Minggu, 14 Juli 2024

Omzet Bisnis Kuliner Jajanan Denis Tirta Tembus Rp 70 Juta

Berita Terkait

batampos – Pembawaannya kalem, dibalik pribadinya yang pemalu, ternyata memiliki kegigihan luar biasa yang tak banyak dimiliki oleh orang lain. Dia adalah Denis Tirta, pemilik Cafe Jajanan Denis Tirta di Ruko Anggrek Mas Center.

Pemilik Cafe Jajanan, Denis Tirta (lima dari kiri kaos hitam) berfoto bersama mitra ojek online saat menggelar syukuran pembukaan cafe jajanan Denis Tirta, Minggu (3/9). F. Galih/Batam Pos

Perempuan keturunan Tionghoa ini tak menyangka dirinya mampu memiliki satu gerai cafe dari usaha rintisan kuliner yang awalnya ia geluti di akhir 2019 dengan jatuh bangun tak terhitung lagi jumlahnya.

Ia menggeluti usaha kuliner, berawal dari jual beli online barang dari Tiongkok yang jatuh pada akhir 2019 atau sesaat sebelum pandemi Covid-19 merebak di Indonesia. Apalagi di 2020, tepatnya April, pemerintah resmi menutup rapat rapat impor barang asal Tiongkok. Hal itulah yang membuat usaha yang sudah mulai berkembang sejak dirintisnya 2017 silam, langsung ambruk terpukul akibat pandemi Covid-19.

BACA JUGA:
Setiap Jumat, Kuliner Nasi Kandar di Hotel Santika

“Usaha saya macet total jual beli barang seperti tas ataupun barang lainnya asal Tiongkok. Dari situlah saya mencoba membuat resep kue roti, bermodalkan satu perlatan mixer dan oven kecil di rumah. Percobaan awal gagal terus, hasil masakan tak sesuai ekspektasi,” ujarnya.

Dari selalu gagal itulah, justru membuat Dennis lebih penasaran lagi, lebih mengulik dan mempadu padankan bahan-bahan kue. Hasilnya setelah berkali-kali gagal, jadilah satu resep roti yang diminati rekan-rekannya. “Ternyata resep roti yang saya buat dan saya pasarkan ke kawan-kawan diminati dan mendapat respon positif. Dari situlah saya makin semangat lagi memasarkan roti ke platform online di instagram,” terangnya.

Meski masakan kulinernya sudah mulai laku dan diminati rekan-rekannya, karena permintaan masih sedikit, Dennis terpaksa berproduksi roti hanya seminggu sekali saja, tak bisa tiap hari.

Seiring kegigihan dan juga semangat untuk tetap mempertahankan usaha kulinernya, akhirnya membuahkan hasil. Permintaan order dari rekan maupun masyarakat meningkat pesat.

Dari yang semula hasilnya per bulan hanya di bawah Rp 1 juta, hanya selang satu tahun lebih, omzet penjualan meningkat pesat, rata-rata mencapai Rp 70 juta perbulannya, yang hanya dikerjakan dari rumah dengan memasarkannya melalui platform IG.

“Saya juga mencoba bekerjasama dengan mitra ojek online baik Grab maupun Gojek layanan pengantaran orderan. Hasilnya makin berkembang dan makin banyak masyarakat yang mengoder ke rumah saya,” ujarnya.

Menginjak 2022, usaha kuliner yang awalnya digeluti Dennis Tirta dari rumah saja, berkembang pesat, seiring tak ada lagi pandemi Covid-19. Di awal 2023, dia memutuskan mengembangkan bisnis kulinernya tak hanya berjualan di rumah saja. Ia memutuskan mengembangkan usaha jajanannya dengan membeli satu ruko di Komplek Ruko Anggrek Mas Center untuk dijadikan cafe jajanan dan dinamakan Cafe Jajanan Denis Tirta.

Awalnya hanya punya satu, dua varian kuliner atau jajanan. Namun saat ini bisnis kuliner Denis Tirta sudah memiliki puluhan varian jajanan, dari mulai cake, roti hingga jajanan lainnya seperti risoles, lumpia, lemper hingga masakan berat seperti aneka sarapan, serta minuman.

“Saya rasa dengan waktu tiga tahun, sudah cukup membuktikan bagaimana jatuh bangunnya membangun bisnis kuliner. Tantangan terberat membangun bisnis kuliner itu bukan dari mengawalinya, tapi bagaimana mempertahankan soal rasa dan kualitas. Sebab kepercayaan ke pelanggan itu nomor 1. Kalau itu mampu dijaga dengan konsisten, yakinlah konsumen atau msyarakat akan tetap setia memilih dan membeli produk kita,” jelasnya.

Denis Tirta berkomitmen dari awal hingga sekarang, dimana dirinya tetap menjual produk kuliner dengan kualitas yang bagus, baik dari segi rasa, bahan dan juga penampilan.

“Kami menerapkan motto ada harga ada kualitas. Pasar terbesar kami dari online. Awalnya konsumen hanya bisa mengorder via online atau datang langsung ke rumah, saat ini konsumen bisa datang ke cafe kami di Ruko Anggrek Mas Center di Blok B Nomor 1. Ada tersedia beragam roti dan jajanan lainnya seperti misalnya menu andalan kami roti sisir srikaya yang jadi best seller karena merupakan resep awal kami membangun bisnis kuliner,” terangnya.

Seiring dibukanya cafe jajanan di ruko, Denis Tirta saat ini rajin mengikuti kelas kuliner, meng upgrade skill nya soal kuliner.

“Kalau ilmu itu memang tak pernah cukup. Komitmen kami, selalu jaga kualitas, ikuti terus perkembangan tren kuliner kekinian, dan selalu jaga relasi dan mitra usaha yang ikut membesarkan seperti misalnya mitra ojek online,” tutupnya. (*)

Reporter: Galih Adi Saputra

Update

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Lewat Chat, Atta Halilintar Minta Maaf ke Tompi

Ingin Redakan Stres, Mulailah Bermain Catur