Kamis, 18 Agustus 2022

Jus, Yogurt hingga Susu Cokelat Pilihan Baik Setelah Berolahraga

Berita Terkait

ILUSTRASI: Camilan sehat untuk dikonsumsi usai berolahraga (india today)

batampos – Jus, yogurt hingga susu cokelat adalah pilihan baik usai berolahraga. Pilihan lainnya adalah buah-buahan kering, roti gandum, telur juga smoothie.

Seperti dilansir India Today, melewatkan makan setelah berolahraga tidak dianjurkan. Sebab, saat berolahraga, banyak cairan terbuang melalui keringat. Otot juga bekerja keras.

Untuk membantu tubuh mengisi bahan bakar, rehidrasi, dan pemulihan dari olahraga, serta membangun kembali otot-otot tubuh, makan camilan yang bernutrisi dalam waktu 30 hingga 45 menit pertama setelah berolah raga sangat dianjurkan. Jangan lupakan juga untuk mengisi kembali cairan tubuh Anda.

Pilih makanan yang ringan saja, jika Anda tidak ingin makan yang terlalu berat. Dianjurkan yang mengandung protein dan antioksidan yang tinggi.

Protein berkualitas tinggi penting untuk membangun kembali dan memperbaiki jaringan otot yang rusak selama latihan serta untuk meningkatkan sintesis protein otot, yang diperlukan untuk pemulihan otot dan adaptasi untuk berolahraga. Protein dapat membantu dalam membangun kembali dan regenerasi serat otot yang telah terluka.

Mengisi kembali cairan tubuh dengan air juga penting untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat olahraga. Air juga penting dalam menggantikan cairan yang hilang dari keringat dan pernapasan berat.

Kecuali jika Anda berolahraga untuk waktu yang lama atau dalam panas yang ekstrem, Anda mungkin harus mengonsumsi elektrolit dalam minuman olahraga atau air kelapa, air adalah pilihan terbaik Anda untuk rehidrasi.

Baca juga : Jus Seledri Untuk Antihipertensi, Sebaiknya Pilih dari Produk Organik

Berikut camilan sehat setelah olahraga:

1. Buah-buahan kering dengan jus segar
Buah dan kacang-kacangan menyediakan karbohidrat, protein, dan lemak sehat.

2. Yoghurt dan beri
Kombinasi yoghurt berprotein tinggi dan buah beri yang kaya karbohidrat dan antioksidan menggantikan simpanan glikogen otot Anda dan membantu perbaikan otot.

3. Smoothie
Antioksidan dalam buah dan sayuran melindungi sel dari kerusakan akibat olahraga, sementara protein membantu pemulihan otot.

4. Telur dan roti gandum utuh
Telur adalah sumber protein yang baik, baik direbus, orak-arik, direbus, atau dalam omelet sayuran. Roti panggang, di sisi lain, adalah sumber karbohidrat yang baik.

5. Susu cokelat
Susu meningkatkan sintesis protein otot dan rehidrasi setelah berolahraga, menggantikan simpanan glikogen, dan mengurangi nyeri otot setelah berolahraga.

ILUSTRASI: Camilan sehat untuk dikonsumsi usai berolahraga (india today)

Pilihan makanan berat setelah beberapa jam berolahraga:

1. Omelet sayuran dan keju dengan roti gandum utuh
2. Sandwich dengan irisan tomat dan alpukat
3. Bagel gandum utuh dengan selai kacang dan irisan pisang
4. Roti gandum utuh yang diisi dengan sayuran mentah atau panggang dan hummus
5. Tumis sayuran dan tahu, disajikan dengan nasi merah atau quinoa

Tapi ingat, kebutuhan setiap orang berbeda. Buat rencana Anda sendiri dan patuhi diet yang sudah Anda buat untuk gaya hidup yang lebih sehat. (*)

Reporter : umy

 

Update