Sabtu, 4 Februari 2023

Resep Iga Kambing Panggang Madu untuk Menu Imlek

Berita Terkait

Matcha Mille Crepes yang Lagi Hit

Resep Spageti Seafood Cita Rasa Lokal

Pos Ketan Khas Batu Jawa Timur

Resep Iga kambing panggang madu untuk menu Imlek. Daging kambingnya diolah simpel dengan bumbu-bumbu yang sederhana. Rasanya pasti lezat dan tidak ada aroma perengus. Sajian menu daging kambing ini dimiliki beberapa daerah di Tiongkok. Ini berbeda dengan olahan kambing khas Timur Tengah yang kaya rempah dan bumbu.

batampos – Di Tiongkok, olahan dengan bahan utama kambing umumnya banyak ditemui di daerah pegunungan. Senior Sous Chef Swiss-Belinn Tunjungan Feria Budi Oktavianto berbagi resep iga kambing panggang madu. Dia mengubah komposisi bumbu agar lebih sederhana dan ’’masuk’’ di lidah tanah air. Feria menyatakan, proses pengolahan daging kambing di Tiongkok cukup simpel.

Baca juga:Waspada Penculikan, Ajari si Kecil Menghindari Bahaya

Setelah dibersihkan, iga melalui proses browning. ’’Iga kambing di-pan seared untuk mendapat warna dan aroma khas panggangan. Cukup sebentar saja, sampai bagian luar kecokelatan,’’ paparnya. Pan seared merupakan teknik memasak dengan sedikit minyak pada wajan dan menggunakan api kecil.

Kemudian, barulah iga direbus bersama bumbu selama sekitar dua jam dan dipanggang. Feria menjelaskan, proses pemasakan berulang itu membuat daging empuk walau tidak dibalur nanas atau daun pepaya lebih dulu. Menurut dia, proses itu lebih pas untuk pengolahan sate atau barbecue.

’’Kalau memasaknya lama, daging justru hancur nantinya,’’ lanjut chef alumnus Universitas Merdeka Malang itu. Untuk mendapatkan rasa yang lebih kuat, saat dipanggang, daging kembali dioles dengan bumbu yang telah reduce.

Pria yang tinggal di Surabaya Selatan itu menjelaskan, olahan kambing Tiongkok terbilang unik. Meski tidak menggunakan banyak rempah, tidak ada aroma perengus. ’’Kuncinya, ada di proses pemasakan iga dengan bumbu yang cukup lama. Bumbu meresap sehingga aroma maupun rasa tersamar,’’ lanjut Feria. Rasa pun tetap light.

Berbagai bahan untuk membuat iga kambing panggang madu. (Allex Qonarulla/Jawa Pos)

Berbagai bahan untuk membuat iga kambing panggang madu. (Allex Qonarulla/Jawa Pos)

Dia juga berbagi tips agar plating lebih menarik. Feria menyatakan, iga bisa dioles kembali dengan sedikit madu. ’’Kalau penyajiannya disiram lagi dengan madu, takarannya pada bumbu bisa dikurangi sedikit,’’ lanjutnya.

IGA KAMBING PANGGANG MADU

BAHAN

Iga kambing 350 gram

Saus tomat 4 sdm

Maggi sauce 2 sdm

Saus tiram 2 sdm

Saus bangkok 4 sdm

Madu 4 sdm

Garam 2 sdm

Kaldu ayam bubuk 1 sdm

Gula 2 sdm

Ketumbar bubuk 1 sdt

BUMBU HALUS

Bawang merah 5 siung

Bawang putih 3 siung

Kemiri 5 butir

Cabai merah 5 buah

Tomat 1 buah

CARA MEMBUAT

1. Panaskan sedikit minyak, lalu pan seared kedua sisi iga kambing hingga berwarna kecokelatan. Sekitar 2–3 menit untuk setiap sisi. Bila sudah, tiriskan.

2. Setelahnya, masukkan iga yang telah dipanggang dalam air mendidih. Rebus dengan api sedang.

3. Sementara itu, tumis bumbu halus hingga berubah warna dan harum. Tambahkan ke dalam rebusan iga.

4. Masukkan saus dan bumbu bubuk. Aduk rata. Tambahkan madu. Masak iga selama dua jam hingga daging empuk dan kuah menyusut.

5. Tiriskan iga dan sisihkan sebagian bumbu untuk olesan.

6. Panaskan skillet dan tambahkan sedikit minyak. Panggang iga, lalu oleskan bumbu. Masak kedua sisi hingga matang.

7. Sajikan iga kambing panggang madu dengan nasi hangat.

Iga kambing di-pan seared untuk mendapat warna dan aroma khas panggangan. (Allex Qonarulla/Jawa Pos)

TIPS

– Jika ingin rasa iga yang lebih pedas, bumbu halus bisa ditambah cabai rawit. Atau, iga disajikan dengan sambal.

– Gunakan cast iron skillet untuk memanggang iga. Selain tak lengket, skillet yang cukup berat lebih stabil di atas kompor.

– Pastikan semua bahan bumbu halus matang sebelum dimasak bersama iga. Penandanya, warna bumbu mulai berubah, aroma harum, dan tekstur bumbu sedikit kering. (*)

Reporter: jp group

 

 

Update