Kamis, 30 Mei 2024

Resep Dessert Amour Eternal, Bisa Jadi Media Ungkapan Cinta

Berita Terkait

Pastry chef Four Points by Sheraton Surabaya Fillia Jessyca S. mendekor sajian dessert Amour Eternal dengan garnis manis. (Frizal/Jawa Pos)

batampos – Resep dessert Amour Eternal dengan rasa manis ini cocok dinikmati di Hari Kasih Sayang. Bisa dijadikan media mengungkapkan cinta, mungkin? Apalagi, bentuknya hati dengan warna pink dan taburan topping. So tempting.

Hidangan berbentuk dome putih polos itu sekilas tampak luarnya sederhana. Dengan hiasan daun mint dan bunga telang di pucuknya. Siapa sangka di baliknya tersimpan hati utuh. Namanya Amour Eternal.

Baca juga:Tinggalkan Orang-orang Toxic, Ini langkahnya

”Cokelat dome ini diibaratkan bangunan relationship. Dalam hubungan ada problem. Nah, kita akan siram dengan saus yang banyak. Saus ini simbol masalah. Tapi, di dalamnya tetap ada cinta yang utuh. Raspberry mousse-nya nggak hancur,” jelas Junior Sous Chef Four Points by Sheraton Surabaya Seliq Sebastian Chandra, pembuat resep dessert cantik tersebut.

Penyajiannya, white chocolate dome tersebut disiram dengan baileys ganache sauce. Secara perlahan, seluruh permukaan dome yang melumer akan menampakkan isinya. Yakni, mousse raspberry berbentuk hati dengan pink mirror glaze.

”Maka, dome-nya dibikin nggak terlalu tebal. Saus yang disiramkan dalam kondisi panas biar dome-nya cepat leleh,” tutur Fillia Jessyca S., pastry chef Four Points by Sheraton Surabaya, tentang menu spesial Valentine’s Day tersebut.

Mousse di dalamnya memiliki tekstur yang sangat soft. Saat digigit, whip cream-nya terasa meleleh di mulut. Ada taste manis yang pas dengan campuran sedikit rasa segar dari raspberry dan crunchy dari crumble di atasnya.

”Bagian atasnya dikasih hiasan untuk pemanis. Ada crumble, tuile, gold leaves, dan pistachio,” imbuh Fillia. Dessert Amour Eternal terbilang mudah dikreasikan di rumah. Tidak membutuhkan oven karena no bake. Hanya butuh mikser dan kulkas atau pendingin. Membuat cokelat dome-nya pun bisa menggunakan cetakan atau balon.

”Kami pakai alat bantu balon. Jadi, balonnya disimpan dulu di chiller atau pendingin, kemudian cokelatnya pada temperatur yang pas, baru dicelup ke cetakan balon. Tunggu cokelatnya ngeset, terus balonnya ditusuk,” jelasnya.

RESEP FOOD AMOUR ETERNAL

BAHAN-BAHAN

Mousse

– Raspberry 200 gram

– Gula pasir 35 gram

– Gelatin powder 10 gram

– Sweetened whipping cream 250 ml

Glaze

– Cokelat putih 700 gram

– Air 300 ml

– Gula 600 gram

– Susu kental manis 400 gram

– Ekstrak vanila 1 sdt

– Gelatin powder 38 gram

– Pewarna makanan (opsional)

Dome

– White chocolate dome, white chocolate melted

Topping

– Pistachio, gold leaves, rice crispy, sugar tuile

CARA PEMBUATAN

1. Untuk membuat mousse, blender raspberry hingga menjadi jus. Tambahkan gelatin dan aduk rata. Lalu, masukkan dalam panci dan panaskan di atas api kecil. Aduk sampai gelatin larut dan tercampur rata, jangan sampai mendidih. Tambahkan gula pasir, angkat, dan biarkan dingin.

2. Kocok whipping cream dengan kecepatan tinggi hingga mengembang. Masukkan campuran raspberry, kemudian aduk dengan spatula sampai tercampur rata. Simpan di chiller.

3. Untuk membuat glaze, haluskan cokelat dengan diiris atau diparut, kemudian masukkan ke wadah antipanas dan sisihkan.

4. Campurkan gelatin dengan air, aduk, dan diamkan hingga mengental.

5. Masak gula, susu kental manis, dan air di atas api kecil sambil aduk perlahan. Setelah lima menit, tuang gelatin yang telah mengental dan aduk hingga hampir mendidih.

6. Tuang dalam wadah cokelat putih dengan menggunakan saringan untuk menghilangkan busa. Biarkan sesaat hingga cokelat putih mencair.

7. Setelah mencair, haluskan dengan hand blender. Diamkan hingga suhu ruang.

8. Tuang cairan mirror glaze di atas cake beku secara perlahan hingga cake tertutup rata. Pindahkan ke tatakan cake berbentuk hati sebelum mirror glaze membeku.

9. Hias sesuai selera. Antara lain, kacang pistachio, gold leaf, dan crumble.

10. Penyajiannya, sembunyikan pink mousse dengan ditutup white chocolate dome. Lalu, tuangkan baileys ganache sauce agar kulit dome lumer dan muncullah mousse hati dari dalamnya.

(*)

Reporter: jpgroup

Update