Senin, 22 April 2024

Resep Spageti Seafood Cita Rasa Lokal

Berita Terkait

Kemangi dan beragam rempah lainnya memperkaya cita rasa dalam menu spageti seafood ala chef Sarto. (Frizal/Jawa Pos)

batampos – Resep spageti seafood dengan saus kemangi ini cita rasa lokal. Rasanya sedap dan gurih. Beda dengan spageti umumnya.

Spageti seafood dengan saus kemangi ini salah satu menu Western yang disesuaikan dengan lidah lokal. Beberapa bahan yang digunakan diganti dengan rempah Nusantara. Misalnya, spaghetti seafood dengan saus kemangi.

Jika umumnya aroma olahan pasta atau spageti identik dengan saus tomat dan keju, kali ini justru aroma kemangi yang menguar kuat. Kreasi spageti ala Executive Chef ibis Styles Surabaya Jemursari Sarto kali ini memadukan kemangi dengan rempah-rempah Nusantara. Ada serai, kunyit, dan daun jeruk.

Baca juga:Presiden & CEO Toyota Akio Toyoda Mundur, Digantikan Bos Lexus dan GAZOO Racing

”Saya itu pencinta masakan Indonesia. Nah, di kuliner Western ada daun basil ya yang sering dipakai dalam olahan pasta. Dari situ muncul ide untuk menggantinya dengan kemangi,” ujar chef Sarto.

Tak hanya aromanya yang wangi, kandungan antioksidan pada kemangi juga lebih tinggi. Untuk topping, seafood menjadi pilihan chef Sarto. Hal itu cukup menguntungkan karena mengolah seafood lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu dibandingkan daging. ”Kali ini pakai udang, salmon, dan cumi yang kandungan protein hewani dan omega 3-nya tinggi,” ungkapnya.

Jika ingin memasaknya ulang di rumah, lanjut dia, ikan salmon bisa diganti dengan ikan kembung. Sebab, kandungan protein hewaninya sama-sama tinggi. Semua bahan yang digunakan memiliki manfaat tersendiri. Termasuk serai dan kunyit dalam bumbu.

”Kebetulan saya diminta mendemokan kreasi menu untuk anak di atas tiga tahun kepada ibu-ibu di beberapa kecamatan di Surabaya. Temanya mengurangi stunting. Ini salah satu menu yang bisa dibikin, tinggal dihilangkan cabainya untuk menu anak,” imbuh chef Sarto.

Umumnya, anak kecil menyukai spageti dan mi. Jadi, menu ini bisa diberikan dengan menyesuaikan kebutuhan anak. Dari segi tampilan pun spageti saus kemangi seafood cukup menarik dengan lumuran bumbu kuning. ”Yang pasti rasanya ada gurih dari bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri. Dan, aroma sedap dari serai serta kemangi. Jadi, beda dari spageti pada umumnya,” bebernya.

SPAGETI SAUS KEMANGI SEAFOOD

BAHAN

150 gram spageti/fetucini/penne/makaroni

100 gram ikan filet

50 gram udang kupas

50 gram cumi bersih

50 gram kerang hijau

5 gram bawang putih

5 gram daun kemangi

10 ml olive oil

10 gram keju

BAHAN SAUS KEMANGI

5 gram bawang putih

10 gram bawang merah

2 gram kunyit

2 gram cabai rawit hijau

2 gram kemiri

10 gram serai

1 gram daun jeruk

5 gram lada

5 gram garam

10 gram gula

CARA PEMBUATAN

• Didihkan air di panci, tambahkan sedikit garam dan margarin. Rebus spageti sampai hampir matang atau 3/4 matang, kemudian tiriskan dan beri olive oil atau salad oil. Aduk rata supaya spageti tidak lengket.

• Untuk membuat sausnya, blender bawang merah, bawang putih, kemiri sangrai, cabai rawit, dan kunyit sampai halus. Tambahkan serai dan daun jeruk yang sudah diiris halus.

• Tumis bumbu sampai harum dan matang. Tambahkan kemangi yang sudah dipotong-potong. Sisihkan saus kemangi.

• Tumis bawang putih, masukkan seafood secara urut berdasar waktu yang diperlukan untuk memasaknya. Pertama, udang. Masak sampai udang berubah warna, kemudian masukkan saus kemangi. Lalu, masukkan cumi, ikan (kali ini salmon), dan kerang yang telah direbus.

• Masukkan spageti, aduk rata. Masak sebentar sampai bumbu meresap dan tambahkan kemangi lagi.

• Sajikan dengan taburan daun kemangi segar cincang dan tomat ceri sebagai tambahan.

TIPS

Tak harus salmon, bisa menggunakan ikan kembung yang juga tinggi kandungan protein dan omega 3.

Untuk menu anak, cabai pada saus bisa dihilangkan. (*)

Reporter: jpgroup

Update