Sabtu, 13 April 2024

8 Jenis Buah & Sayur yang Mengandung Protein Alami untuk Kesehatan Tubuh

Berita Terkait

Alpukat salah satu buah yang kaya akan protein alami. Bagus untuk kesehatan tubuh. (Ahmad Fahrizal untuk Jawa Pos)

batampos – 8 Jenis buah dan sayur yang mengndung protein alami cocok untuk kesehatan tubuh.

Selain dari protein hewani, sayur dan buah juga mempunyai kandungan protein alami. Ini juga cocok untuk diet vegan. Buah dan sayur aman dikonsumsi setiap hari.

Dietary Allowance (RDA) dalam Very Well Health menyatakan bahwa kebutuhan untuk protein sebanyak 0,8 gram per kilogram berat badan setiap hari.

Jadi orang dengan berat badan 56 kilogram membutuhkan 45 gram protein per hari. Sementara untuk berat badan 90 kilogram menargetkan 73 gram protein setiap hari.

Dilansir dari Very Well Health, terdapat 8 jenis buah dan sayur mengandung protein alami. Kedelapan itu dapat dikonsumsi setiap hari sesuai kebutuhan.

Baca juga: Obat Antihipertensi tak Sebabkan Gagal Ginjal

1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan yang dimaksud, yaitu buncis atau kacang polong. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), kedua jenis tersebut merupakan golongan sayur-sayuran.

Kandungan di dalam buncis sangat kaya akan protein. Satu porsi buncis mengandung 8 gram protein nabati dan terdapat serat serta folat.

Kacang-kacangan merupakan sumber serat makanan yang baik, sehingga dapat dianggap sebagai makanan probiotik untuk usus.

2. Jagung
Jagung merupakan jenis sayuran yang mengandung protein. Satu jagung besar mengandung 3,34 gram protein nabati.

Sayur diidentik dengan warna kuning. Jagung memiliki manfaat kesehatan yang unik. Di dalam jagung terkandung senyawa tumbuhan yang disebut dengan lutein dan zeaxanthin. Kandungan nutrisi ini dapat melindungi mata dari degenerasi makula (penurunan
penglihatan).

3. Kiwi Zespri
Buah ini memiliki kulit yang halus tanpa bulu dan daging buahnya berwarna kuning berair. Rasa dari buah ini manis dan segar.

Satu porsi atau setara dua buah kiwi mengandung sekitar 1,7 gram protein. Selain mengandung protein, buah ini juga memiliki kandungan 20 vitamin dan mineral. Salah satunya vitamin C yang dapat melengkapi nutrisi di dalam tubuh setiap harinya.

Baca juga: Daun Kemangi, Salah Satu Tanaman Herbal untuk Tingkatkan Vitalitas

4. Jambu Biji
Jambu biji merupakan sumber protein, tetapi juga kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan folat. Satu buah jambu biji dapat menghasilkan lebih dari 4 gram.

Selain itu jambu biji juga mengandung beberapa nutrisi lain seperti karbohidrat, lemak, vitamin C dan mineral.

5. Edamame dan Kedelai
Edamame merupakan sebutan dari kedelai yang belum menghasilkan buah dan masih dalam bentuk polong. Setengah cangkir edamame mengandung sekitar 9 gram protein.

Sementara kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati yang menyediakan Sembilan asam amino esensial.

Pada penelitian yang dilansir dari Very Well Health menyatakan bahwa protein kedelai dapat mencegah penyakit jantung, dan dapat dijadikan sebagai makanan untuk diet.

6. Nangka
Nangka memiliki kandungan protein 3 gram per porsi, buah unik ini sering digunakan sebagai pengganti daging, sebab konsistensinya yang seperti daging dan hangat.

Selain mengandung protein buah nangka juga mengandung karbohidrat yang dapat membantu kesehatan usus.

Baca juga: Tips Tetap Bugar di Usia 40 Tahun

7. Alpukat
Buah Alpukat ini merupakan buah yang kaya akan lemak dan serat sehat. Selain iu Alpukat juga mengandung protein alami. Alpukat yang memiliki berat 7 ons dapat mengandung sekitar 4 gram protein di dalamnya.

Di dalam alpukat juga terdapat lemak tak jenuh. Lemak ini dapat membantu meningkatkan penyerapan vitamin A,D,K dan E.

8. Artichoke
Artichoke merupakan jenis tanaman yang masuk ke dalam kelompok tumbuhan liar. Meski begitu, nutrisi dan manfaat artichoke tidak kalah dibanding sayuran lain.

Satu Artichoke berukuran sedang mengandung 4 gram protein bersama dengan antioksidan, serat, dan zat gizi mikro.

Beberapa data itu menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak Artichoke dapat menurunkan kolesterol. (*)

Reporter: jpgroup

Update