Senin, 22 April 2024

Alasan Mengapa Aplikasi Laporan Keuangan Penting Dalam Bisnis, Majoo Solusinya

Berita Terkait

batampos-Dalam sebuah bisnis tentunya pelaku usaha tidak hanya memikirkan operasional sebuah bisnis. Namun mereka juga memikirkan tentang penjualan hingga pelaporan keuangan. Tetapi berkembangnya kemajuan teknologi maka mereka bisa menggunakan aplikasi laporan keuangan.

Sekarang ini banyak aplikasi keuangan yang dikembangkan oleh developer, tetapi aplikasi keuangan yang dikeluarkan oleh majoo Indonesia memberikan fitur yang lengkap. Bahkan analisis laporan keuangan bisa kamu dapatkan secara real time.

Dengan menggunakan aplikasi laporan keuangan dalam perusahaan maka kamu tidak perlu lagi menunggu lama untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan karena belum disusun oleh karyawan akutan.

Riset Global oleh BlackLine, Inc. yang dilakukan pada tahun 2019 menemukan bahwa data keuangan yang tidak benar dapat berdampak negatif bagi perusahaan, seperti merusak reputasi perusahaan secara signifikan, mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk menerima dana investasi, meningkatkan biaya dan menyebabkan hukuman atau penalti.

Dalam hal audit, tentunya teknologi aplikasi pelaporan keuangan sangat penting untuk memastikan transaksi bisnis dan aset perusahaan tercatat secara akurat dan cepat. Nah agar kamu tidak bingung betapa penting aplikasi keuangan, maka kita akan bahas pengertian dari aplikasi laporan keuangan tersebut.

Pengertian aplikasi laporan keuangan

Aplikasi pelaporan keuangan adalah jenis perangkat lunak akuntansi yang dapat membantu bisnis mengatur data keuangan dan melacak tren yang dapat memengaruhi tujuan bisnis dengan lebih baik.

Perangkat lunak ini juga memungkinkan tim keuangan untuk melacak dan menganalisis arus kas masuk/keluar untuk menentukan status arus kas bisnis saat ini dan masa depan. Dalam praktiknya, laporan keuangan saja dapat memberi pemilik bisnis visibilitas dan wawasan tentang bagaimana kinerja bisnis mereka.

Selain itu, laporan keuangan penting untuk memberikan pemilik bisnis dan pemangku kepentingan informasi yang mereka butuhkan ketika mereka ingin mengambil keputusan. Oleh karena itu, keakuratan data sangat penting untuk menyusun laporan keuangan yang baik.

BACA JUGAIni Tips Transaksi Keuangan Digital saat Lebaran

Bagaimana memilih aplikasi pelaporan keuangan?

Mengingat banyaknya keuntungan dalam pencatatan dan pengelolaan aset perusahaan, maka kamu tidak boleh sembarangan memilih aplikasi keuangan untuk bisnis kecil atau untuk bisnis besar. Nah, berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk memilih aplikasi laporan keuang, diantaranya adalah:

  1. Pilih aplikasi sesuai dengan anggaran perusahaan

Harga perangkat lunak pelaporan keuangan bervariasi. Biaya biasanya ditentukan berdasarkan jumlah fitur yang disediakan dalam aplikasi tersebut. Dengan kata lain, semakin banyak fitur yang ditawarkan, semakin tinggi pula harga yang harus kamu bayarkan untuk membeli aplikasi tersebut. Oleh karena itu, pertimbangkan anggaran perusahaan saat membeli aplikasi pelaporan keuangan.

  1. Pilih aplikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan

Sebelum membeli aplikasi laporan keuangan, alangkah baiknya kamu melakukan riset apakah apakah aplikasi yang digunakan mudah digunakan oleh karyawan. Sebaiknya, cari aplikasi yang bisa memberikan fitur yang mudah dipahami atau dijalankan.

Bahkan, mereka yang bukan ahli keuangan, semua fitur perangkat lunak seharusnya membuat mereka mengerti kapan mereka ingin menjalankannya.

  1. Beli perangkat lunak keuangan sesuai dengan rencana bisnis

Saat kamu ingin membeli aplikasi laporan keuangan untuk kebutuhan akuntansi perusahaan, sebainya buat daftar kebutuhan bisnis kamu dengan realistis. Dengan begitu, semua fitur dapat digunakan secara optimal dan kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli aplikasi dengan fitur yang tidak dibutuhkan.

Beberapa hal paling umum yang dapat kamu temukan dalam aplikasi pelaporan keuangan termasuk membuat atau meninjau faktur, membayar vendor, menyusun laporan keuangan, merekonsiliasi rekening bank, mencatat riwayat pelanggan, dll.

  1. Pastikan aplikasi menawarkan layanan pelanggan yang baik dan cepat

Tidak diragukan lagi kamu akan memiliki pertanyaan dan membutuhkan bantuan untuk memahami pembelian baru. Ketika ini terjadi, pelaku usaha pasti ingin memiliki layanan pelanggan yang cepat dan mudah dihubungi.

Jadi, saat memilih aplikasi pelaporan keuangan untuk bisnis, kamu harus bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan tentang layanan dukungan yang ditawarkan oleh pengembang aplikasi tersebut. contohnya:

  • Apakah layanan dukungan gratis atau ada biaya tambahan setiap kali kamu menghubungi tim teknis mereka?
  • Apakah mereka berada di zona waktu yang sama dengan kamu? Jika tidak, yang terbaik adalah mengetahui detail ini sehingga kamu  dapat menghubungi mereka dengan cepat dan mudah.
  • Apakah layanan dukungan mereka hadir dengan banyak pilihan? Misalnya, penyedia perangkat lunak dapat dihubungi melalui telepon, email, atau obrolan online.

Mengapa membuat laporan keuangan itu penting? Setelah mengetahui beberapa tips memilih aplikasi pelaporan keuangan untuk bisnis kamu, berikut beberapa alasannya, Diantaranya adalah:

  1. Mengurangi terjadinya kesalahan manusia

Risiko kesalahan manusia tinggi saat menyiapkan laporan keuangan manual. Selain itu, jika data yang akan ditangani besar, maka waktu dan sumber daya terbatas. Padahal, dengan menggunakan berbagai fitur aplikasi keuangan maka kamu bisa mengelola data keuangan dengan mudah, cepat, dan tentunya terhindar dari human error yang bisa berakibat fatal bagi keakuratan laporan keuangan bisnis.

  1. Membuat proses kerja lebih efisien

Pemilik bisnis berharap semua pekerjaan dalam bisnis mereka akan selesai tepat waktu tanpa menghabiskan waktu, tenaga dan uang. Kamu bisa mendapatkan fungsi ini jika menggunakan aplikasi pelaporan keuangan yang menawarkan proses otomatis.

Dengan demikian, penyusunan laporan keuangan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat. Misalnya, kamu dapat menghitung biaya dengan memasukkan data dan hasilnya akan muncul secara otomatis dalam hitungan detik.

  1. Data keuangan dapat segera diakses

Dalam praktiknya, perangkat lunak pelaporan keuangan menggunakan sistem keamanan berbasis cloud. Dengan begitu, semua data keuangan perusahaan bisa dicek oleh siapa saja dan juga kapan saja dan secara real time.

Selain itu, dengan teknologi ini, banyak orang dapat mengerjakan laporan keuangan sekaligus. Pemilik bisnis juga dapat melacak keberhasilan laporan ini secara real time. Oleh karena itu, ketika ditemukan kesalahan dalam pengelolaan data dan laporan keuangan perusahaan, staf keuangan dapat segera memperbaiki atau memperbaruinya.

  1. Memudahkan manajemen keuangan

Manajemen keuangan adalah tugas yang sangat sulit dikerjakan jika dilakukan secara manual. Tentunya diperlukan ketelitian dan kedisiplinan yang tinggi untuk mencapai hal tersebut, dan hal tersebut akan sulit dilakukan jika hanya mengandalkan seseorang untuk melakukannya.

Tidak seperti mesin yang dirancang sejak awal untuk dapat bekerja dengan hati-hati, disiplin, dan stabil, berbagai faktor dapat memengaruhi pekerjaan manusia saat mengelola data keuangan. Inilah sebabnya mengapa teknologi seperti aplikasi akuntansi sangat penting untuk memastikan akuntabilitas pelaporan keuangan.

Salah satu rekomendasi aplikasi pelaporan keuangan, kamu bisa mencoba aplikasi kasir dari majoo Indonesia, karena memiliki fitur yang lengkap sehingga pekerjaan operasional perusahaan menjadi lebih cepat dan efektif.

Fitur dari transaksi, aplikasi keuangan, laporan pembukuan, stok gudang, hingga aplikasi karyawan yang terintegrasi saling terkait. Sehingga pelaku usaha bisa mengontrol bisnis kapan saja dan dari mana saja tanpa harus ke kantor. (*)

Update