Jumat, 19 Juli 2024

Bantu Jaga Kesehatan Jantung, Konsumsi Jus Seledri Baik untuk Kesehatan Tubuh

Berita Terkait

Ilustrasi jus seledri. (Freepik)

batampos – Membantu menjaga kesehatan jantung, mengonsumsi jus seledri banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Sayuran yang kaya serat, tinggi kadar air dengan rasa yang khas ini masuk dalam keluarga Apiaceae. Nutrisinya diperlukan untuk tubuh.

Seledri termasuk rendah kalori yang merupakan sumber vitamin K dan C.

Selain dicampur dalam berbagai olahan sayur maupun salad, seperti dilansir Healthshots, konsumsi seledri dalam bentuk jus sangat baik. Diminum saat pagi hari.

Menurut ahli gizi Avni Kaul, terdapat 6 manfaat mengonsumsi jus seledri yang baik untuk kesehatan tubuh:

1. Memberikan hidrasi dan tambahan nutrisi

“Jus seledri merupakan sumber hidrasi yang baik karena kandungan airnya yang tinggi sehingga membantu mengisi kembali cairan dalam tubuh. Dipenuhi dengan nutrisi penting
termasuk vitamin seperti A, K, dan C, serta berbagai mineral, jus seledri berkontribusi pada asupan nutrisi yang lengkap,” kata Kaul.

Baca juga: Ini Cara Membedakan Gejala Serangan Jantung dan Maag

2. Mengurangi peradangan
Seledri mengandung antioksidan dan senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga bermanfaat bagi individu dengan kondisi peradangan.

3. Jaga kesehatan jantung
Senyawa seperti phthalides yang ditemukan dalam seledri dapat berkontribusi menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan serat dalam seledri juga bisa menjaga kadar kolesterol sehat.

4. Bantu jaga pencernaan
Jus seledri dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan yang sehat dengan bertindak sebagai diuretik alami, membantu mengeluarkan racun. Ketersediaan serat mendukung pergerakan usus yang teratur dan mengurangi risiko sembelit.

5. Manajemen berat badan
Dengan kandungan rendah kalori dan kandungan air tinggi, jus seledri dapat menjadi tambahan yang bermanfaat untuk rencana pengelolaan berat badan, memberikan nutrisi tanpa kalori berlebih.

6. Meningkatkan kesehatan kulit
Antioksidan yang terkandung dalam jus seledri berkontribusi terhadap kesehatan kulit dengan melawan stres oksidatif dan membuat kulit bercahaya. Hidrasi dari jus seledri juga membantu hidrasi kulit secara keseluruhan, jelas Kaul.

Baca juga: Masukkan Kismis dalam Daftar Makanan, Jantung Akan Terjaga Kesehatannya

Kemudian Avni Kaul mengajarkan cara membuat jus seledri dengan mudah.

Bahan-bahan beberapa batang seledri segar (organik jika memungkinkan) dan air (opsional untuk pengenceran).

Cuci batang seledri hingga bersih, pangkas bagian pangkal dan pucuk daun, sisakan batangnya, jika mempunyai alat pembuat jus maka masukkan seledri ke dalam alat.

Namun, jika menggunakan blender, potong seledri menjadi kecil-kecil, tambahkan air, haluskan, dan saring sarinya.

Di sisi lain, meski jus seledri memberikan manfaat kesehatan, perlu diperhatikan untuk menjaga pola makan dan gaya hidup seimbang.

Tak baik pula mengonsumsinya secara berlebihan lantaran respons individu terhadap seledri mungkin berbeda-beda. (*)

Reporter: Jpgroup

 

Update