Jumat, 23 Februari 2024

Lakukan 4 Hal Ini untuk Kesehatan Mental

Berita Terkait

Ilustrasi sakit kepala (istimewa)

batampos – Kesehatan mental dipengaruhi banyak hal. Kesehatan mental sangat penting karena dianggap mempengaruhi banyak hal termauk kesehatan jasmani.

Jika manusia merasa bahagia, ia akan sehat secara jasmani. Dan jika manusia merasa sehat, ia akan bahagia.

“Kebahagiaan terkait dengan pelepasan endorfin, serotonin, dopamine, dan neurotransmitter lain yang terkait dengan kesehatan otak,” ujar Chairman of the Herbalife Institute and Herbalife Advisory Board Member David Heber kepada wartawan, Rabu (14/6).

David menyatakan penting untuk mengevaluasi kesehatan mental kita sendiri, mengevaluasi apa yang membuat kita bahagia, berbagi apa arti kebahagiaan bagi masing-masing dari kita dengan orang-orang di sekitar kita, dan bagaimana kita dapat menemukannya.

“Dengan membahas secara terbuka persepsi tentang kebahagiaan dengan orang lain, mungkin menemukan bahwa banyak hal yang dapat membuat Anda bahagia tidak hanya terkait dengan kesehatan dan kesejahteraan yang lebih besar, tetapi sepenuhnya dalam kendali Anda sendiri,” urainya.

Baca juga: Tips Olahraga Lari, Cari Rute yang Jauh dari Kendaraan Bermotor

Ia menegaskan bahwa kebahagiaan bukanlah kejadian kebetulan atau sesuatu yang terjadi begitu saja. Tetapi, kebahagiaan mesti diciptakan.

“Kebahagiaan adalah perasaan kesejahteraan fisik, emosional, dan spiritual, yang ketika ditemukan, seharusnya memberikan perasaan puas yang langgeng,” ucap David.

“Gunakan bulan ini untuk secara sadar menciptakan kebahagiaan Anda sendiri dengan menerapkan kebiasaan yang akan berdampak positif pada kesehatan fisik dan mental, memungkinkan Anda menjaga rasa kedamaian dalam diri,” tegasnya.

Adapun hal-hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan kebahagiaan itu, David menyarankan agar menerapkan empat hal berikut ini.

1. Pola Makan yang Sehat

David berpendapat bahwa pola makan sehat juga berkontribusi pada kebahagiaan. Keadaan fisik kesejahteraan sangat ditentukan oleh bagaimana memberi bahan bakar pada tubuh.

“Tubuh Anda adalah wadah yang hanya dapat berfungsi secara optimal jika Anda merawatnya dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadopsi kebiasaan sehari-hari dalam menjalani pola makan seimbang dan gaya hidup aktif yang sehat,” jelasnya.

2. Berolahraga secara Teratur

Berolahraga secara teratur dan menjaga gaya hidup aktif dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh maupun pikiran. Saat berolahraga, David menuturkan bahwa otot dan otak mendapatkan manfaat dari peningkatan aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke sel-sel otak.

Jalur dopamin dalam otak juga terstimulasi yang kemudian mengaktifkan pusat kebahagiaan.

“Oleh karena itu, olahraga digunakan untuk mengobati gangguan suasana hati, depresi, dan perilaku adiktif, termasuk kebiasaan makan berlebihan,” ungkapnya.

3. Sisihkan Waktu untuk Bersantai

Melakukan cara ini membuat orang akan memiliki waktu untuk berbicara dengan diri sendiri dan mengevaluasi sesuatu yang selama ini membuat kita marah atau tak enak hati. Adapun ara yang paling efektif untuk melakukannya adalah dengan memicu respons relaksasi.

Teori ini menunjukkan bahwa bersantai memiliki banyak efek pada tubuh, termasuk menurunkan tekanan darah, denyut nadi, dan menenangkan pikiran. Proses langkah demi langkah untuk memicu respons relaksasi meliputi duduk diam di tempat pribadi yang nyaman, mengendurkan otot-otot dari kepala hingga kaki dengan mengontraksi dan mengendurkan setiap otot, dan fokus pada pernapasan.

Setelah itu, kita bisa bernapas dalam dan Membayangkan gambar yang menenangkan seperti ombak laut. “Berlatih hal ini selama 20 menit sehari dapat mengisi ulang pikiran dan membantu tidur nyenyak di malam hari,” ungkap David.

4. Menemukan Tujuan Hidup

Prinsip utama Psikologi Positif adalah menemukan “mengapa” atau tujuan hidup. Kebahagiaan sejati, kata David datang dari menjalani kehidupan yang dipilih karena memenuhi tujuan pribadi. Untuk menemukan tujuan hidup itu, langkah-langkah ini dapat dilakukan.

Temukan passion atau hal yang dicintai, tetapkan misi atau hal yang dibutuhkan oleh dunia lebih banyak lagi, bekerja untuk hal yang dapat memberikan penghasilan, dan percaya pada apa yang Anda kuasai dengan baik. (*)

Reporter: JPGroup

Update