Senin, 4 Maret 2024

7 Manfaat Sereh yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Berita Terkait

Sereh dan minyak esensial sereh (Freepik)

batampos – Sedikitnya ada tujuh manfaat sereh yang baik untuk kesehatan tubuh. Sereh merupakan ramuan yang digunakan secara tradisional yang dicampurkan ke dalam makanan dan bisa dijadikan sebagai aromaterapi.

Sereh bisa diekstraksi dari daun dan batang dalam tanaman ini, minyak sereh memiliki aroma jeruk yang kuat.

Minyak esensial sereh merupakan alat aromaterapi yang populer dan bisa membantu menghilangkan stress, kecemasan, dan depresi.

Berikut ini manfaat sereh yang baik untuk kesehatan dan bisa kamu manfaatkan di rumah!

1.Mengatur tekanan darah tinggi
Sereh mengandung potasium yang tinggi, sehingga bisa membantu meningkatkan produksi urin dalam tubuh.

Baca Juga: 12 Cara untuk Melatih Kita Berpikir Kritis

Dengan menurunkan tekanan darah bisa meningkatkan sirkulasi darah. Sereh efektif menurunkan tekanan darah, menurut jurnal dalam Medical Forum Monthly.

2. Melawan radikal bebas
Kandungan antioksidan dalam sereh membantu tubuh melawan radikal bebas yang bisa merusak sel. Minyak esensial sereh membantu menangkal radikal bebas.

Penelitian 2015 menemukan, obat kumur minyak sereh menunjukkan kemampuan antioksidan yang kuat. Selain itu bisa meredakan radang pada gusi.

3. Mengurangi kolesterol tinggi
Kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Penting untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil.

Sereh digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi dan mengatasi penyakit jantung, serta perlindungan dari penyakit jantung.

Sereh mengandung quercetin, flavonoid yang dikenal memiliki manfaat antioksidan dan anti-inflamasi untuk melindungi kesehatan jantung.

4. Meredakan sakit kepala
Dilansir dari Healthline, sereh bisa meringankan sakit kepala dan migrain. Senyawa eugenol memiliki kemampuan yang serupa dengan aspirin.

Eugenol diduga mencegah trombosit darah menggumpal dan membantu melepaskan serotonin. Serotonin merupakan hormon yang mengatur suasana hati, tidur, nafsu makan, dan fungsi kognitif.

5. Meredakan penyakit maag
Sereh bisa membantu meredakan mual akibat sakit maag. Sereh digunakan sebagai obat tradisional untuk sejumlah masalah pencernaan, mulai dari sakit perut hingga sakit maag.

Sereh merupakan bahan umum dalam teh herbal. Produk herbal menggunakan daun sereh kering, penggunaan minyak esensial sereh untuk aromaterapi bisa memberikan manfaat yang serupa.

6. Meningkatkan pertumbuhan rambut
Sereh membantu meningkatkan pertumbuhan rambut efektif yang membantu membuka sumbatan folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sereh kaya akan vitamin A dan vitamin, berfungsi sebagai nutrisi penting untuk kulit dan rambut. Konsumsi teh sereh secara teratur membantu memperkuat folikel rambut.

7. Menurunkan berat badan
Teh sereh digunakan sebagai teh detoks untuk meningkatkan metabolisme yang membantu menurunkan berat badan.

Studi pada 2013 di American Journal of Clinical Nutrition menemukan, senyawa polifenol dan kandungan kafein dalam sereh meningkatkan oksidasi lemak, sehingga berkontribusi penurunan berat badan. (*)

Reporter : Jp Group

Update