Jumat, 12 Agustus 2022

Aktivitas Lari Ringankan Stres, Depresi dan Kurangi Rasa Cemas

Berita Terkait

Kunci Tampil Cantik Ada di 3 Jenis Makeup ini

Glossy dan Tahan Lama

ILUSTRASI: Aktivitas berlari bisa meringankan stress, mengurangi depresi dan kecemasan. f. hellosehat.com

batampos – Aktivitas berlari ternyata dapat meringankan stres, mengurangi depresi serta rasa cemas atau anxiety.

CEO dan penggagas HatiPlong Farah Djalal menjelaskan menurut banyak penelitian, kesehatan mental seperti stres, depresi dan anxiety salah satu cara untuk meringankannya adalah rajin berolahraga. ”Misalnya seperti depresi, orang yang depresi itu biasanya mereka nggak mau bergerak,” jelas Farah di Jakarta, Rabu (19/1).

”Jadi psikolog pun selain memberikan konseling, terapi yang dilakukan pun juga adalah exercise. mulai dari berjalan, bergerak, bahkan berlari,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Farah juga menjelaskan bahwa berlari tidak hanya baik untuk kesehatan fisik. Berlari juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental karena olahraga tersebut dapat memicu hormon endorphin yang dapat meningkatkan mood yang positif.

“Berlari itu tidak hanya bagus untuk kesehatan fisik saja. Tapi berlari juga merupakan terapi yang nggak harus orangnya punya kelainan gitu ya. Bisa dilakukan oleh siapa saja yang bisa meningkatkan kesehatan mental,” ungkap Farah.

“Karena dengan berlari sebenarnya bisa memicu produksi hormon endorphin untuk membuat emosi positif. Ada juga hormon leptin yang mengatur pola makan dan energi. Jadi dengan berlari dia sebenarnya memicu hormon leptin, memunculkan energi dan motivasi untuk berlari lebih banyak,” sambungnya.

Farah juga menjelaskan, tidak ada gangguan mental khusus yang dapat disembuhkan dengan berlari. Namun dengan hormon endorphin yang muncul saat berlari, seseorang pun dapat merasa lebih baik dan memiliki emosi yang positif.

Tak harus berlari jauh, Farah mengatakan bahwa berlari di tempat pun dapat dilakukan. Selain berlari, aktivitas fisik lainnya pun dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan mental. (*)

Reporter : Antara 

Update