Selasa, 21 Mei 2024

Sarapan Ayam Goreng Kalasan, Catat Resepnya

Berita Terkait

Ayam Goreng Kalasan. (Wilgoz Kitchen/YouTube) )

batampos – Sesekali sarapan dengan menu Ayam Goreng Kalasan. Simak resep di bawah ini, jika mau menbuatnya di rumah. Saat ini beragam menu ayam yang cocok dijadikan sajian menu sarapan lezat salah satunya yakni Ayam Goreng Kalasan.

Ayam kalasan merupakan salah satu makanan khas dari Kabupaten Sleman, Yogyakarta yang kini banyak disukai dikalangan masyarakat Indonesia.

Salah satunya Pemenang ajang Master Chef Indonesia season 3, Cheff Willgoz yang membagikan resep Ayam Goreng Kalasan melalui akun YouTube-nya, Willgoz Kitchen.

Dalam videonya, Ayam Kalasan memiliki tekstur yang unik dibanding dengan olahan menu ayam lainnya. “Ciri khas Ayam Kalasan cenderung manis dan gurih dan punya tekstur yang empuk banget,” tulis dalam videonya.

Resep atau yang menjadi ciri khas dari Ayam Goreng Kalasan yaitu teksturnya yang empuk, karena terlebih dulu diungkep dengan air kelapa dan bumbu.

Baca Juga:Film Dokumenternya Diputar Perdana, David Beckham Hadir Bersama Keluarga

Bumbu yang digunakan yaitu bumbu ungkep, diantaranya air kelapa, daun salam, lengkuas dan gula merah.

Juga menurutnya yang membuat ayam kalasan lebih istimewa lagi yaitu bisa disajikan sesuai selera. “Ayam ini bisa digoreng atau dibakar,” tulisnya.

Untuk ayamnya bisa pakai ayam kampung atau ayam pejantan,” tambahnya.

Tekstur ayamnya yang empuk dengan bumbu yang meresap sampai ketulang-tulang inj tentunya bikin nagih bukan.

Agar makin sedap, Ayam Goreng Kalasan juga bisa disajikan dengan kremesan, yang memiliki tekstur renyah yang tentunya akan menambah kelezatannya.

Kremesan merupakan adonan tepung beras dan bumbu yang digoreng sehingga dapat menghasilkan kremesan yang kriuk dan gurih.

Ayam Goreng Kalasan juga bisa semakin nikmat dengan tambahan lalapan seperti, timun segar, selada atau kol dan sambal pedas yang membuat sajian ini semakin nikmat.

Apalagi saat disantap dengan nasi hangat dengan ditemani es teh yang membuat hidangan menu ayam satu ini jadi makin lengkap.

Olahan ayam satu ini, dijamin bikin ketagihan selengkapnya yuk, simak resep sajian lezat Ayam Goreng Kalasan yang bisa kamu coba.

Bahan :
– 1 ekor ayam muda, potong 4
– 800 ml air kelapa/secukupnya
– 3 lembar daun salam
– 5 cm lengkuas, geprek
– 2 batang serai ambil putihnya, geprek
– 2 sdm gula merah, sisir
– 2 sdm kecap manis
– 1 sdm air asam jawa
– Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus :
– 1 sdt ketumbar
– 7 siung bawang putih
– 1 ruas kunyit
– Garam secukupnya

Cara :
1. Dalam wajan, masukkan ayam beserta air kelapa dan semua bumbu, aduk rata. Ungkep dengan api kecil sambil sesekali dibolak-balik hingga ayam empuk dan air menyusut habis, matikan. Dinginkan.
2. Goreng ayam dengan minyak panas api sedang, jangan terlalu lama / terlalu kering, bisa keras & gosong karena ayam mengandung gula
3. Sajikan dengan sambal dan lalapan.
(*)

Reporter: jp group

Update