjalanan dengan mobil sekitar 1,5-2 jam. Suhu rata-rata Tawangmangu pada siang hari, yaitu 17 – 22 derajat celcius.

Untuk menuju Dieng, masyarakat bisa mendarat di Bandara Ahmad Yani atau turun di stasiun kereta di Semarang, lalu melanjutkan perjalanan dengan mobil sekitar 2-2,5 jam. Pada siang hari, suhu rata-rata di Dieng mencapai 12-20 derajat celcius sedangkan di malam hari, suhu bisa turun ke 6-10 derajat celcius.

4. Batu dan Bromo di Jawa Timur

Terkenal memiliki banyak destinasi alam yang menawan serta suasana sejuk, Batu dan Bromo sering dipilih pelancong sebagai tujuan wisata untuk rehat dari kegiatan sehari-hari. Ada kebun binatang dan theme park di Batu, serta keindahan Gunung Bromo, yang bisa dinikmati masyarakat. Suhu rata-rata Batu pada siang hari, yaitu 18 -28 derajat celcius, sedangkan Bromo 5 – 12 derajat celcius.

Untuk mencapai destinasi ini, masyarakat bisa menggunakan beberapa moda transportasi. Untuk ke Batu, masyarakat bisa mendarat di Bandara Abdul Rachman Saleh atau turun di stasiun kereta Malang Baru, lalu melanjutkan perjalanan darat. Sedangkan jika ingin ke Bromo, masyarakat bisa mendarat di Bandara Juanda atau di stasiun kereta Pasar Turi, Surabaya, dan lanjut perjalanan darat.

5. Ubud dan Kintamani di Bali

Ubud dan Kintamani adalah wilayah dataran tinggi. Hal ini membuat wisatawan yang lebih menyukai lokasi bersuhu dingin cenderung menjadikan Ubud dan Kintamani sebagai tujuan ketika sedang berada di Pulau Dewata.

Selain sejuk, wilayah ini juga menawarkan kekayaan alam yang luar biasa. Suhu di Ubud bisa mencapai 20 derajat celcius, sedangkan Kintamani 17 derajat celcius. Lokasi ini bisa dijangkau dengan mendarat di Bandara Ngurah Rai Bali, ditambah perjalanan darat.(*)

Reporter: jp group

Update