Jumat, 19 Juli 2024

Gitar yang Pernah Dibanting Kurt Cobain Terjual Hampir Rp9 Miliar

Berita Terkait

Ilustrasi gitar Fender Mustang 1973 Fender Mustang milik penggawa band grunge Nirvana, Kurt Cobain dipamerkan di Hard Rock Cafe Times Square. New York. (ANTARA/Reuters/Erik Pendzich)

batampos – Gitar yang pernah dibanting Kurt Cobain terjual hampir Rp9 miliar. Penjualan melalui sebuah lelang di New York ini menyebutkan angka gitar rongsok milik pentolan band grunge Nirvana itu terjual seharga nyaris US$600,000 atau setara Rp8.928.000.000.

Pentolan Nirvana, Kurt Cobain menggunakan gitar legendaris tersebut selama ia dan band melakukan tur album kedua “Nevermind”. Album yang turut mendongkrak popularitas band asal Aberdeen, Washington itu dirilis pada September 1991.

Complete Music Update pada Selasa (23/5) waktu setempat dikutip ANTARA melaporkan harga lelang gitar Fender Stratocaster berwarna hitam yang pernah dibanting oleh sang gitaris dan vokalis tersebut terhitung melonjak sekitar 10 kali lipat dari harga awal.

Baca juga: V BTS & Jennie BLACKPINK Tertangkap Kamera Bergandengan Tangan di Paris

Awalnya, pihak balai lelang Julien di New York memperkirakan gitar tersebut akan terjual pada rentang harga 60.000 dolar hingga 80.000 dolar. Tetapi setelah melewati sebanyak 31 kali penawaran, gitar Kurt akhirnya terjual dengan harga 596.900 dolar.

Secara fisik, gitar tersebut terlihat memiliki cacat di beberapa bagian bodi utama dan telah mengalami proses perbaikan selama beberapa kali.

Meski sistem kelistrikan pick-up gitar Fender tersebut masih berfungsi baik, namun peninggalan sisa kejayaan Kurt itu tetap tak bisa dimainkan sebagaimana lazimnya gitar karena bagian neck dan headstock-nya raib tak berbekas.

Sebelumnya, gitar dengan guratan beraneka kata dari setiap personel band Nirvana itu sempat dimiliki oleh frontman band Screaming Trees yaitu Mark Lanegan pada akhir 1992.

Pada tahun lalu, balai lelang tersebut juga berhasil menjual gitar ikonik milik Kurt yang muncul dalam klip video “Smells Like Teen Spirit” dengan harga yang jauh di atas perkiraan yaitu sebesar 4,6 juta dolar atau setara Rp68 miliar. (*)

Reporter: Antara

Update

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Rossa Akui Dekat dengan Afgan