Rabu, 10 Agustus 2022

Masak Lobster di Rumah, Ini Dia Resep Lobster Baked Cheese

Berita Terkait

Makan Puas Hanya Rp 380 Ribu

Ada Premier Events di Juli Ini

KAYA PROTEIN: Pemilihan lobster yang segar meningkatkan cita rasa sajian ini. Menjadi sajian utama, lobster bakar bisa disajikan dengan beragam pilihan karbohidrat. Salah satunya kentang. (Alfian Rizal/Jawa Pos)

batampos – Menikmati lobster tidak harus di restoran mahal. Anda bisa menjajal masak lobster di rumah.

Executive Chinese Chef di Xiang Fu Hai Cuisine Vasa Hotel Surabaya Lim Kim Loong membagi resep dan trik memilih lobster.

Menurut Chef Lim Kim Loong, pemilihan bahan baku utama lobster wajib diperhatikan. ”Harus betul-betul fresh. Salah satu penanda bahwa lobster yang dibeli masih fresh bisa dilihat dari bagian luarnya,” katanya.

”Bagian mata yang berwarna lebih gelap,” tambahnya. Sementara itu, bagian daging dan insang berwarna lebih transparan. Jika ditekan, daging lobster segar terasa lebih keras. Sebaliknya, jika saat ditekan teksturnya lembut seperti air, bisa dipastikan lobster sudah tidak lagi dalam keadaan baru atau segar.

Di Xiang Fu Hai Cuisine Vasa Hotel Surabaya, lobster menjadi menu andalan saat tahun baru, terutama di kalangan warga keturunan Tionghoa. ’’Karena sama seperti udang, bagi mereka, lobster itu punya makna ungkapan dan harapan untuk menjemput kebahagiaan, keberuntungan, serta rezeki di tahun yang baru,’’ ujarnya.

Resep yang dipilih Menurut Chef Lim Kim Loong adalah lobster baked cheese. Dalam resep ini, Chef Loong menggunakan tiga jenis keju sekaligus. Yakni, keju cheddar, keju parmesan, dan keju mozzarella. Dengan begitu, hasil akhirnya begitu gurih sekaligus creamy.

’’Boleh menghilangkan keju mozzarella. Yang penting, ada cheddar dan parmesan,’’ imbuhnya. Chef asal Malaysia yang memiliki keturunan Tionghoa Hokkian itu menuturkan, saus keju memang menjadi highlight utama yang dibaurkan pada seluruh bagian lobster. Sehingga saat sudah matang, menu tersebut tidak memerlukan saus tambahan.

’’Cukup dimakan begitu saja tanpa tambahan saus lain. Bisa di-pairing dengan wine, soft drink, jus, spageti, roti panggang, garlic bread, atau mushroom soap,’’ katanya.

Dia memilih lobster jenis Pakistan yang dagingnya tidak tipis namun juga tidak tebal. Tapi, jika ingin daging yang lebih tebal, kenyal, dan juicy, bisa diganti lobster mutiara.

’’Proses pemanggangan juga harus jaga waktu. Jangan terlalu matang, nanti justru alot. Sehingga timing saat memanggang harus betul-betul pas,’’ jelasnya.

RESEP LOBSTER BAKED CHEESE

– Lobster 300 gram (dua buah)

– Mentega 15 gram

– Bawang bombai 15 gram, dicincang

– Jamur kancing 15 gram, dicincang

– Saus keju (yang sebelumnya sudah dibuat) 100 gram

– Susu creamer 15 gram

– Daun parsley secukupnya

SAUS KEJU

– Mentega 15 gram

– Keju parmesan 50 gram

– Keju cheddar 50 gram

– Keju mozzarella 30 gram

– Susu creamer kental manis 50 gram

* Semua bahan dicampur, lalu dimasak atau ditumis sampai menjadi saus. Setelah matang, bisa digunakan sesuai dengan keperluan dan sisanya disimpan di freezer.

CARA MEMBUAT

– Tumis saus keju dengan mentega sebentar saja. Setelah harum, masukkan bawang bombai, jamur kancing, dan susu creamer. Masak sampai kalis dan teksturnya mengental.

– Saus keju lantas disapukan ke seluruh bagian dalam hingga luar lobster secara menyeluruh. Tambahi dengan

– keju mozzarella. Panggang di dalam oven dengan suhu 220 derajat Celsius selama enam menit (lama pemanggangan bergantung ukuran lobster. Makin besar ukurannya, makin lama).

– Plating di atas piring saji dengan garnish daun parsley dan irisan lemon.

TIPS

Lebih baik beli lobster yang masih hidup. Sebab, kualitasnya lebih bagus. Namun, bisa juga membeli lobster frozen yang masih fresh. Simpan di dalam plastik wrap dan letakkan di freezer. Jangan simpan terlalu lama. Maksimal satu bulan. Kalau tidak dimasak, jangan keluarkan lobster dari freezer. Sebab, kualitas lobster yang berkali-kali keluar masuk freezer tidak bagus. (*)

Reporter : Jpgroup

 

Update