Selasa, 16 Agustus 2022

Olahraga Sesaat Sebelum Berbuka

Berita Terkait

Kunci Tampil Cantik Ada di 3 Jenis Makeup ini

Glossy dan Tahan Lama

Ilustrasi olahraga (Instagram/@i.fungshion_yoga)

batampos – Olahraga sesaat sebelum berbuka puasa bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Puasa bukan berarti kita hanya bermalas-malasan dan kurang semangat. Sebab rutin berolahraga, mengurangi stres selama berpuasa. Akan tetapi olahraga seperti apa dan kapan sih waktu yang paling tepat selama puasa Ramadan?

Dalam diskusi daring bersama Amazfit Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Andhika Raspati menjelaskan betapa pentingnya menerapkan gaya hidup sehat dan aktif selama bulan puasa. Ia menegaskan agar menghindari melakukan olahraga di siang hari.

“Tetap lakukan olahraga tetapi waktunya harus tepat dan intensitasnya juga ringan hingga sedang,” katanya secara virtual baru-baru ini.

Baca juga:Kurma & Susu Bagus Dikonsumsi saat Sahur Juga, Ini Kata Ahli Gizi

Jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah dengan intensitas rendah hingga sedang. Contohnya berjalan, joging atau yoga dengan durasi waktu 30-60 menit.

Pegiat Olahraga yang juga seorang dokter, Fala Adinda berbagi tips olahraga sebaiknya tidak dilakukan saat perut dalam keadaan kosong. Waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan Ramadan adalah pada saat sebelum atau sesudah berbuka.

“Karena tubuh mendapatkan energinya kembali dari makanan dan minuman saat berbuka. Kalau saya biasanya olahraga sesaat sebelum waktu berbuka dengan durasi sekitar 30-45 menit. Supaya olahraga lebih aman dan nyaman selama puasa, saya memonitor tanda vital tubuh secara berkala,” tambahnya.

Selain Olahraga, 2 Hal Ini Juga Penting

Selain berolahraga, untuk menjaga kebugaran tubuh tentunya dengan konsumsi makanan bergizi dan juga istirahat yang cukup. Apalagi selama Ramadan, jam tidur berkurang.

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi saat berbuka puasa untuk memaksimalkan cadangan glikogen otot dan konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi saat sahur untuk memperlambat pencernaan sehingga perut tidak cepat kosong. Kiat tambahan agar tetap bugar saat puasa adalah perhatikan waktu tidur.

Dan waktu tidur orang dewasa memerlukan waktu sekitar 7-9 jam per hari. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Tidur siang mungkin kadang diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat.(*)

Reporter: JP Group

Update