Rabu, 7 Desember 2022

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Minum Air Kemasan

Berita Terkait

Ilustrasi minum air kemasan (Style Craze/Shutterstock)

batampos.co.id – Tubuh manusia harus terhidrasi dengan baik sehingga memperlancar metabolisme. Gejala dehidrasi yang muncul diantaranya sakit kepala, mulut kering, tubuh lemas, dan kelelahan otot (kram). Dehidrasi dapat menguras mental dan fisik, membatasi aktivitas yang dapat Anda lakukan. Itulah mengapa, air sangat diperlukan oleh manusia.

Dalam hal asupan air, seseorang direkomendasikan minum 8 gelas air per hari, tetapi juga harus mempertimbangkan usia, ukuran, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik untuk menentukan berapa banyak air yang harus diminum.

“Penting untuk menjaga asupan air dalam tubuh secara konsisten. Sebagaimana anjuran para pakar, rata-rata orang dewasa disarankan meminum delapan gelas air atau setara dengan 2 liter setiap harinya,” kata Agung Pramodha dari SHOFA secara daring baru-baru ini.

Namun, memilih air untuk dikonsumsi tentu tidak boleh asal-asalan. Apa saja?

1. Kebersihan Produksi
Terutama soal kebersihan proses produksinya. Sehingga jika higienis, sudah pasti akan menjamin kesehatan tubuh.

2. Kehalalan
Kehalalan penting untuk diperhatikan dalam kandungan utama dalam air yang diminum.

3. pH atau Tingkat Keasaman
Selain proses produksi, faktor utama yang perlu diperhatikan dalam memilih air minum untuk kebutuhan harian adalah derajat keasaman atau pH.

Berdasarkan rekomendasi Environmental Protection Agency (EPA) di Amerika Serikat, tingkat pH air minum yang aman untuk dikonsumsi manusia berkisar antara 6,5 hingga 8,5. Kurang atau lebih dari angka tersebut diyakini akan membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Hanya saja, tak semua produk air minum memenuhi syarat-syarat demikian. Bahkan, tak jarang ditemui air dengan pH yang terlalu tinggi. “Air minum dalam kemasan dengan kandungan pH yang terjamin aman, yakni pada angka 7,5,” kata Agung.

4. Jangan Berbau
Kemudian, perhatikan juga apakah air yang diminum memiliki bau yang tidak wajar ataukah sama sekali tak berbau. Pakar kesehatan merekomendasikan, air mineral yang baik adalah yang tidak berbau dan rasanya normal. “Jadi, jangan pernah salah memilih air minum yang akan dikonsumsi, karena itu akan berpengaruh besar pada kesehatan,” katanya. (*)

Editor : Jpgroup

 

Update