Senin, 27 Juni 2022

Makan Pisang Bisa Redakan Kram Perut Saat Menstruasi

Berita Terkait

Ilustrasi: Pisang yang kaya potasium dan vitamin bisa membantu meredakan perut kembung dan kram saat menstruasi. (jawapos)

batampos – Makan satu buah pisang bisa meredakan kram perut yang disebabkan menstruasi. Ini bisa jadi solusi mudah dari rumah, karena pisang sangat mudah didapat dan harganya juga relatif terjangkau.

Dilansir dari India Today, pisang adalah buah yang kaya akan potasium dan vitamin B6 yang bisa mengatasi kram perut saat menstruasi dan meredakan kembung.

Menstruasi pada setiap perempuan memang berbeda-beda dampaknya. Rasa ketidaknyamanan pasti dirasakan. Tingkat keparahan nyeri, juga bervariasi. Kadang orang yang menganggap menstruasi hal yang ringan, tapi tidak untuk orang lain.

Selain makan buah pisang yang sangat mudah dicari, beberapa solusi lain untuk mengatasi kram perut akibat menstruasi yang bisa dilakukan di rumah diantaranya:

Melakukan gerakan yoga.

Yoga juga dapat membantu Anda mengatasi kram menstruasi. Ada beberapa pose yoga yang dapat Anda lakukan selama menstruasi yang akan membantu meringankan rasa sakit.

Seperti Goumukhasana (cow face pose), Bhujangasana (cobra pose), dan Janu Sirsasana (head to knee pose) adalah beberapa asana yang dapat Anda coba untuk meredakan rasa sakit.

Baca juga : Meski Membuat Gatal Mulut, Ini 6 Manfaat Nanas untuk Kesehatan

Minum rendaman kismis dengan kunyit.

Ini adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk meredakan kram menstruasi. Anda hanya perlu merendam 3-4 kismis dan meminumnya di pagi hari dengan sedikit kunyit. Ini adalah obat yang disarankan oleh ahli gizi selebriti Rujuta Diwekar.

Sediakan botol air panas.

Aplikasi panas juga membantu secara signifikan mengurangi rasa sakit. Anda dapat menggunakan bantal pemanas, handuk hangat, atau botol air panas untuk meredakannya. Mandi air panas juga bisa membantu.

Makan Coklat hitam yang kaya magnesium.

Mengonsumsi sedikit cokelat hitam juga dikenal dapat meredakan kram menstruasi. Cokelat hitam mengandung magnesium yang membantu mengendurkan otot dan mengurangi rasa sakit. Anda juga dapat mengonsumsi makanan kaya magnesium lainnya seperti segenggam almond atau biji labu. (*)

Reporter : umy

Update