Sabtu, 13 April 2024

Selain Baik untuk Kesehatan Jantung, Oatmeal Bisa Turunkan BB

Berita Terkait

Ilustrasi makanan sehat oatmeal. (Healthline)

batampos – Oatmeal selain baik untuk kesehatan jantung, juga bisa membantu turunkan berat badan.

Dilansir dari laman Healthline, Oat memiliki 51 gram karbohidrat, 13 gram protein, 5 gram lemak, dan 8 gram serat, dalam satu cangkir. Jika dalam porsi yang sama memiliki 303 kalori, sehingga oat adalah salah satu makanan padat nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Dengan memasukkan oatmeal ditambah dengan gaya hidup sehat berolahraga dan memilih menu kaya serat dan protein serta rendah lemak, karbohidrat, gula dan garam, maka BB ideal bisa terpenuhi.

Baca juga: Tips Atasi Sulit Tidur di Malam Hari

Salah satu manfaat lain dari mengonsumsi oat yaitu dapat menurunkan risiko serangan penyakit jantung. Dalam oat terdapat serat larut dan beta glucan sehingga dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat), tanpa mengurangi HDL (kolesterol baik) yang dibutuhkan tubuh.

Menurut Vito A. Damay, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dalam kanal YouTube DRV Channel, orang yang berisiko terkena serangan jantung ada penyempitan di pembuluh darah jantung. Penyempitan itu berasal dari kolesterol yang menumpuk.

Damay menambahkan, dalam menjaga kesehatan jantung perlu memperhatikan pola makan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Selain itu, bagi penderita sakit jantung tidak harus membatasi makanan yang mengandung karbohidrat.

Baca juga: Rebusan Ketumbar Berkhasiat untuk Kesehatan Jantung hingga Melindungi Kulit

Dia juga menyarankan untuk pasien yang tidak menyukai nasi bisa memilih alternatif lain seperti sereal.

Penyajian oatmeal cukup mudah yaitu dengan cara dimasak terlebih dulu atau hanya tinggal diseduh dengan air panas.

Sebagai varian ketika mengonsumsi oatmeal, dapat ditambahkan berbagai jenis potongan buah seperti strawberry, pisang, atau blubbery. (*)

Reporter: JPGroup

 

Update