Senin, 22 April 2024

Tips Atasi Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Menatap Layar

Berita Terkait

Tips Mengatasi Anak yang Mengalami Tantrum

Peradangan Gusi Bisa Diobati di Rumah

Ilustrasi orang yang tengah mengalami kelelahaan mata. (Canva)

batampos – Menatap layar komputer, laptop maupun hp terlalu lama akan
membuat mata lelah. Jika kondisi ini dibiarkan maka produktivitas pekerjaan
akan menurun.

Dengan kondisi mata lelah bisa mengakibatkan sakit kepala berkepanjangan. Tak
jarang pekerjaan menjadi terbengkalai dan bersalahan.

Berikut cara mengatasi mata lelah seperti dikutip dari Rebuild Your Vision.

1. Menggunakan telapak tangan

Salah satu gerakan yang dapat dilakukan untuk merelaksasikan mata dapat
dengan mudah dilakukan dengan telapak tangan. Pertama gosokkan kedua
tanganmu hingga menghasilkan panas. Kedua, menutup mata dan menempelkan
telapak tangan kebagian mata. Ketiga, menekan telapak tangan hingga area mata
merasakan panas.

Gerakan ini sejatinya berpedoman pada transfer panas yang awalnya berada di
telapak tangan menuju area mata. Dipercaya bahwa kehangatan yang dirasakan
akan membuat mata menjadi rileks dan lebih nyaman.

Baca juga: Maudy Ayunda Bagikan Tips Mengatur Waktu

2. Berkedip-kedip

Sering kali mata sakit diakibatkan oleh hal simple seperti kurang berkedip yang
sejatinya berkontribusi terhadap kelelahan mata. Saat menatap layar komputer
atau hp, terkadang mata akan terasa gatal karena kita lupa untuk berkedip akibat
terlalu fokus pada apa yang dipaparkan.

Langkah mudah ini dapat dilakukan dengan melatih diri untuk berkedip secara
normal sembari menghitung. Setidaknya setiap empat detik mata kita harus
berkedip guna menciptakan kelembaban yang baik dan mencegah mata menjadi
lelah.

Meski terlihat gampang, tetapi saat berfokus pada layar komputer, hal ini
mungkin sulit untuk diingat sehingga menciptakan kebiasaan merupakan opsi
paling krusial.

3. Gerakan Memutar Mata

Tidak hanya berkedip, langkah mudah merelaksasikan otot mata usai terlalu
kaku adalah dengan cara memutar bola mata kita. Untuk itu. beristirahat sejenak
untuk memutar mata selama bekerja adalah hal yang dibutuhkan.

Kegiatan ini cukup mudah yaitu dengan menutup kelopak mata dan
menggerakkan mata secara melingkar.Hal itu akan menciptakan sebuah sensasi
seperti sesuatu telah memijat mata. Aksi ini dapat dilakukan secara berkala
namun jangan terlalu cepat menggerakkan bola mata karena akan menjadi tidak
baik.

4. Visual Scanning

Pasca menatap objek di layar dari dekat dalam waktu yang lama, dibutuhkan
usaha yang dapat menstabilkan mata dengan melihat objek yang jauh, Pertama,
silahkan duduk dan mengamati area tempat dimana kamu tengah duduk. Kedua,
mencari sebuah objek yang berjarak agak jauh dan mulai memindai garis besar
dari benda-benda tersebut. di salah satu ujung ruangan dan mulailah memindai
garis besar setiap benda di ruangan itu.

Baca juga: Selain Baik untuk Kesehatan Jantung, Oatmeal Bisa Turunkan BB

Sejatinya, mata kita akan terus bergerak pada saat melakukan scanning terhadap
objek jauh itu. Hal ini bertujuan untuk membiasakan mata untuk tetap mampu
melihat objek yang jauh, akibat terlalu sering melihat tulisan atau simbol di layar
yang terlalu dekat.

5. Berfokus pada hal lain

Mengistirahatkan mata dari layar dan mencari fokus di tempat lain juga menjadi
salah satu aksi untuk mengatasi mata yang lelah. Hal ini dapat dilakukan dengan
cara mengalihkan pandangan kita dari layar menuju barang lain di sekitar kita
selama beberapa waktu.

Kegiatan ini dapat dilakukan setidaknya sekali setiap 10 menit. Rebuild Your
Viseion mengutip salah satu aturan pembagian waktu yang baik adalah 10-10-
10. Sebagai contoh adalah setiap 10 menit, kita mengalihkan fokus kepada objek
yang berjarak setidaknya 10 kaki selama 10 detik.

6. Menatap sambil menutup mata

Kegiatan ini dapat dimulai dengan mata tertutup sambil duduk. Kemudian, usai
menutup mata, mulai arahkan pandangan ke atas sejauh mungkin. Setelah itu,
tahan sebentar, sebelum kemudian mengalihkan tatapan menuju area bawah
sedalam mungkin.

Latihan menatap sambil menutup mata ke atas dan bawah ini dapat dilakukan
beberapa kali sebelum kemudian mengambil istirahat sebentar dengan
membuka mata sambil melihat area sekitar. Usai beristirahat, maka gerakan
dapat dilanjutkan dengan menutup mata kembali, namun kali ini menatap kiri
dan kanan.

Itulah beberapa gerakan dan latihan yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata
yang lelah. Namun, perlu digarisbawahi bahwa apabila kelelahan mata sudah
cukup parah akan lebih baik juga langsung menghubungi dokter. (*)

Reporter: JPGroup

Update