Senin, 23 Mei 2022

Cara agar Anak-anak Nyaman saat Mudik

Berita Terkait

batampos- Bagi warga Indonesia tradisi mudik saat lebaran sudah jadi kewajiban. Karena membawa anak anak ke daerah asal, dan juga harus tinggal beberapa hari di sana, bagi orang tua, inilah tips merawat anak saat mudik.

Dokter Spesialis Anak dari RS Katolik St. Vincentius a Paulo (RKZ) Irma Lestari Paramastuty memaparkan beberapa hal. Pertama, orang tua wajib memastikan bahwa rutinitas anak sehari-hari juga diterapkan saat dalam perjalanan maupun setelah sampai di kampung halaman.

ilustrasi bawa anak anak mudik

”Pastikan jarak dan kendaraan untuk memperhitungkan jadwal makan anak dan tidurnya juga mengikuti rutinitas harian,” kata Irma, Senin (2/5).

BACA JUGA: Ini Tips Tumbuhkan Emosi Anak saat Lebaran

Irma menilai hal itu penting dilakukan untuk membantu orang tua menyesuaikan jadwal rutinitas anak usai bepergian. Sehingga, adaptasi anak akan semakin mudah di tempat baru.

”Kemudian perhatikan hidrasi anak untuk mengurangi dehidrasi selama perjalanan,” ujar Irma Lestari Paramastuty.

Apabila masih minum ASI, Irma menyarankan untuk menggunakan botol yang nyaman dan mudah digunakan. Sehingga lebih praktis dan lebih efektif.

”Kemudian, bawalah makanan bersih dan sehat dari rumah, upayakan tidak membeli makanan yang tidak diketahui kebersihannya,” pesan Irma Lestari Paramastuty.

Irma juga meminta orang tua untuk membawa obat yang biasa dikonsumsi dari dokter spesialis. Apalagi bila anak-anak memiliki alergi. ”Cari akses layanan kesehatan terdekat di tempat tujuan,” ujar Irma Lestari Paramastuty.

Dia meminta orang tua untuk memperhatikan jadwal bepergian. Orang tua juga diminta untuk tidak memaksa anak saat akan bersilaturahmi.

”Jangan paksa bila anak lemah, rewel, dan demam. Check up ke dokter untuk memastikan kondisi anak,” ucap Irma Lestari Paramastuty.

Dalam perjalanan pulang, Irma mengingatkan untuk memastikan semua barang dan obat-obat telah terbawa. Sehingga anak nyaman dan orang tua tenang.

”Saat perjalanan berangkat ataupun kembali, bawa obat antimabuk perjalanan di tempat yang mudah dijangkau seperti tas anak di kabin. Ganti pampers tiap 3 jam,” terang Irma Lestari Paramastuty. (*)

Reporter: Jpgrup

Update