Jumat, 2 Desember 2022

10 Manfaat Mainan Motorik untuk Anak

Berita Terkait

Ini Tips Menghindari Lowongan Kerja Palsu

Tips Liburan Akhir Tahun

ILUSTRASI. Orang tua harus bisa memilih secara selektif dalam memberikan mainan untuk anak. Pilihan mainan edukatif bisa melatih kemampuan motorik halus mereka. (ISTIMEWA)

batampos.co.id – Anak-anak tidak bisa dilepaskan dari mainan dalam kesehariannya. Orang tua pun harus bijak dalam memberikan mainan untuk anak. Selain bisa memberikan manfaat motorik, mainan anak-anak sebaiknya juga harus edukatif. Salah satunya adalah lego.

“Tentu untuk setiap jenis permainan ada yang disesuaikan dengan usianya dan juga dengan warna yang menarik,” ujar General Manager, Southeast Asia di Grup LEGO, Cesar Ridruejo, baru-baru ini.

Dari laman Childrens Wellness Centre disebutkan sejumlah manfaat bermain LEGO® untuk anak-anak. Apa saja?

1. Kerjasama Tim dan Keterampilan Sosial

Anak-anak bekerja secara kolaboratif dalam kelompok kecil untuk menciptakan sesuatu bersama. Semua anak diberi peran tertentu. Anak-anak diajari aturan khusus untuk setiap peran dan saling menghormati dan mendengarkan. Kerja tim kolaboratif mendorong fokus bersama, berbagi, memperkuat perilaku positif dan kontak sosial.

2. Keterampilan Komunikasi dan Bahasa

Anak-anak belajar cara berkomunikasi satu sama lain, mengekspresikan pikiran, keinginan, dan kebutuhan mereka, serta mendengarkan orang lain dan tanggapan mereka. Melalui peran yang berbeda dalam kelompok dan percakapan, keterampilan bahasa dikembangkan, menambahkan ide tentang negosiasi dan kompromi.

3. Pemecahan Masalah, Matematika dan Kesadaran Spasial

Mengikuti instruksi, menguraikan urutan, memahami kuantitas, simetri, pola dan lokasi batu bata, membantu anak-anak untuk mengembangkan keterampilan matematika dan kesadaran spasial mereka dan mendorong mereka dalam mengembangkan cara memecahkan masalah dan menghasilkan ide-ide baru.

4. Kreativitas dan Eksperimen

Mengajarkan bentuk seni dan anak-anak dapat menjadi pencipta dan pembuat cerita membiarkan kreativitas, imajinasi, dan ekspresi diri mereka mengalir.

5. Perkembangan Fisik

Mampu meningkatkan keterampilan motorik halus, mengembangkan ketangkasan dan kekuatan pada jari. Menjadi latihan yang bagus untuk jari-jari kecil, mendukung anak-anak untuk dapat memegang pensil dan mengontrol tekanan yang diberikan saat menulis.

6. Ketekunan dan Manajemen Frustrasi

Bermain permainan ini dapat membantu anak-anak mengembangkan ketekunan dan belajar mengatasi frustrasi, memberikan kesempatan untuk mencoba ide-ide baru tanpa takut gagal, karena anak-anak mengetahui bahwa kesalahan dapat diperbaiki dan bagian yang jatuh dapat diganti.

7. Percaya Diri

Punya rasa percaya diri dan kebanggaan, mendorong anak-anak untuk mencoba tugas-tugas yang lebih kompleks ketika mereka merasa siap.

8. Menurunkan Kecemasan dan Stres

Dapat memberikan efek yang sangat menenangkan dan rileks dan dapat membantu anak-anak yang mungkin memiliki kecemasan atau kekhawatiran.

9. Kesabaran

Permainan ini dapat memakan waktu dan dapat menguji kesabaran anak-anak. Untuk mendapatkan hasil dibutuhkan waktu dan kerja keras.

10. Fokus dan Konsentrasi

Mengikuti instruksi, merencanakan bagian berikutnya, menunggu giliran mereka dan mendengarkan orang lain, semuanya membutuhkan fokus dan dapat sangat membantu anak-anak yang terkadang membutuhkan sedikit bantuan ekstra dengan konsentrasi. (*)

Reporter : Jpgroup

 

Update