Jumat, 23 Februari 2024

Termaknyus, Rawon Ungguli Tonkotsu Ramen Jepang

Berita Terkait

Ilustrasi rawon dengan berbagai topping dan lauk pelengkapnya (ALLEX QOMARULLA/JAWA POS)

batampos – Kuliner tanah air kembali menjadi sorotan dunia. Kali ini giliran makanan berkuah alias sup asal Indonesia yang menduduki peringkat tertinggi versi Taste Atlas dalam kategori Best Rated Soups in The World. Yaitu rawon dengan rasa yang termaknyus.

Dilansir dari website tasteatlas.com, sup daging berkuah hitam dari Indonesia alias rawon berhasil mengungguli tom kha gai dari Thailand (peringkat ketiga) dan tonkotsu ramen dari Jepang (peringkat kedua).

Baca juga:Ria Ricis: Ibu Pengen Jalan Pagi

Sebelumnya, Indonesia pernah menduduki makanan terenak dunia dengan nasi goreng dan rendang versi CNN International pada 2016. Bahkan soto dan sate juga pernah berada di jajaran makanan terenak dunia pada 2017.

Rawon yang berasal dari Jawa Timur tersebut mendapat rating 4,8 dari 5 bintang. Rawon sendiri adalah makanan berkuah dimasak dengan beberapa rempah khas nusantara, seperti daun jeruk, sereh, jahe, dan cabai. Namun yang menjadi rempah kunci dari masakan Rawon adalah buah kluwek yang menjadikan kuahnya berwarna hitam.

Rempah-rempah yang digunakan membuat Rawon memiliki rasa yang kuat, khas, dan beraroma. Rawon cocok disantap dengan nasi hangat, telur asin, kecambah, hingga sambal bagi mereka yang suka makanan pedas. Bahkan Rawon juga sedap disantap dengan kerupuk udang atau kerupuk putih.

Tak hanya mendeskripsikan kelezatan rawon, laman Taste Atlas juga memuat rekomendasi sejumlah kedai rawon maknyus yang bisa dikunjungi. Di antaranya adalah Rawon Setan (Jalan Embong Malang, Surabaya), Warung Sedap Malam/Rawon Kalkulator (Taman Bungkul, Surabaya), dan Kantin Blauran (Cipete, Jakarta Selatan).

Selain rawon, sejumlah hidangan dari Indonesia juga menduduki beberapa posisi dari 100 sup terenak di dunia versi Taste Atlas.

Seperti mie kocok asal Bandung di posisi ke-98, sayur lodeh dari Jawa di posisi ke-94, soto betawi dari Jakarta di posisi ke-91. Taste Atlas sendiri merupakan sebuah media online yang didirikan oleh jurnalis dan pengusaha asal Kroasia, Matija Babic yang mengulas tentang berbagai hidangan tradisional, resep lokal dan restoran autentik dari seluruh dunia. (*)

Reporter: jpgroup

Update