Selasa, 23 April 2024

Bertemu Paus, Sutradara Scorsese Buat Film tentang Yesus

Berita Terkait

Martin Scorsese bertemu dengan Paus Fransiskus. (Twitter/@antoniospadaro)

batampos – Setelah sibuk dalam acara Cannes Film Festival 2023, Sutradara Martin Scorsese menyempatkan diri untuk berkunjung ke Italia. Dia juga singgah di Vatikan untuk bertemu dengan Paus Fransiskus. Sutradara yang dibesarkan secara Katolik itu akan membuat film tentang Yesus.

’’Aku telah menanggapi seruan Paus kepada seniman dengan satu-satunya cara yang aku tahu: membayangkan dan menulis skenario untuk film tentang Yesus,’’ kata Scorsese pada Sabtu (27/5) waktu setempat dalam konferensi bertajuk The Global Aesthetics of the Catholic Imagination sebagaimana yang dilansir dari Variety. ’’Dan, aku akan mulai membuatnya,’’ lanjutnya.

Baca Juga:Yura Yunita Ajak Rayakan Ketidaksempurnaan

Namun, belum ada informasi lebih lanjut tentang proyek tersebut selain apa yang disampaikan Scorsese. Film itu bukanlah film pertama Scorsese yang bertema Yesus. Dia pernah membuat film The Last Temptation of Christ (1988) yang dibintangi Willem Dafoe. Film itu membuat marah banyak umat Katolik konservatif karena penggambarannya tentang Yesus sebagai seorang pria yang terpecah antara Tuhan dan kesenangan duniawi.

Scorsese bahkan mendiskusikan film tersebut dalam konferensi itu, bersamaan dengan diskusi kekagumannya terhadap The Gospel According to St Matthew, drama biografi Yesus Kristus garapan Pier Paolo Pasolini, dan Silence (1988), film garapannya tentang penganiayaan terhadap orang Kristen Jesuit di abad ke-17 di Jepang. Silence (1988) pernah ditayangkan pada 2016 dalam pertemuan pertama Scorsese dengan Paus Fransiskus.

Sementara itu, Scorsese masih cukup sibuk dalam serangkaian turnya di Italia. Beberapa filmnya akan diputar dan dipresentasikan di bioskop Casa del Cinema, Roma. Scorsese juga menghadiri kelas master kemarin (30/5) waktu setempat untuk siswa sekolah film Centro Sperimentale, Roma, dan acara bincang-bincang di Bologna pada Jumat (2/6) mendatang. (*)

Reporter: jpgroup

Update