Minggu, 2 Oktober 2022

Tips Cara Membuat Startup yang Sukses untuk Pemula

Berita Terkait

Benarkan Daging Kambing Bisa Tingkatkan Libido

Pahami Hak, agar Bijak Bermedia Sosial

Aplikasi Pembayaran Daring Semakin Dibutuhkan

batampos- Saat ini semakin banyak orang yang tertarik untuk mendirikan sebuah startup digital. Selain karena relatif lebih mudah dibangun dan dikembangkan, perusahaan rintisan berbasis teknologi saat ini juga sedang naik daun sehingga bisa membantu menaikkan citra seseorang.

Pertanyaannya, bagaimana sih cara membuat startup digital yang sukses meski menggunakan nama domain murah dan hosting murah? Apakah ada ramuan dan trik khusus yang harus disiapkan? Nah, berikut ini sudah kami siapkan beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk terjun sebagai startup founder. Komponen yang Diperlukan untuk Mendirikan Startup

Bagi beberapa orang, membuat startup digital memang semudah membalikkan telapak tangan. Pasalnya, mereka sudah punya aspek dan komponen sebagai syarat yang diperlukan untuk mendirikan sebuah startup.

BACA JUGA: Yuk Bangun Kebiasaan Hidup Sehat Cuma 21 Hari ala Ade Rai

1.Modal
Sama seperti bisnis pada umumnya, sebuah startup juga perlu dukungan modal agar bisa semakin maju dan berkembang. Kebutuhan akan modal pada perusahaan rintisan sendiri relatif beragam, tergantung dengan skala bisnis dan kecepatan pertumbuhan yang ingin dikejar oleh founder.

Dalam tahap awal pengembangan, modal utama sebuah startup memang tidak terlalu besar. Pasalnya, kamu hanya perlu merekrut team yang punya visi misi serta tujuan yang sama untuk mencurahkan ide agar bisa menjadi solusi yang relevan serta dibutuhkan pasar.

2.Ide dasar
Ide adalah kunci sukses bagi beberapa startup. Pasalnya, dengan ide baru kamu bisa menciptakan inovasi yang sebelumnya tidak ada di pasar. Namun, jangan terlalu fokus dan tenggelam dengan kemegahan ide dasar, karena sebuah ide tanpa dibarengi dengan eksekusi yang matang tidak akan menghasilkan solusi yang nyata.

3.Platform
Setelah punya ide dan modal, kamu juga perlu membuat prototype platform yang bisa digunakan. Tidak harus bagus dan kaya fitur, kamu bisa membuat prototype sesederhana mungkin tapi tetap harus stabil dan bisa digunakan dengan lancar.

Langkah-langkah Cara Membuat Startup
Di bawah ini merupakan beberapa tahapan atau langkah-langkah yang perlu kamu siapkan jika ingin memiliki startup yang sukses diterima pasar.

1.Matangkan Ide Startup
Hal pertama yang perlu kamu dan tim siapkan sebelum mulai mengembangkan sebuah perusahaan rintisan adalah ide dasar. Ibarat sebuah rumah, ide merupakan pondasi yang menjadi tumpuan tempat kamu mendirikan bangunan. Sehingga jika kamu ingin membuat rumah dengan megah dan kokoh, maka ide dasar harus mantap dan berbeda dari kompetitor.

Namun, kamu juga harus menyadari bahwa ide bukanlah segalanya. Semua orang bisa punya ide cemerlang, tapi itu tidak akan banyak berarti ketika kamu tidak bisa melakukan eksekusi dengan baik sesuai kebutuhan pasar.

2.Menyusun Rencana Bisnis
Berikutnya, kamu juga perlu menyusun rencana bisnis yang matang agar perusahaan rintisan bisa punya banyak opsi untuk bertahan. Kamu bisa memikirkan hal ini mulai dari bisnis model yang ingin digunakan, cara rekrutmen karyawan, rencana pertumbuhan dan ekspansi, serta pemilihan target pasar.

Menentukan rencana bisnis memang tidak gampang. Dalam episode awal series Silicon Valley Founder Pied Piper Richard Hendrick bahkan kesulitan menentukan rencana bisnis perusahaannya, sehingga harus meminta bantuan kepada Jared Dunn yang memang sudah ahli dalam hal merancang business plan untuk sebuah perusahaan.

3.Membentuk Tim yang Solid dan Berdedikasi
Tim juga menjadi kunci kesuksesan sebuah startup digital. Di era serba teknologi seperti sekarang, kamu mungkin bisa merekrut tenaga handal dari luar negeri untuk mengerjakan project yang kamu kembangkan. Tapi hal ini akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan struktur team solid untuk melakukan evaluasi serta membantu menjaga alur perusahaan.

4.Memahami Kebutuhan Pasar
Selanjutnya kamu juga perlu memahami kebutuhan pasar yang bisa dilakukan melalui riset. Saat ini bisa jadi belum ada kompetitor yang bisa menyaingi perusahaanmu, tapi kondisi pasar yang terus berubah bisa menjadi bumerang yang menarik seluruh pelanggan untuk berpindah ke platform lain yang dirasa lebih menjanjikan.

5.Akomodir Feedback Pelanggan
Jangan pernah sepelekan feedback dari pelanggan yang sudah membayar. Ya, nasihat tersebut memang benar adanya, terlebih jika kamu sedang berada di dalam perubahan trend. Sebagai contoh, kita bisa belajar dari kasus Nokia dan Yahoo, dua perusahaan teknologi yang pernah dinobatkan sebagai raksasa di bidangnya.

Saat ini keduanya hampir habis tidak tersisa karena merasa jumawa dan enggan menuruti feedback dari pelanggan. Itulah yang akan terjadi jika kamu merasa terlalu superior dan mengabaikan kompetitor.

6.Membangun Relasi dan Networking Bisnis
Terakhir, kamu juga perlu membangun relasi dan networking yang kuat sehingga bisnis semakin mengakar. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari networking, salah satunya adalah potensi untuk bertemu dengan calon investor yang tertarik untuk memberikan suntikan modal segar.

Itulah beberapa tips cara membuat startup agar sukses dan bisa berkembang. Apakah penjelasan di atas bisa kamu pahami dengan baik? (*)

 

 

Update