Minggu, 27 November 2022

HRD Wajib Tahu, Berikut Manfaat dan Fungsi Menggunakan Aplikasi Simpeg

Berita Terkait

batampos-Sumber daya manusia merupakan bagian terpenting dalam pelaksanaan fungsi dan tugas suatu instansi, perusahaan maupun perguruan tinggi.

Fungsi esensial manajemen sumber daya manusia adalah memastikan agar organisasi dapat mencapai tujuan-tujuan strategisnya dengan memiliki sumber daya manusia yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan instansi secara kuantitas maupun kualitas.

Pengelolaan aspek manajemen sumber daya manusia dalam sebuah instansi atau perusahaan dapat dikelola dan dilaksanakan dengan optimal, pengelolaan yang dilakukan secara konvensional sudah tidak efektif dan efisien pada saat ini.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka harus dikembangkannya suatu sistem informasi pegawai kepegawaian yang handal.

Manajemen sumber daya merupakan sebuah cara untuk memahami bagaimana mengatur hubungan antara peranan sumber daya atau tenaga kerja dengan hubungan yang dimiliki langsung oleh pribadi secara efektif dan juga efisien serta dapat dilakukan dan diterapkan secara maksimal sehingga tujuan yang akan berlangsung berdampak baik terhadap karyawan, perusahaan dan masyarakat.

Sistem informasi pegawai Kepegawaian merupakan suatu sistem informasi pegawai yang berfungsi untuk mengelola data, manajemen dan administrasi kepegawaian sebuah instansi, perguruan tinggi ataupun perusahaan. Sumber daya manusia memiliki peranan tertinggi dalam pelaksanaan tugas sebuah perusahaan, dan dapat dikelola secara maksimal.

BACA JUGA: Peneliti Sebut Pegawai dengan Gaji Kecil Berpotensi Pikun Saat Tua

Simpeg merupakan jawaban yang tepat dari segala permasalahan di dalamnya. Terwujudnya keintegrasian di dalam sebuah jaringan penting dari komputer yang mampu menghasilkan informasi yang berkualitas untuk membantu pengambilan pilihan dan keputusan di lingkungan perusahaan merupakan manfaat yang ingin didapatkan dari adanya Sistem Informasi Pegawai.

Aplikasi Simpeg menjadi solusi tepat bagi sebuah instansi, perusahaan maupun perguruan tinggi dalam mengatasi masalah manajemen kepegawaian.

Tujuan Implementasi Aplikasi Simpeg adalah dapat terwujudnya suatu sistem informasi pegawai yang terintegrasi dalam suatu jaringan komputer yang mampu menghasilkan informasi yang bermutu untuk menunjang pengambilan keputusan manajemen kepegawaian di lingkungan instansi.

Informasi ini akan mendukung seluruh kegiatan, untuk memperoleh kinerja pegawai yang maksimal dan berlangsung sesuai arahan. Kegiatan ini juga mendukung proses bisnis serta kelangsungan sebuah instansi, perusahaan, maupun perguruan tinggi, agar memperkecil resiko dan memperoleh keuntungan.

Oleh karena itu, komitmen sebuah instansi untuk menjalankan Sistem informasi pegawai haruslah sangat tinggi agar proses yang terjadi di lantai produksi menjadi menguntungkan bagi pengguna.

Apa Itu Aplikasi Simpeg?
Aplikasi Simpeg merupakan suatu sistem informasi manajemen yang berfungsi untuk mengelola data, manajemen dan administrasi kepegawaian sebuah instansi, perguruan tinggi ataupun perusahaan. Aplikasi Simpeg menjadi solusi tepat bagi sebuah instansi, perusahaan maupun perguruan tinggi dalam mengatasi masalah manajemen kepegawaian.

Tujuan Implementasi Aplikasi Simpeg adalah dapat terwujudnya suatu sistem informasi manajemen yang terintegrasi dalam suatu jaringan komputer yang mampu menghasilkan informasi yang bermutu untuk menunjang pengambilan keputusan manajemen kepegawaian di lingkungan instansi.

Kegiatan ini juga mendukung proses bisnis serta kelangsungan sebuah instansi, perusahaan, maupun perguruan tinggi. Oleh karena itu, komitmen sebuah instansi untuk menjalankan aplikasi Simpeg haruslah sangat tinggi agar proses yang terjadi di lantai produksi menjadi menguntungkan bagi pengguna.

Manfaat Aplikasi Simpeg, antara lain:
1. Mendapatkan informasi tentang keadaan pegawai (Profil Kepegawaian) yang cepat dan akurat

2. Pembuatan Laporan dapat mudah dikerjakan.

3. Mengetahui Pegawai yang akan naik pangkat dan yang akan mendapat kenaikan gaji berkala

4. Memudahkan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan kepegawaian seperti angka kredit pegawai

5. Dapat merencanakan penyebaran (mutasi) pegawai sesuai pendidikan dan kompetensinya

6. Merencanakan Kebutuhan Pegawai (Neraca Kebutuhan Pegawai)

7. Memudahkan pemantauan jatah cuti

8. Memudahkan dalam pengelolaan beban kerja kepada pegawai

9. Memudahkan dalam presensi dan penggajian pegawai

10. Serta memudahkan dalam perekrutan pegawai

Fungsi sistem informasi pegawai kepegawaian, antara lain
1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat •
2. Mewujudkan data kepegawaian yang mutakhir dan terintegrasi.
3. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan SDM
4. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
5. Memperbaiki produktivitas SDM dalam perusahaan

6. Menyediakan Informasi Pegawai yang akurat untuk keperluan perencanaan, pengembangan, kesejahteraan dan pengendalian pegawai

7. Membantu Kelancaran pekerjaan di bidang kepegawaian, terutama dalam pembuatan laporan

Fitur yang Wajib Ada Pada Simpeg
Jika instansi atau perusahaan anda menggunakan aplikasi Simpeg, anda pasti mendapat banyak manfaat dan banyak fitur yang tersedia untuk menunjang kebutuhan pegawai di perusahaan anda, dan fitur-fitur tambahan yang ingin disesuaikan.

Berikut beberapa fitur itu:
1. Fitur Data Pegawai
Fitur Data Pegawai, menampilkan semua detail data (data pribadi, keluarga, riwayat pendidikan, riwayat pangkat, riwayat jabatan akademik, riwayat jabatan struktural, riwayat penelitian, riwayat pengabdian masyarakat, penghargaan, sertifikat, pelatihan, tugas kelembagaan dan sebagainya).

Pada fitur ini setiap pegawai bisa melakukan insert/ edit data kemudian divalidasi oleh bagian kepegawaian.

2. Fitur Permohonan Cuti Fitur
Pengajuan Cuti, setiap pegawai bisa mengajukan cuti secara online kemudian akan dilakukan proses persetujuan oleh atasan berupa notifikasi email dan selanjutnya divalidasi oleh bagian kepegawaian.

3. Fitur Kenaikan Berkala
Fitur Kenaikan Berkala sistem akan melakukan proses otomatis pengecekan dan pengajuan kenaikan pangkat berkala dan gaji berkala pegawai.

4. Fitur Penilaian Kinerja Pegawai
Fitur Penilaian Kinerja Pegawai, proses penilaian yang terdapat pada aplikasi Simpeg. Namun terkadang setiap institusi mempunyai proses penilaian kinerja pegawai yang khusus sehingga dalam fitur ini perlu penyesuaian alur proses penilaian kinerja pegawai sesuai institusi yang ada.

5. Fitur Presensi Pegawai
Fitur Presensi Pegawai, merupakan fasilitas untuk menampilkan daftar presensi pegawai baik setiap hari atau rekap per bulan. Fitur ini juga dilengkapi dengan proses penarikan data dari mesin Presensi seperti Mesin Fingerprint, Handkey dan sebagainya.

6. Fitur Rekrutmen Pegawai
Fitur Rekrutmen Pegawai, tiap Unit Kerja bisa melakukan untuk membuka lowongan kerja sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Pelamar yang melamar untuk selanjutnya bisa melakuan proses seleksi pegawai mulai dari proses administrasi, psikotes sampai diangkat menjadi pegawai baru.

7. Fitur Payroll/ Penggajian
Fitur Payroll/ Penggajian dalam Aplikasi Simpeg, fitur ini adalah fitur yang sangat berguna bagi institusi untuk melakukan manajemen payroll. Dalam fitur ini terdapat proses perhitungan komponen-komponen gaji seperti gaji pokok, tunjangan, lembur, honor, potongan, pinjaman dan pajak.

8. Fitur Angka Kredit Pegawai
Fitur Angka Kredit melalui Aplikasi simpeg, mencatat angka kredit pegawai. Dalam fitur ini juga dilengkapi dengan fasilitas simulasi perhitungan nilai per periode.

9. Fitur Beban Kerja Pegawai
Fitur Beban Kerja Pegawai, pegawai melakukan input rubrik beban kerja pegawai kemudian dilakukan penilaian.

Kelebihan Aplikasi Simpeg di suatu perusahaan
Aplikasi Simpeg yang berbasis web, sehingga bisa diakses dari manapun melalui jaringan internet.
1. Disertai dengan keamanan data dan pencatatan log user yang melakukan transaksi aplikasi. Sehingga lebih aman dan bisa dilakukan proses monitoring dan kontrol data.

2. Terdapat menu laporan yang bisa dikonversi tipe dokumen menjadi dokumen word, excel dan pdf.
3. Fitur pencarian data dan sorting data tiap halaman, sehingga memudahkan user untuk melakukan pencarian data yang diinginkan serta sorting data.

4. Aplikasi yang dikembangkan saat ini sudah support Mobile Responsive Website sehingga bisa dibuka melalui Smartphone dengan tampilan yang responsive
Kesimpulan pemanfaatan sistem informasi pegawai kepegawaian dapat membantu dan mempermudah pengguna dalam hal ini pegawai bagian operasional, pimpinan dan pihak yang membutuhkan data dalam penyajian informasi data kepegawaian.

Dengan hal ini karyawan suatu perusahaan akan lebih mudah untuk mengakses informasi tentang data pribadi mereka maupun informasi yang berkaitan kepegawaian.
Aplikasi Mekari Talenta, Rekomendasi Aplikasi Simpeg Terbaik

Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Aplikasi HRD biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing.

Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Mekari Talenta:
1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah
Keunggulan dari Mekari Talenta ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Mekari Talenta ini, berikut ini detail fiturnya

● Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.

● Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.

● Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.

● Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2. Kostumisasi yang sangat terperinci
Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3. Tim Support yang efektif dan responsive
Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.co. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga. (*)

 

Update