Minggu, 7 Agustus 2022

Meski Membuat Gatal Mulut, Ini 6 Manfaat Nanas untuk Kesehatan

Berita Terkait

Glossy dan Tahan Lama

Tawaran Gaji Rp 1,1 M untuk Pencicip Permen

Ilustrasi buah nanas (jawapos)

batampos – Memakan buah nanas, kadang membuat kita ingin menggaruk bagian dalam mulut. Terasa gatal bahkan sebagian orang merasa lidah kesemutan dan pipi terbakar. Namun banyak manfaat yang bisa dipetik dari kesegaran buah nanas untuk tubuh.

Menurut tulisan di jurnal Annals of Allergy, Asthma and Immunology yang dipublikasikan tahun 2019, kondisi tersebut karena kandungan bromelain dalam nanas yang tinggi.

Bromelain termasuk protease atau sejenis enzim yang memecah protein menjadi asam amino dan inilah sebabnya nanas juga pelunak daging yang sangat baik.

“Saat ini, tidak ada banyak bukti tentang kelezatan bromelain atau cara enzim itu terasa di mulut Anda. Tapi mungkin saja setelah makan beberapa potong nanas,
Anda akan mulai merasakan bromelain memecah beberapa protein lalu membentuk lapisan pelindung mukosa di mulut Anda,” kata ahli farmakologi di University of Turin, Italia, Alessandro Colletti, seperti dikutip dari Livescience melalui ANTARA, Senin.

Menurut Colleti, bromelain tidak berbahaya bagi manusia. ”Saat makan nanas, konsentrasi bromelain sekitar 500 mikrogram per mililiter. Jadi konsentrasinya tidak terlalu tinggi. Ini bahkan aman pada konsentrasi yang jauh lebih tinggi,” katanya.

Misalnya, gel oral bromelain yang memiliki konsentrasi 200-400 kali lebih besar dari nanas segar, dapat dioleskan langsung ke mulut karena sifat anti-inflamasinya dapat
mengimbangi sariawan akibat kemoterapi.

Selain itu, mulut Anda dengan cepat mulai mengganti salah satu sel yang rusak oleh bromelain untuk mencegah kerusakan permanen atau perubahan protease nanas,
menurut laporan Bon Appétit.

Buah tropis lainnya, seperti pepaya, memiliki protease serupa tetapi tidak meninggalkan rasa kesat di mulut. Sifat asam nanas mungkin menjadi salah satu penyebab efek anehnya, kata profesor teknik makanan di Rutgers, the State University of New Jersey, Paul Takhistov kepada Self.

Menurut Healthline, nanas biasanya memiliki pH 3 dan 4 (skor 7 netral). Takhistov berhipotesis, bromelain melarutkan beberapa protein di mulut, yang membuat mulut Anda lebih sensitif terhadap iritasi oleh keasaman nanas.

Colletti menambahkan, bromelain itu sendiri dapat memiliki rasa asam, yang mungkin menambah pengalaman asam.

Dilansir dari Healthy Magazine, nanas dengan kandungan vitamin C yang tinggi sangat bermanfaat buat tubuh. Karena vitamin C membantu melawan masalah penyakit jantung dan nyeri sendi.

Seperti diketahui Vitamin C adalah antioksidan utama yang larut dalam air yang mampu melawan kerusakan sel seperti diungkapkan Linus Pauling Instituite di Oregon State University.

Berikut manfaat buah nanas:

1. Untuk kekuatan tulang

Nanas dapat membantu Anda untuk tetap berdiri tegak. Buah ini mengandung 75 persen dari nilai mineral mangan harian yang direkomndasikan yang penting dalam memgenbangkan tulang yang kuat dan jaringan ikat. Satu studi tahun 1994 menyarankan bahwa mangan bersama dengan mineral lainnya dapat membantu mencegah osteoporosis pada wanita pascamenopause.

2. Mengurangi gumpalan darah

Nanas dapat membantu mengurangi koagulan darah yang berlebihan karena tingkat bromelainnya. Hal ini membuat nanas menjadi camilan yang baik untuk orang yang sering bepergian dengan pesawat atau orang yang berisiko mengalami pembekuan darah.

3. Untuk kesehatan pencernaan

menurut Mayo Clinic, nanas mengandung serat makanan yang penting untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan terutama menjaga kesehatan usus.
Tetapi tidak seperti kebanyakan buah dan sayuran lainnya, menurut American Cancer Society, nanas mengandung sejumlah besar bromelain, enzim yang memecah protein yang mungkin membantu pencernaan.

Baca juga : Ini Kata Ahli tentang Teh Hijau & Lemak Perut

4. Anti inflamasi

Karena campuran zat yang kompleks yang dapat diekstraksi dari inti nanas yang dikenal sebagai bromelain, nanas dapat membantu mengurangi peradangan yang
parah dan dapat mengurangi pertumbuhan tumor.

Berbagai penelitian menunjukkan dalam mengobati osteoporosis meskipun masih diperlukan banyak penelitian lagi untuk kasus ini.

5. Kesehatan mata

Nanas dapat membantu mengurangi risisko degenerasi makula, penyakit yang mempengaruhi mata seiring bertambahnya usia, sebagian karena tingginya jumlah
vitamin C dan antioksidan yang dikandungnya.

6. Peradangan pilek dan sinus

Selain banyak mengandung vitamin C, bromelain nanas dapat membantu mengurangi lendir di tenggorokan dan hidung, demikian dilansir University of Maryland Medical Center. Jadi jika pilek membuat Anda batuk, cobalah makan potongan nanas.

Mereka yang alergi juga bisa mempertimbangkan memasukan nanas dalam menu harian dan makan nanas secara teratur untuk mengurangi lendir dalam jangka
panjang. (*)

Reporter : Antara

Update